ukuran kandang ayam potong

Berapa ukuran kandang ayam potong? Begini rumusnya

Kandang adalah sarana utama yang harus dibuat agar kita dapat megembangkan usaha peternakan. Banyak sekali dari kita yang masih bingung ketika ingin membuat kandang ayam potong. Sudah jelas kalau kita perlu mempertimbangkan berapa ukuran kandang yang ideal dan berapa modal yang diperlukan.

Pada dasarnya ukuran kandang ditentukan oleh banyaknya jumlah ayam yang akan dibudidayakan. Jadi semakin banyak ayam yang dibelihara maka semakin luas pula kandang yang dibutuhkan. Selain itu peternak perlu memperhatikan kepadatan kandang agar ayam potong bisa tumbuh besar dan terhindar dari penyakit.

 

Perhitungan kepadatan kandang ayam broiler

Untuk itu anda perlu tahu pertumbuhan tingkat kepadatan ayam di dalam kandang, agar lebih mudah anda bisa melakukan perhitungan sebagai berikut:

  • Ketika umur 1 hari sampai 1 minggu setiap 1 meter kubik bisa menampung sebanyak 50 ekor ayam.
  • Selanjutnya ayam akan mengalami pertumbuhan dan penambahan berat badan, ketika ayam berumur 2 minggu kandang ayam hanya dapat menampung 25 ekor ayam untuk setiap meter kubiknya.
  • Kemudian setelah lewat 2 minggu ayam akan semakin bertambah besar dan kandang hanya dapat menampung 8-10 ekor ayam untuk setiap meter kubik-Nya.

Cara di atas bisa anda gunakan untuk menghitung kepadatan ayam di dalam kandang. Dengan demikian tentunya peternak pemula sudah bisa menentukan gambaran berapa skala ayam yang akan dipelihara.

 

Perbandingan ukuran dengan skala yang dipelihara

Masih banyak pertanyaan-pertanyaan yang sering dibahas pada forum-forum online seputar ukuran kandang ayam potong yang ideal. Berapa ukuran kandang broiler 100 ekor? 1000 ekor dan 5000 ekor?, pada dasarnya pertanyaan ini dapat dipecahkan dengan menggunakan rumus matematika.

Perhatikan rumus di bawah ini:

menghitung luas kandang ayam

Rumus di atas menggunakan standar kepadatan ayam 10 ekor untuk setiap meter kubik, yaitu (jumlah poulasi (ekor) : 10 (ekor).

Contoh perhitungan:

Ukuran kandang ternak ayam broiler 100 ekor , 100 : 10 = 10 m

Ukuran kandang ternak ayam broiler 1000 ekor, 100 : 10 = 100 m

Ukuran kandang ternak ayam broiler 5000 ekor, 5000 : 10 = 500 m

 

Dengan menggunakan rumus ini saya rasa pertanyaan mengenai berapa luas kandang yang ideal untuk ternak ayam broiler sudah terjawab.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *