Tipe ayam ras

3 Tipe Ayam Ras yang Paling Produktif Untuk Dibudidayakan

Ayam ras adalah hasil dari perkawinan silang bangsa-bangsa ayam yang mempunyai tingkat produktivitas sangat tinggi. Kebanyakan ayam ras berkualitas yang ada di Indonesia pada awalnya adalah ayam yang didatangkan dari luar negeri. Dibandingkan dengan ayam tipe lain, kualitas daging dan terlurnya lebih baik dan lebih cepat masa pertumbuhannya.

Ciri-ciri khusus ayam ras diantaranya ialah memiliki tubuh besar, pertumbuhan yang relatif cepat, serta tingkat produksi daging dan telur yang baik. Dengan demikian ayam ras menjadi pilihan nomor satu para peternak yang berupaya meningkatkan hasil ternak, baik itu ras ayam pedanging maupun ayam petelur. Pada kesempatan kali ini kita akan sedikiti mengulas jenis atau tipe ayam ras yang sering dibudidayakan.

 

3 Tipe Ayam Ras yang Paling Produktif Untuk Dibudidayakan

Umumnya ada tiga tipe ayam ras yang paling banyak dibudidayakan, yaitu tipe pedagng (broiler), tipe petelur (layer) dan tipe dwiguna (pedaging dan petelur).

1. Tipe Ayam Ras Pedaging (Broiler)

Seperti yang kita tahu bahwa di Indonesia sendiri, ayam yang tingkat produktivitas dagingnya tinggi adalah ayam broiler. ciri khas ayam broiler adalah rasanya enak dan pengolahanya mudah tetapi mudah hancur dalam proses perebusan yang lama. Hanya 5-6 minggu sudah bisa dipanen. Dengan waktu pemeliharaan yang relative singkat dan menguntungkan, maka banyak peternak baru serta peternak musiman yang bermunculan diberbagai wilayah Indonesia

 

2. Tipe Ayam Petelur (Layer)

Berbeda dengan ayam broiler yang pertumbuhan dagingnya lebih cepat, Ayam petelur atau yang biasa dikenal dengan ayam layer adalah ras ayam yang memiliki kelebihan dalam produktivitas telur. Keunggulan dari ayam petelur yang menjadi pembeda dengan ayam broiler ialah, daging ayam petelur bisa juga dimanfaatkan. Jadi dengan demikian ayam petelur bisa dibilang memiliki dua fungsi (dwiguna), yaitu sebagai penghasil telur dan juga penghasil daging.

3. Ayam dwiguna

Ayam dwiguna adalah tipe ras ayam yang dimanfaatkan daging dan telurnya. Terdapat beberapa jenis ayam dwiguna yang dikembangkan oleh peternak. Meskipun di indonesia masih jarang peternak yang membudidayakan ayam dwiguna, tapi di Negara bagian Eropa ayam dwiguna sudah dijadikan sebagai pilihan budidaya. Jadi dengan demikian ayam dwiguna ini termasuk kategori pertengahan dari ayam pedaging dan petelur.

Itulah tiga tipe ayam ras yang paling popular dan paling banyak dibudidayakan di Indonesia. Peluang investasi agribisnis ayam ras memiliki prospek yang cukup cerah untuk masa yangn akan datang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *