bibit ayam broiler

Syarat Bibit Ayam Broiler Unggul yang Perlu Anda Tau

Kita semua pasti tahu bahwa bagian penting dalam usaha budidaya ternak adalah bibit, begitu pula di dalam usaha budidaya ayam broiler (ayam pedaging). Bibit ayam broiler akan sangat berpengaruh terhadap produktifitas dan hasil yang diperoleh peternak, kesalahan ketika memilih bibit bisa saja berakibat fatal.

Di Indonesia sendiri terdapat banyak sekali strain ayam broiler, jadi sebelum itu sebaiknya lakukan pertimbangan dengan matang. Supaya tidak salah, sebaiknya lakukan perbandingan harga dengan tingkat produktivitas ayam.

 

Syarat Bibit Ayam Broiler Unggul yang Perlu Anda Tau

Dalam memilih bibit ayam broiler berkualita, pertama-tama ialah dengan mengamati bagian fisik luar bibit ayam, diantaranya yaitu:

1. Terbebas Dari Penyakit

Bibit atau DOC ayam yang terjangkit penyakit akan mengalami pertumbuhan yang lambat dan tingkat resiko kematian yang tinggi. Penyakit yang paling sering menyerang bibit ayam dan perlu diwasapadai adalah pullorum (berak kapur).

 

2. Keturunan Bibit Broiler

Faktor gen pada makhluk hidup akan mempengaruhi keturunannya, begitu pula dengan bibit ayam broiler. Jika berasal dari induk yang bagus maka keturunan yang dihasilkan juga akan baik. Umumnya ada dua cara untuk mendapatkan bibit ayam broiler unggul yang biasa dilakukan para peternak, yaitu dengan cara membeli bibit dan membuat bibit ayam broiler sendiri dengan metode penetasan.

 

3. Memiliki Fisik yang Bagus

Cara paling mudah untuk mengetahui kualitas ayam broiler adalah dengan melihat ciri fisik. Berikut adalah ciri bibit broiler yang ideal:

  • Bibit ayam aktif dan lincah
  • Memiliki mata yang cerah
  • Bentuk kaki besar dan terlihat mengkilap
  • Bulu ayam tidak kusam
  • Kondisi tubuh normal
  • Memiliki berat ideal

 

4. Perusahan Penjual Bibit Broiler

Di Indonesia ada banyak sekali perusahan ternama yang menjadi penyuplai bibit ayam. Dalam hal ini semua perusahaan memiliki tingkat produktivitas yang sama, jadi anda dapat melihat prestasi bibit yang akan dibudidayakan.

 

5. Lihat Statistik Bibit Broiler

Statistik bibit adalah catatan atau laporan yang menunjukan hal-hal mendetail terkait bibit ayam broiler, misal tingkat produktivitas, angka kematian dan lama waktu panen. Setiap penyedia DOC ayam broiler pastinya mempunyai laporan terkait bibit yang dipasarkan.

 

Nah itluah syarat bibit ayam broiler berkualitas yang wajib anda ketahui. Semoga tulisan ini berguan dan bisa bermanfaat bagi kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *