kandang ayam broiler sederhana

Kandang Ayam Broiler Sederhana (Langkah Awal Usaha Ternak)

Kandang ayam broiler adalah syarat wajib yang perlu disiapkan ketika anda ingin memulai usaha ternak ayam pedaging. Semua peternak ayam pastinya akan lebih dulu membuat kandang sebelum memenuhi aspek-aspek penting lainnya, misalnya saja bibit (DOC) dan peralatan lainnya.

Supaya usaha ternak dapat berjalan dengan lancar maka perlu adanya manajemen kandang yang baik. Memang bagian paling berat bagi peternak pemula yang ingin mencoba memulai ternak ayam potong adalah tahap penyediaan kandang. Dalam hal ini beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan adalah biaya pembuatan kandang, ukuran, bentuk, dan kapasitas kandang yang akan dibangun.

Solusi terbaik untuk tahap awal ini adalah dengan membuat kandang ayam broiler sederhana. Dengan begitu anda bisa mengirit biaya, kemudian bisa dijadikan sebagai tahap awal analisis bisnis ayam pedaging. Fakta yang mencengankan adalah banyaknya peternak pemula yang gagal karena memulai usaha dengan modal yang berlebihan tanpa didukung pengalaman. Lalu sebaliknya, pemula yang hanya membuka usaha dengan modal seadanya justru sukses dan dapat menambah skala usahanya menjadi lebih besar.

Jadi intinya, kandang ayam sederhana sangat direkomendasikan bagi anda yang masih baru dalam usaha peternakan. Selain itu hal ini juga dapat mengurangi resiko kerugian.

 

Tips Membuat Kandang Ayam Broiler Sederhana

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa sudah banyak pemula yang sukses dari bisnis ayam potong ini. Kemudian yang menakjubkan adalah mereka yang jusru menganggap usaha ini sebagai usaha sampingan dan hanya memanfaatkan lahan seadanya dan kemudian bisa mendapat penghasilan lebih. Berikut ini adalah beberapa tips membuat kandang ayam broiler sederhana:

Biaya Pembuatan Kandang

Pastinya banyak dari rekan-rekan yang bertanya biaya pembuatan kandang ayam broiler?., umumnya pembuatan kandang dengan kapasitas 5000 ekor ayam dapat menguras biaya hingga 30 juta lebih. Tapi 5000 ekor bisa dibilang sudah termasuk kategori peternakan skala menengah ke atas.

Nah bagi anda yang hanya mempunyai modal kecil jug bisa memulai usaha ternak ini, hanya saja anda perlu mengurangi skala kandang menjadi lebih kecil. Idealnya setiap meter kubik kandang bisa diisi dengan 8-12 ayam broiler.

 

Lokasi Kandang Ayam

Usahakan kandang ayam broiler didirikan pada lokasi yang strategis, dimana bisa memudahkan para peternak ketika proses pembudidayaan ayam. Kandang ayam harus didukung dengan sumber daya yang baik, misalnya listrik, air dan memiliki akses (jalan) yang mudah dijangkau. Pada tulisan sebelumnya kami sudah membahas syarat lokasi kandang yang ideal untuk ternak ayam, jadi silahkan dibaca kembali.

 

Tipe Kandang Ayam Broiler

Secara umum terdapat empat tipe kandang ayam broiler yang populer dan paling banyak dipakai di Indonesia.

  • Tipe kandang ayam broiler postal: adalah tipe kandang ayam yang paling sederhana dan biaya pembuatannya paling murah. Kebanyakan peternak menggunakan alas (litter) dan serbuk kayu untuk menjaga kandang agar tetap kering dan hangat.
  • Tipe kandang ayam broiler panggung: sesuai dengan namanya kandang ini dibuat dengan bentuk panggung.
  • Tipe kandang ayam boiler tertutup (closed house): adalah kandang ayam broiler dengan teknologi modern.

 

Ukuran Kandang Ayam

Pertama pertimbangkan terlebih dahulu jumlah ayam yang akan dipelihara sebelum anda membuat kandang.

Idealnya setiap meter persegi bisa menampung 8-10 ekor ayam. Kemudian untuk ukuran kandang bisa disesuaikan dengan luas lahan yang anda miliki. Kandang ayam sederhana bisa dibuat dengan panjang 10 meter dan lebar 6-8 meter.

Kemudian perhatikan tingkat kepadatan kandang. Kandang yang terlalu padat akan membuat pertumbuhan ayam menjadi lambat dan rawan terserang penyakit.

Jika kandang lebih dari satu sebaiknya berikan jarak antara satu kandang dengan kandang lainnya.

 

Nah itulah beberapa tips untuk membuat kandang ayam broiler sederhana. Semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat menjadi ilmu yang berguna untuk kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *