DOC Ayam Broiler Berkualitas

5 Hal Penting Ketika Memilih DOC Broiler Berkualitas

Dalam budidaya ayam broiler pemilihan bibit (DOC) sangat mempengaruhi hasil, peternak wajib tahu dan bisa memilih DOC broiler terbaik yang memiliki kualitas unggul. Maka dari itu pengetahuan tentang dasar-dasar ternak ayam broiler sangat diperlukan agar tidak menimbulkan kerugian di kemudian hari.

Seperti yang kita ketahui saat ini penyedia DOC ayam broiler sangatlah banyak, mulai dari mereka yang bergerak di bawah naungan perusahaan maupun mereka yang hanya bergerak dalam lingkup kecil. Bahkan ada beberapa penyedia DOC broiler yang menawarkan harga yang begitu murah sehingga membuat anda tertarik.

Sebagai peternak anda juga harus pintar dan teliti ketika memilih dOC broiler, kesalahan ketika memilih bibit bisa saja berdampak pada kelangsungan usaha ternak anda. Berikut ini adalah beberapa tips ketika memilih DOC Broiler dan semoga bisa dijadikan bahan pertimbangan.

 

Hal Penting Ketika Memilih DOC Broiler Terbaik dan Berkualitas

1 Memilih DOC Broiler dari perusahaan terpercaya

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa ada banyak sekali perusahaan yang menjual DOC broiler. Maka dari itu ketika ingin membeli bibit anda harus lebih selektif dan utamakan memilih perusahaan yang terpercaya. Perusahan yang menyediakan bibit dan pakan ternak terkemuka di antaranya ialah PT. Japfa Comfeed, PT. Cipendawa Agroindustri, dan masih banyak lagi.

 

2 Memilih Bibit Broiler unggul

Setelah mengetahui penyedia DOC broiler yang recommended maka selanjutnya perhatikan kualitas bibit. Pastikan memilih DOC broiler unggul, dengan begitu rsiko kerugian dapat diminimalkan. DOC broiler unggul akan lebih cepat besar dan tidak mudah mati.

Ciri-ciri DOC broiler yang bagus:

  • Memiliki berat badan di atas 30 gram
  • Warna kulit merah cerah dan tidak pucat
  • Warna bulu mengkilat, yaitu putih keemasan
  • Bergerak lincah dan aktif ketika diberikan ransum
  • Tidak cacat fisik

 

3 Jangan membeli DOC broiler kualitas rendah

Kualitas DOC broiler secara umum dibagi menjadi tiga kategori, yaitu kualitas unggul, menengah dan rendah. Kebanyakan peternak ayam broiler melakukan kesalahan dan justru memilih DOC broiler kualitas rendah karena memang harganya yang ekonomis. Sebenarnya bibit yang kurang bagus akan merepotkan peternak itu sendiri, misalnya risiko kematian DOC lebih tinggi, tingkat pertumbuhan yang lambat dan bahkan malah menjadi sumber penyakit bagi ternakan yang lainnya.

Berikut ciri-ciri DOC broiler yang memiliki kualitas buruk:

  • Berat badan di bawah 30 gram
  • Lesu dan lemas
  • DOC broiler terlihat pucat
  • Nafsu makan lemah
  • Perut kembung
  • Parahnya DOC broiler menderita pusar basah.

 

4 Kemudahan dalam bertransaksi

Ketika anda sudah mendapatkan penyedia DOC broiler yang cocok dan kemudian sudah sesuai dengan kriteria, maka selanjutnya perhatikan juga kemudahan dalam bertransaksi. Saat melakukan pembelian, kemudahan transaksi sangat diperlukan bagi para konsumen. Apalagi kalau pembelian DOC dari tempat yang jauh, pastinya akan sangat beresiko.

 

5 Biaya Pengiriman DOC Broiler

Ada beberapa peternak yang membeli bibit broiler dari luar kota, bahkan ada juga yang dari luar pulau. Dalam hal ini perhatiikan betul besarnya biaya pengiriman serta jasa layanan pengiriman yang digunakan. Sebaiknya lakukan pembelian DOC broiler dari perusahaan yang menyediakan layanan pengiriman sendiri. Hal ini dikarenakan jasa pengiriman pihak ketiga biasanya memiliki resiko yang tinggi, kecuali jika memang jasa pengiriman yang profesional.

 

Itulah 5 hal penting ketika memilih DOC broiler berkualitas yang perlu anda ketahui. Tahap pemilihan DOC akan menentukan hasil dan keuntungan yang didapatkan. Sebagai seorang peternak kita harus selektif dan lebih teliti. Saya akhiri tulisan ini dan semoga bisa menjadi bahan pertimbangan bagi anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *