Daftar Pakan Ikan Cupang Alami dan Buatan

Daftar Pakan Ikan Cupang Alami dan Buatan – Bagian penting yang harus terpenuhi ketika merawat ikan cupang adalah pakan. Supaya ikan cupang cepat besar maka anda wajib menyedian pakan yang kaya akan gizi. Bagi mereka yang memelihara ikan cupang hanya sebatas hobi tentu pakan bukan masalah serius. Tapi berbeda dengan mereka yang benar-benar menjalankan budidaya ikan cupang, tentu mereka harus bisa mengontrol pemberian pakan yang sesuai.

Daftar Pakan Ikan Cupang Alami dan Buatan

Pada tulisan kali ini kami akan membahas daftar pakan ikan cupang alami dan buatan. Nah, bagi anda yang belum banyak mengetahui apa saja pakan yang baik untuk ikan cupang maka anda bisa membaca tulisan ini sampai selesai.

Baca Juga: Cara Budidaya Ikan Cupang Dengan Aquarium

 

Berikut Adalah Daftar Pakan Ikan Cupang Alami dan Buatan

Pakan Ikan Cupang Alami

1. Infusoria

Infusoria merupakan hewan berukuran kecil yang hidup di air tawar dan bisa dijadikan pakan alami yang sangat baik untuk ikan cupang. Infusoria  memiliki ukuran yang kecil yaitu antara 25-300 micron yang habitat aslinya hidup di selokan atau kolam ikan. Banyak sekali para peternak ikan yang sengaja membudidayakan infusoria sebagai alternatif pakan ikan.

Gambar Infusoria
Foto by pertanianku.com

2. Kutu air

Kutu air adalah hewan kecil yang biasa hidup berkoloni dan biasanya tinggal pada genangan air. Kutu air adalah pakan favorit bagi burayak ikan cupang yang baru menetas dan juga ikan cupang dewasa. Pakan ini adalah salah satu yang paling mudah dicerna dan banyak mengandung protein.

Gambar Kutu Air
Foto by infomrmr.blogspot.com

3. Jentik nyamuk

Hampir sama dengan kutu air, jentik nyamuk juga biasanya tinggal pada air yang tergenang seperti selokan atau kolam. Jentik nyamuk sangat cocok dijadikan pakan ikan cupang yang berusia 4 samapi 6 minggu. Lakukan pemberian jentik nyamuk secara teratur dan juga disesuaikan jumlah pemberiannya.

Gambar Jentik Nyamuk
Foto by faunadanflora.com

4. Cacing Sutera (Red Water Worms)

Cacing sutera merupakan makanan ikan cupang paling bagus untuk mempercepat pertumbuhan ikan cupang. Selain itu, cacing sutera dapat menunjang pertumbuhan ikan cupang mencapai ukuran ideal. Kelemahan dari pakan yang satu ini ialah akan membuat air lebih cepat kotor. Jadi anda harus lebih teliti terhadap kondisi air dan rutin mengganti air.

Gambar Cacing Sutera
Foto by agrowindo.com

5. Kuning Telur

Kuning telur bisa anda jadikan solusi jika anda mengalami kesulitan untuk mendapatkan jenis pakan alami seperti cacing sutera dan kutu air. Kuning telur sangat baik bagi burayak ikan cupang, tapi anda harus tahu bagaimana cara pemberian kuning telur yang benar. Caranya rebus telur, setelah matang pisahkan kuning telur dari putih telur.

Gambar Kuning Telur
Foto by manfaat.co.id

6. Artemia

Artemia meupakan salah satu hewan kecil yang habitatnya aslinya berada di laut. Anda bisa menjadikan artemia sebagai pakan alami ikan cupang, tapi usahakan untuk mencucinya terlebih dahulu. Tujuan pencucian ialah untuk menghilangkan kadar garam yang disebabkan oleh air laut.

Gambar Artemia
Foto by djoglofish.blogspot.com

Pakan Ikan Cupang Buatan

1. Pelet Ikan

Pelet ikan adalah pakan buatan yang paling sering digunakan oleh peternak sebagai pengganti pakan alami. Anda dapat membelinya di toko hewan peliharaan. Kekuarangan pakan buatan sebenarnya sangat banyak, tapi untuk memenuhi kebutuhan pakan, maka pelet bisa dijadikan alternatif.

Gambar Pelet Ikan Cupang
Foto by toko-24jam.blogspot.com

2. Cacing Darah Beku

Cacing darah atau biasa disebut Red Blood Worm bisa juga dimasukan kedalam kategori pakan buatan. Sebenarnya cacing darah lebih baik diberikan dalam keadaan hidup. Tapi jika anda sulit mendapatkan pakan alami maka cacing darah yang dibekukan bisa anda jadikan pilihan dan banyak dijual di toko hewan.

Gambar Cacing Beku
Foto by arwanaqu.blogspot.com

3. Beta Vit Super

Beta vit adalah pakan ikan cupang yang paling pupuler dan paling banyak dipasarkan secara online. Apabila anda melakukan pencarian di Google dengan kata kunci “Pakan Ikan Cupang” maka beta vit akan muncul paling atas.

Gambar Cacing Beku
Foto by tokopedia.com

4. Tubifex Worm kering

Tubifex worm kering adalah pakan ikan cupang yang dibuat dari bahan cacing yang dikeringkan. Tubifex merupakan alternatif pakan yang cukup bagus yang bisa didapat di toko atau di pasar.

Gambar Tubifex Worm kering
Foto by bukalapak.com

Baca juga: 7 Perbedaan Ikan Cupang Betina dan Jantan

Nah itulah Daftar Pakan Ikan Cupang Alami dan Buatan yang dapat anda jadikan sebagai rujukan pemilihan pakan untuk ikan cupang. Demikianlah tulisan ini kami buat, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu yang berguna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *