Manfaat Pemberian Jangkrik Untuk Ayam Aduan

Manfaat Pemberian Jangkrik untuk Ayam Aduan

 

Memang pemberian jangkik untuk ayam aduan atau ayam bangkok sudah sering dilakukan sejak zaman dahulu. Tapi tahukah anda bagaimana cara pemberian jangkrik dan berapa porsi yang sesuai untuk ayam aduan. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan ulasan secara singkat dan padat.

Seperti yang kita ketahui bahwa jangkrik adalah salah satu binatang yang masuk kategori seranga. Kemudian untuk mencari jangkrik tidaklah begitu sulit, apalagi jika anda tinggal di daerah pedesaan. Saat ini perkembangan ternak jangkrik pun mengalami kemajuan akibat semakin banyaknya permintaan pembeli terhadap jangkrik.

Baca juga: Manfaat Amoxilin Untuk Ayam Aduan Juara

 

Inilah Manfaat Pemberian Jangkrik Untuk Ayam Aduan

Jangkrik Kaya Akan Gizi dan Nutrisi

Ayam aduan juara akan membtuhkan banyak gizi dan nutrisi, ini sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh ayam. Pastinya ayam yang gizi dan nutrisinya terpenuhi akan lebih sehat, gagah dan terhindar dari berbagai penyakit.

Daging Jangkrik Kaya Akan Protein

Ternyata asupan protein pada ayam tidak dapat tercukupi jika hanya diberikan pakan berupa makanan pokok seperti jangung saja. Kandungan protein pada daging jangkrik berkisar 58% yang memiliki banyak manfaat. Jadi jangkrik bisa anda jadikan sebakai tambahan untuk mencukupi kebutuhan protein bagi ayam aduan kesayangan anda.

Jangkrik Dapat Meningkatkan Stamina Ayam Aduan 

Jangkrik banyak mengandung berbagai hormon seperti hormon progesterone,  estrogen dan testoteron. Hormon ini sangat berguna untuk meningkatkan stamina pada ayam aduan dibandingkan dengan obat-obatan berbahan kimia.

Jangkrik Dapat Membuat Ayam Menjadi Ganas 

Dari dulu sampai sekarang memang mitos bahwa binatang hidup diyakini akan membuat ayam aduan menjadi lebih ganas dan agresif. Jangkrik akan sangat berguna bagi ayam yang mengalami masalah pada mental dan bisa juga diberikan agar ayam lebih galak.

Membentuk Tubuh yang Ideal

Nah ini yang menarik, pemberian jangkrik memungkinkan pertumuhan tubuh ayam menjadi lebih ideal. Otot-otot ayam akan cepat mengeras serta akan dengan cepat membakar lemak pada tubuh ayam. Sehingga tubuh ayam akan lebih ideal dan lincah.

Menyehatkan Bulu Ayam Aduan

Jangkrik memiliki minyak yang mengandung banyak manfaat. Dianaranya dapat meningkatkan kecerdasan ayam ketika bertarung dan dapat menyehatkan bulu ayam.
Lihat Tulisan: 7 Khasiat dan Manfaat Daging Bekicot Untuk Ayam Aduan

Porsi Pemberian Jangkrik Untuk Ayam Aduan

Banyak yang bilang jika pemberian jangkrik sebelum ayam diadu sangatlah baik. Tapi menurut saya, jangkrik sebaiknya diberikan pada saat proses perawatan ayam. Alasannya karena efek jangkrik tidak secepat jamu atau doping, jadi sangatlah tidak masuk akal jika diberikan sebelum ayam diadu. Berikut adalah porsi pemberian jangkrik untuk ayam aduan:

Pemberian Jangkrik Untuk Anak Ayam

Anak ayam adalah ayam yang usianya antara 0-2 bulan. Dalam hal ini anak ayam tidak perlu diberikan pakan jangkrik. Alasanya karena anak ayam hanya perlu pakan yang mudah dicerna seperti voor atau konsentrat.

Pemberian Jangkrik Untuk Ayam Lancuran

Ayam lancuran terhitung sejak usia ayam menginjak 3-6 bulan. Untuk pemberian jangkrik kepada ayam lancuran bisa diberikan dalam porsi kecil atau sesekali saja diberi jangkrik. Pahami lebih lanjut tentang bagaimana cara merawat dan melatih ayam aduan muda.

Pemberian Jangkrik Untuk Ayam Dewasa

Ayam dewasa adalah ayam yang sudah memasuki proses perawatan yang lebih spesial. Umumnya ayam aduan akan dewasa dan mulai berkokok ketika berusia 7 bulan. Pemberian jangkrik untuk ayam adauan dewasa bisa dilakukan setiap hari sebagai selingan pakan utama. Tapi ingat, jangan terlalu berlebihan, cukup satu atau dua jangkrik yang berukuran kecil per harinya.

Nah begitulah kiranya pemahasan kami mengenai Manfaat Pemberian Jangkrik Untuk Ayam Aduan, semoga bermanfaat. Apabila ada kesalahan dalam penyampian tulisan ini kami mohon maaf dan harap dikoreksi lewat komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *