Ayam Bangkok Shamo Dengan Kelebihannya

jenis ayam shamo
image by sukabet77.com
 
Ayam bangkok shamo adalah salah satu dari jenis ayam aduan yang cukup digemari oleh para pecinta ayama laga. Selain ayam bangkok, birma, saigon dan pakhoy, ayam aduan trah shamo terbilang cukup populer. Akan tetapi tidak banyak orang yang mengetahui bahwa ayam samo adalah tipe petarung yang sangat bagus.
 
Sesuai dengan sejarahnya bahwa ayam shamo adalah ayam yang juga berasal dari negara Thailand, namun hanya saja kepopuleran ayam shamo kalah dengan popularitas ayam siap (ayam bangkok). Kehebatan ayam shamo justru malah menjadi dikenal karena orang-orang jepang yang melakukan uji coba persilangan ayam trah shamo dengan ayam lain dan menghasilkan ayam aduan yang mengesankan. Pada abad 16 di Negara Jepang ditemukan ayam shamo yang disebut dengan ayam O-Shamo, akan tetapi masih merupakan keturunan dari shamo thailand.
 
O-shamo adalah ayam aduan yang memiliki tubuh yang sangat besar dan berbeda dengan ayam lain, serta berat ayam O-shamo rata-rata antara 6-8 kilogram. Kemudian para peternak mulai melakukan pengembangan persilangan dengan menyilankannya dengan ayam lokal maupun ayam interlokal.
Tidak hanya sampai disitu, proses persilangan masih terus dilakukan dengan harapan bisa menemukan bibit petarung unggul dari ayam shamo. Setidaknya terdapat tiga jenis ayam shamo, yaitu silangan yang memiliki besar hingga 6-8 kg dinamakan O-Shamo, untuk yang berukuran sedang dinamakan Chu Shamo dan hasil silangan dengan ukuran kecil diberi nama KO Shamo.
 

Berikut adalah ciri fisik ayam shamo pada umumnya

  • Postur tubuh lebih besar jika dibandingkan trah ayam aduan jenis lain.
  • Paruh ayam shamo lebih kuat dan tebal.
  • Kebanyakan ayam shamo memiliki jenis jengger telon dan jengger belimbing.
  • Ayam shamo memiliki mata yang cerah.
  • Terlihat sangat tegap dan berotot.

 

 

Keunggulan dari Ayam Shamo

  • Memiliki pukulan yang lebih kuat karena memiliki otot yang kuat.
  • Termasuk jenis ayam pukul dan sangat jarang ayam shamo memiliki jalu yang panjang.
  • Tahan pukul seperti ayam saigon dan tahan mati.
  • Keunggulan lain dari ayam shamo adalah memiliki stamina yang kuat dan mampu bertarung lebih lama.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *