5 Jenis Ayam Aduan yang Sering Dipakai di Indonesia

Di Indonesia terdapat berbagai macam jenis ayam aduan yang populer. Memang jika melihat sejarah, sabung ayam sudah ada sejak dulu hingga saat ini, mulai dari kisah rakyat sampai kisah kerajaan. Hingga saat ini perkembangan ayam aduan masih terus bergerak maju menikuti roda pergantan era yang semakin modern.

Saat ini memang sangatlah sulit untuk membedakan ras ayam aduan karena di Indonesia sendiri sudah terdapat banyak sekali ras ayam aduan baik lokal, import ataupun hasil persilangan yang dilakukan oleh para penghobi ayam aduan.  Berikut adalah jenis ayam aduan yang paling populer dan sering dipakai di Indonesia:

 

5 Jenis Ayam Aduan yang Sering Dipakai di Indonesia

1. Ayam Bangkok

Ayam bangkok masih menempati posisi pertama untuk ayam aduan yang paling sering digunakan di arena sabung oleh para penghobi ayam laga. Seperti yang kita ketahui bahwa ayam bangkok adalah ras ayam aduan yang berasal dari Thailand (Negeri Siam). Di Negara Thailand sendiri ras ayam yang satu ini telah banyak memenangkan kejuaraan baik kontes maupun liga profesional ayam aduan.

ayam bangkok

Di Negara kita kepopuleran ayam bangkok sudah berlangsung sejak zaman dahulu dan hingga saat ini masyarakat Indonesia masih memusatkan pilihannya kepada ayam bangkok. Ayam bangkok memiliki banyak sekali keunggulan dibandingkan jenis ayam aduan lain. kemudian keunggulan yang paling mencolok adalah dilihat dari segi teknik (gaya tarung) yang bagus dibandingkan ayam aduan jenis lain.

baca juga: Alasan Kenapa Banyak Botoh Menggandungi Ayam Teknik Solah

 

2. Ayam Birma

Setelah ayam bangkok kemudian posisi kedua ditempati oleh ayam jenis birma. Ayam birma merupakan ayam kampung asli dari Negara Myanmar, ayam ini memiliki ciri yaitu gaya tarung yang cepat dan liar, maka tidak heran jika ayam ini dijuluki ayam setan di negaranya. Kemudian ayam birma memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dibandingkan dengan ayam bangkok.

Ayam Birma

Di Indonesia ayam birma menjadi sangat populer dan digandrungi oleh para pecinta ayam aduan dan tidak jarang ayam birma dilawankan dengan ayam bangkok dan hasilnya menang. Karena gaya tarung dan ayam ini lebih cerdas diandingkan ayam bangkok maka banyak botoh yang mencoba melakukan persilangan ayam birma dengan jenis ayam lain supaya menghasilkan keturunan yang lebih baik.

Lihat tulisan: Mengenal Ciri Ayam Birma Super Asli Dari Negeri Tanah Emas

 

3. Ayam Saigon

Ayam saigon atau ayam gundul adalah jenis ayam yang berasal dari Vietnam dan sebenarnya sudah masuk ke Indonesia lebih dulu dibbandingkan ayam birma. Akan tetapi kepopuleran ayam ini baru mulai meledak sejak beberapa tahun belakangan ini. Ayam saigon memiliki ciri khas dimana bulu pada bagian kepala, leher dan kaki yang sedikit bahkan tidak tumbuh sama sekali (gundul).

Ayam Saigon

Meskipun ayam saigon dibilang ayam yang tolol karena bertarung dengan gaya ortodok, namun ayam ini adalah ayam yang tahan pukul dan memilki stuktur tulangan yang bagus. Di Indonesia sendiri ayam saigon yang populer biasanya adalah ayam saigon hasil perslingan seperti Magon (saigon x birma), Manthai (magon x bangkok) dan masih banyak lagi.

 

4. Ayam Pakhoy

Ayam Pakhoy merupakan generasi ayam aduan modern yang asalnya masih menjadi perdebatan. Sebagian orang berpendapat ayam ini berasal dari daerah pinggiran kota Bangkok dan ada sebagian yang berpendapat ayam ini adalah ayam hasil persilangan ayam ujung dari Malaysia. ayam ini hadir untuk menandingi ayam birma yang sempat menguasai tahta arena sabung ayam, maka tidak heran jika ayam pakhoy mendapat julukan “penumpas setan”, setan yang dimaksudkan adalah ayam birma.

Ayam Pakhoy

Keberadaan ayam aduan pakhoy di Indonesia menjadi populer semenjak ada seorang botoh indonesia dari peternakan Javatoya Rich Farm yang memiliki ayam jenis pakhoy dengan nama Dragon Killer yang sempat menjadi juara 1 di Thailand sebanyak dua kali. Hingga saat ini popularitas ayam pakhoy semakin meroket dan harga jualnya semakin melambung.

Artikel Serupa: Mengenal Ciri Ayam Aduan Pakhoy Berkualitas Super

 

5. Ayam Kampung Indonesia

Kemudian posisi kelima ayam aduan yang paling sering digunakan di arena laga adalah ayam kampung asli Indonesia. Ayam kampung digunakan seabagi ayam laga sudah sejak zaman nenek moyang dan hingga saat ini masih kerap digunakan. Ayam kampung biasanya dipakai untuk sabung taji, yaitu pertarungan ayam dengan menggunakan pisau kecil sebagai taji dan pertarungan sampai mati.

Ayam Kampung

Meskipun saat ini sudah berkembang generasi ayam aduan seperti bangkok, pakhoy dan birma, tapi sebagian pihak masih tetap menggunakan ayam kampung sebagai pilihan mereka. Hal ini sudah menjadi kebiasaan bahkan sudah dianggap sebagai kebudayaan oleh beberapa pecinta ayam aduan jenis kampung.

Lihat: Cara Berternak Ayam Kampung Simpel Dan Menguntungkan

 

Nah itulah sedikit pembahsan mengenai 5 Jenis Ayam Aduan yang Sering Dipakai di Indonesia versi JOUHOME. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *