menjaga kesehatan gigi

7 Tips Menjaga Kesehatan Gigi Agar Tetap Percaya Diri

Tips Menjaga Kesehatan Gigi
 
Menjaga Kesehatan gigi pastinya sudah menjadi aktivitas rutin kita sebagai manusia. Gigi merupakan bagian terpenting pada diri seorang manusia, bahkan merupakan ciri khas dan mempunyai daya tarik tersendiri. Tetapi bagaimana jika gigi kita tidak sehat? Pastinya akan menyebabkan menurunnya kepercayaan diri, malu dengan orang-orang dan yang lebih parah lagi apabila sudah terkena sakit gigi, pastinya akan membuat kita semakin menderita. Apabila sudah berlubang akan lebih merepotkan lagi, kita harus berobat ke dokter dengan biaya yang cukup mahal dan belum lagi jika gigi yang sakit harus dicabut.
 
Kebanyakan dari kita baru akan sadar betapa berharganya gigi kita setelah mengalami kerusakan pada gigi. Apakah anda sudah merawat gigi dengan benar?, apakah perawatan yang anda lakukan sudah benar? Pada postingan kali ini admin akan menyajikan mengenai tips untuk menjaga kesehatan gigi.
 

Hal-hal yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi

1. Gosok Gigi Secara Rutin

Gosok gigi adalah bagian dasar atau vital dalam menjaga kesehatan gigi, dan sebaiknya dilakukan minimal dua kali sehari.  Gosoklah gigi secara menyeluruh hingga ke bagian-bagian yang sulit dijangkau, karena pada bagian yang sulit dijangkau bisa menjadi sarang dari kuman dan bakteri yang bisa merusak gigi. Juga gosoklah gigi denga cara dan teknik yang benar.
 

2. Mengganti sikat gigi 

Apabila bulu-bulu pada sikat sudah mulai membengkok. Sikat yang sudah membengkok sudah tidak bisa digunakan secara optimal bahkan akan terasa menyakiti gusi saat digunakan. Maka dari itu sebaiknya sikat gigi diganti minimal satu bulan sekali.
 

3. Membersihkan Lidah

Lidah yang tidak bersih akan menjadi sarang dari bakteri yang bisa menyebabkan bau mulut dan bahkan bisa menempel pada gigi yang bisa menyebabkan karang gigi. Membersihkan lidah bisa dilakukan ketika selesai menggosok gigi, apalagi sekarang sudah ada pembersih lida pada setiap sikat gigi, jadi hal ini tidak akan sulit untuk dilakukan.
 

4. Gunakan Pasta Gigi Yang Baik

Pada dasarnya semua pasta gigi adalah baik karena tujuannya sama-sama menjaga kesehatan gigi. Tetapi di samping itu, setiap pasta gigi mempunyai keunggulan yang berbeda-beda, misalnya ada pasta gigi khusus untuk gigi berlubang, gigi sensitive dan sebagainya. Jadi pakailah pasta gigi yang sesuai bagi gigi anda.
 

5. Memakai Obat Kumur

Dengan memnggunakan obat kumur akan membuat mulut dan nafas menjadi segar dan juga akan membunuh bakteri-bakteri yang ada di mulut. Untuk obat kumur bisa di beli di apotik dan di supermarker. Misalnya saja Listerine, Betadine kumur dan masih banyak lagi.
 

Menjaga kesehatan Gigi dengn Pola Hidup yang Benar:

1. Menghindari Makanan Manis

Menghindari di sini bukan dalam artian tidak sama sekali, tetapi bagaiman untuk mengurangi mengkonsumsi makanan manis, misalnya es cream, coklat dan sejenisnya.
 

2. Meningkatkan Enzim yang Bisa Menyehatkan gigi

Enzim terdapat pada air liur dan juga dipanguhi oleh pola hidup, jadi semakin baik pola hidup maka enzim yang diciptakan akan baik pula dan sebaliknya. Contoh makanan yang dapat meningkatkan enzim diantaranya strawberry, apel, buah pir.
 

3. Mangkonsumsi Sayuran Hijau

Sayuran hijau tidak hanya baik untuk gigi, melainkan juga sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh. Contohnya diantaranya adalah kubis, brokoli, bayam dan sejenisnya dan juga perbanyaklah mengkonsumsi air putih.
 

4. Kurangi konsumsi dan minuman yang bisa merusak gigi

Contohnya kopi, karena kafeein yang ada pada kopi tidak bagus untuk gigi dan bisa menyebabkan gigi menjadi kuning. Hindari minuman bersoda, karena bisa membuat gigi menjadi keropos, dan masih banyak lagi minuman yang harus dikurangi konsumsinya.
 
Begitulah sedikit tips dan cara menjaga kesehatan gigi, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *