9 Manfaat Daun Sirih Untuk Ayam Aduan Yang Wajib Diketahui

manfaat daun sirih

Jika kita memahas mengenai manfaat daun sirih bagi ayam aduan pasti masih banyak yang belum mengetahuinya. Daun sirih adalah tanaman herbal yang daunnya memiliki banyak sekali manfaat dan khasiatnya. Untuk ayam bangkok atau ayam aduan penggunaan obat-obatan atau jamu herbal bisa dibilang lebih aman dibandingkan dengan obat kimia yang tentunya memiliki efek samping yang kurang baik.

Baca Juga:

Perlu diketahui jika ternyata daun sirih memiliki banyak sekali kegunaannya sesuai dengan kebutuhan para botoh sekalian. Berikut adalah 9 manfaat daun sirih yang perlu diketahui:

1. Sebagai Antibiotik

Daun sirih bisa digunakan sebagai antiseptik dan antibiotik, terutama untuk mematikan kuman dan menjaga kesehatan ayam aduan. Misalnya ayam selesai diadu dan memiliki banyak luka maka kita bisa menggunakan daun sirih untuk membersihkan luka pada ayam. Daun sirih juga bisa digunakan sebagai pengganti betadine dan bersifat lebih alami.

2. Sebagai jamu

Daun sirih bisa dijadikan sebagai jamu herbal dengan cara diberikan secara langsung sebagai pakan atau minum ayam. Kemudian bisa juga dengan cara ditambahkan dengan bahan-bahan alami lainnya seperti kunyit dan gula merah. Ayam yang diberikan jamu berupa daun sirih akan lebih kebal terhadap serangan penyakit.

3. Sebagai Obat Penyakit Ngorok

Penyakit ngorok adalah penyakit yang menyerang bagian pernapasan ayam aduan. Ayam yang ngorok terlihat tidak memiliki gairah dan gejala yang paling mencolok yaitu kondisi sulit bernafas dan berbunyi pada bagian ternggorokan. Cara mengobatinya bisa dengan memberikan rebusan daun sirih sebagai air minum ayam aduan atau melolohkan daun sirih kepada ayam yang sakit ngorok.

4. Menyehatkan Pencernaan

Daun sirih berkhasiat untuk menyehatkan sistem pencernaan ayam aduan dan juga mampu mengobati berbagai macam penyakit pada bagian dalam ayam, seperti cacingan, berak kapur dan berak darah.

5. Mencegah Penyakit Kurap Ayam

Penyakit kurap adalah penyakit yang menyerang bagian kulit pada ayam aduan. Sangat baik bagi kita untuk melakukan pencegahan terhadap penyakit kurap dikarenakan penyakit ini menular, pencegahan bisa dilakukan dengan cara memandikan ayam dengan air rebusan daun sirih setidaknya seminggu sekali guna mencegah perkembangan kuman pada ayam.

6. Menghilangkan Lemak Pada Bulu Ayam

Lemak pada bulu ayam sangat mempengaruhi pertumbuhan otot pada ayam aduan. Para botoh profesional banyak menyarankan agar ayam yang siap rawat harus sesekali dimandikan dengan air rebusan daun sirih untuk menghilangkan lemak pada bulu ayam.


7. Memperpanjang Nafas atau Stamina Ayam

Memperpanjang stamina ayam bisa dilakukan dengan memberikan daun sirih sebagai pakan dan bisa juga dengan memandikannya dengan air sirih. Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika pada bulu ayam terdapat lemak yang selain menghambat pertumbuhan otot juga menghambat bulu untuk menghisap udara yang menyebabkan ayam lebih cepat kelelahan.

8. Sebagai Obat Untuk Menyeterilkan Kandang

Daun sirih juga bisa digunakan sebagai pestisida atau obat semprot untuk kandang ayam aduan. Dengan melakukan penyemprotan akan membasmi kuman-kuman dan kutu pada kandang, terlebih lagi jika ayam baru selesai mengerami telur.

9. Menghilangkan Bau Pada Kotoran Ayam

Daun sirih adalah tumbuhan herbal yang sangat mujarap untuk menghilangkan bau. Untuk manusia saja daun sirih bisa kita gunakan untuk menghilangkan bau badan, begitu pula pada ayam.

Memang tanaman herbal lebih baik digunakan jika dibandingkan dengan bahan-bahan kimia. Selain mudah didapat dan harganya yang murah, ternyata bahan herbal memiliki efek samping lebih kecil. Begitulah topik bahasan mengenai 9 manfaat daun sirih untuk ayam aduan yang wajib dikeahui oleh para botoh sekalian. Apabila terdapat kekurangan atau kesalahan pada tulisan ini kami harap para pembaca menanggapi pada kolom komentar yang ada di bawah. Semoga bermanfaat dan salam sesama penghobi ayam.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *