Zat-zat Makanan Dan Nutrisi Yang Dibutuhkan Kelinci

Pakan adalah makanan pada binatang ternak yang berguna sebagai sumber energi dan sesuatu yang wajib dipenuhi dalam memelihara dan bertenak hewan. Pakan berfungsi untuk menunjang pertumbuhan binatang ternak serta bisa juga berfungsi sebagai obat ataupun untuk memenuhi perbaikan lemak dan sel-sel tubuh pada binatang ternak.
Pakan yang baik haruslah menandung zat-zat serta nutrisi yang dibutuhkan oleh makhluk hidup dan begitu pula kelinci. Zat-zat makanan sangat diperlukan kelinci untuk dapat bertahan hidup agar kelinci dapat tumbuh normal serta berfungsi menunjang produktifitas. Untuk seorang penghobi dan peternak kelinci pasti sangat mengharapkan hasil yang akan dicapai nantinya akan lebih baik.
Maka dari itu pemilihan pakan untuk kelinci kesayangan haruslah memperhatikan beberapa aspek penting berupa kandungan zat dan nutrisi yang memang dibuthkan oeh kelinci. Zat makanan dan nutrisi yang dibutuhkan oleh kelinci diantaranya adalah:

Air

Semua makhluk hidup membutuhkan air baik tumbuhan, hewan dan manusia. Air sangat berguna untuk tubuh, berguna untuk pencernaan dan metabolisme. Maka dari itu kelinci harus diberikan asupan air yang cukup agar tidak sakit. Akan tetapi yang menjadi masalah adalah pemberian minum untuk kelinci sangatlah jarang dilakukan karena memang hewan yang satu ini tidak minum air secara lansung. Kelinci dapat memenuhi kebutuhan air untuk tubuhnya dengan cara memakan makanan yang mengandung air seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Untuk saat ini perkembangan teknologi peternakan sudah sangat maju dan untuk memberikan minum kepada kelinci sudah bisa dilakukan dengan cara-cara tertentu, terutama untuk kelinci yang diberikan pakan jenis konsentrat atau pelet.

Kabrohidrat

Karbohidrat adalah gabungan dari kata karbon, hidogen dan oksigen yaitu merupakan zat utama yang sangat diperlukan bagi semua makhluk hidup. kabohidat berfungsi sebagai sumber energi tubuh yang paling berpengaruh, sebagai cadangan energi, memperlancar pencernakan dan juga sebagai pemanas alami tubuh. Untuk memenuhi karbohidrat pada kelinci bisa dengan cara memberikan pakan berjenis sayuran, buah, umbi, jagung, dll. Untuk lebih spesifik lagi tanaman dengan daun berwarna hijau sudah pasti memiliki banyak kandungan karbohidrat.

Protein

Protein adalah zat dengan kandungan senyawa organik komplek dan memiliki bobot mlekul yang besar berupa asam amino. Protein dibutuhkan kelinci untuk dapat tumbuh dan berkembang, protein juga berfungsi membentuk struktur, fungsi, sel-sel makhluk hidup dan virus baik. Protein bisa berasal dari makanan hewani dan nabati, untuk kelinci jangan sesekali diberikan protein hewani. Untuk memenuhi kebutuhan protein pada kelinci bisa dilakukan dengan memberi pakan berupa tumbuhan jenis kacang-kacangan seperti kacang panjang, buncis dan lain-lain.

Lemak

Lemak pada umumnya terdiri dari lemak hewani dan nabati, untuk kelinci sebaiknya diberikan makanan yang memiliki kandungan lemak nabati. Fungsi utama dari lemak adalah sebagai cadangan energi bagi makhluk hidup dan juga berfungsi sebagai senyawa organik. Untuk kelinci pemenuhan lemak bisa memberikan pakan berupa biji-bijian.

Vitamin

Vitamin merupakan zat dengan kandungan senyawa organik yang memiliki molekul kecil. Vitamin berfungsi mengatur tubuh makhluk hidup agar dapat hidup dan beraktifitas serta tidak mudah terserang penyakit. Macam-macam vitamin yaitu vitami A, B, C, D, E dan K yang terkandung pada bermacam-macam jenis makanan.

Mineral

Mineral merupakan unsur kimia pada makhluk hidup yang tidak bisa rusak. Fungsi utama dari mineral adalah menghasilkan enzim yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh, tidak hanya itu, mineral juga berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh. Mineral yang sangat dibutuhkan tubuh diantaranya adalah kalsium, fosfor, sodium, zat besi dan magnesium. Kebutuhan mineral pada kelinci terutamakalsium dan Posfor berfungsi untuk pertumbuhan, laktasi. Menurut Cheeke (1987) kebutuhan mineral kelinci lebih tinggi daripada ternak lain, hal ini dilihat dari kandungan mineral daging dan susu kelinci lebih tinggi daripada ternak lain, terutama Ca dan P. Kandungan Ca susu pada kelinci laktasi adalah 4,5 – 6,5 g Ca/kg dan 3,5 – 4,4 g P/kg, dimana kisaran tersebut 3 kali lebih tinggi dari susu kerbau, sedangkan daging kelinci mengandung 129 ppm Ca (De Blas dan Wiseman, 1998).
Dengan pemenuhan zat-zat makanan dan nutrisi yang dibutuhkan kelinci pasti akan sangat bagus untuk kualitas dan kuantitas kelinci ternakan. Untuk menghindari kemungkinan-kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi maka pemenuhan nutrisi kelinci sangatlah wajib dan patut diperhatikan.

Artikel Terkait

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *