Membedakan Kelinci Dengan Terwelu

Membedakan Kelinci Dengan Terwelu
Membedakan Kelinci Dengan Terwelu – Kebanyakan masyarakat indonesia terutama suku jawa mengangap bahwa kelinci dan terwelu itu sama. Memang secara sekilas kelinci dan terwelu terlihat sama baik dari segi telinga, kaki, bulu dan bentuk tubuh yang hampir mirip dan menyebabkan persepsi masyarakat akan kelinci dan terwelu itu sama. Untuk itu penulis ingin berbagi tulisan mengenai perbedaan antara terwelu dengan kelinci agar bisa jadi  akan mendambah wawasan dan ilmu yang berguna. 
 

Mengenal Terwelu

Terwelu atau yang dikenal dengan nama ilmiah Lepus Europaeus merupakan salah satu hewan mamalia yang diklasifikasikan satu famili dengan kelinci. Ciri-ciri pada terwelu adalah postur tubuh terwelu memiliki ukuran yang lebih besar, memiliki telinga panjang, biasa hidup di lapangan terbuka dan termasuk kategori binatang alam liar. Terwelu sangat sering dijumpai di daerah Eurasia, Afrika, dan Amerika utara. Terwelu adalah hewan pemakan tumbuhan (herbivora). Terwelu biasanya hidup dengan sendiri atau berpasangan dan memiliki tubuh yang lebih kebal dibanding kelinci. 

Membedakan Kelinci Dengan Terwelu
Gambar Terwelu

 

 

Mengenal Kelinci

Kelinci atau yang dikenal dengan nama ilmiah Oryctolagus Cuniculus merupakan hewan mamalia yang sering disamakan dengan terwelu. Kelinci telah lama menjadi bianatang peliharaan atau binatang ternak sejak dulu. Ciri-ciri kelinci adalah memiliki ukuran tubuh kecil, memiliki telingan sama atau kurang dari panjang kepala kemudian jika di alam bebas kelinci biasa membangun sarang di dalam tanah untuk tempat tinggal dan berlindung dari binatang pemangsa. Kelinci termasuk jenis hewan yang hidup secara bergerombol dan saling membentuk populasi. 

Membedakan Kelinci Dengan Terwelu
Gambar Kelinci

 

 

Perbedaan Terwelu Dengan Kelinci

  • Bentuk Fisik terwelu dan kelinci terdapat perbedaan yaitu dari segi ukuran tubuh, terwelu lebih memiliki tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan kelinci.
  • Kemudian telinga terwelu lebih panjang dibandingkan dengan kelinci, jika terwelu ukuran telinganya bisa melibihi panjang kepala dan sedangkan telinga kelinci kurang dari atau sama dengan panjang kepala.
  • Lalu dari segi kecepatan juga memiliki perbedaan, terwelu jauh lebih cepat dibandingkan dengan kelinci, kecepatan terwelu saat berlari bisa mencapai hingga 70 km/h.
  • Jika saat melahirkan anakan terwelu akan lebih cepat tumbuh besar dibandingkan dengan kelinci, hal yang paling mencolok adalah anak terwelu yang baru lahir matanya sudah langsung terbuka dan sudah ditumbuhi oleh bulu, sedangkan kelinci tidak.
  • Terwelu adalah binatang liar yang hidup bebas di atas tanah, sedangkan kelinci adalah hewan yang membuat sarang di dalam tanah. Dengan begitu bisa dibedakan bahwa terwelu lebih baik dalam hal bertahan hidup terhadap binatang predator sedangkan kelinci membuat sarang di dalam tanah untuk berlindung terhadap binatang predator.

 

 
Jadi kesimpulannya terwelu dan kelinci itu berbeda, meskipun terdapat kesamaan tapi terdapat bagian-bagian khusus yang menyebabkan terwelu dan kelinci harus dibedakan. Semoga dengan membaca tulisan ini pembaca akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat, wasalam,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *