Baca Tips Jual Beli Ayam Aduan Agar Tidak Dirugikan

ayam aduan
 
Sebagai penghobi ayam aduan terkadang kita tidak terlepas dari kegiatan jual-beli. Keinginan dan harapan untuk mendapatkan tipe ayam aduan yang ideal melatar belakingi kita untuk bertransaksi dengan membeli ayam aduan baru yang bahkan hanya untuk menambah koleksi atau untuk memberbaiki keturunan ayam yang kita pelihara. Akan tetapi tidak jarang hasil yang didapat dari jual beli malah mengecewakan dan tidak sesuai dengan iming-iming yang dijanjikan. Apalagi saat ini kita bisa bertransaksi dengan mudah dan sangatlah mudah bagi kita untuk menemukan penjual melalu media komunikasi yang semakin canggih saat ini seperti media sosial dan sejenisnya. Melakukan jual beli dengan orang yang sebelumnya belum pernah kenal saat ini sudah menjadi hal yang lumrah dan tidak bisa terelakan. 
 
Kemudian sebagai seorang pembeli kita juga haruslah menjadi orang yang cerdas agar tidak mengalami kerugian nantinya. Pada hari ini penulis akan berbagi tips jual beli ayam aduan dengan tujuan bisa memberikan ilmu yang berguna bagi rekan-rekan sesama penghobi ayam. Oke langsung saja disimak tips dari penulis.
 

Tips Jual Beli Ayam Aduan Agar Tidak Dirugikan

 

Usahakan membeli dengan orang yang dikenal

Membeli ayam aduan dengan orang terdekat akan mengurangi risiko kerugian. Apabila kita sudah mengenal pembeli pasti transaksi jual beli akan menjadi lebih mudah dan lebih fair. Tidak hanya itu, dengan membeli dengan orang yang dikenal pasti kurang lebih kita sudah tahu dengan kualitas ayam aduan yang ditawarkan dan yang terpenting kita sudah mengetahui karakter si penjual. 
 

Mengetahui harga pasaran

Harga pasaran adalah harga yang berlaku secara umum di suatu daerah, misal ayam aduan usia 6 bulan biasa dijual 300 ribu, Jadi apabila ayam 6 bulan dijual dengan harga 600 ribu sudah pasti tidak sesuai. Akan tetapi harga pasar terhadap ayam aduan hanya berlaku untuk ayam-ayam normal yang biasa saja dan sangatlah sulit untuk menentukan harga pasaran pada ayam aduan karena kebanyakan harga ayam aduan diukur berdasarkan kualitas ayam itu sendiri. Setidaknya harga pasar bisa kita gunakan untuk melogikakan harga yang sesuai. 
 

Jadilah pembeli yang cerdas

Pembeli yang cerdas adalah pembeli yang paham dengan produk yang akan dibelinya, contohnya kita akan membeli ayam aduan maka kita harus tahu bagaimana cara mengukur kualitas ayam aduan, ciri-ciri ayam aduan yang ideal dan sebagainya. Dengan demikian kemungkinan penipuan akan sangat sulit terjadi apabila kita sebagai pembeli yang paham dengan apa yang akan dibeli. 
 

Jangan terlalu mudah percaya dengan pembeli yang belum dikenal

Layaknya seorang penjual pasti akan berusaha menggunakan strategi agar bisa menjual ayam aduan dengan harga yang tinggi dan untung besar. Untuk itu yang terpenting adalah hati-hati dengan permainan kata penjual, misal penjual memuji kualitas ayam yang akan dijual, ayam memiliki teknik yang bagus, belum pernah kalah sehingga membuat kita sebagai pembeli percaya akan yang dikatakannya. Saran saya apabila anda ingin membeli ayam aduan sebaiknya dilakukan uji coba terlebih dahulu dan jika memang penjual adalah orang jauh anda bisa meminta dibuatkan video uji coba ayam yang akan dibeli supaya nantinya tidak rugi.
 

Buatlah kesepakatan dengan penjual

Selanjutnya tips terakhir adalah buatlah kesepakan anda dengan penjual supaya transaksai menjadi lebih jelas, misal anda membuat kesepakatan seperti “jika ayam tidak sesuai maka akan saya  dikembalikan dan saya menerima uang saya kembali” atau “barang yang sudah dibeli tidak bisa dikembalikan lagi”. Dengan kesepakan maka transaksi akan menjadi lebih baik dan meminimalkan kemungkinan pihak yang dirugikan. 
 
Dalam melakukan jual beli tidak terlepas dari untung rugi antara dua belah pihak, pembeli tidak ingin rugi dan penjual juga demikian. Penulis berharap dengan adanya tulisan ini bisa membantu para calon pembeli untuk menjadi lebih cerdas agar tidak muda ditipu oleh penjual dan Semoga bermanfaat.
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *