Mengungkap Keganasan Katurangan Sisik Naga Temurun Ayam Aduan

katurangan sisik
 
Mengungkap Keganasan Katurangan Sisik Naga Temurun Ayam Aduan – Katurangan sisk kaki Naga Temurun pada ayam aduan masih sangat digandrungi oleh parah botoh dan penghobi ayam aduan di Indonesia.  Naga temurun merupakan istilah yang ditujukan untuk menyebut salah satu dari katurangan sisik ayam terutama ayam aduan trah bangkok. Bisa dibilang kedudukan jenis sisik ini lebih berkualitas dibandingkan dengan jenis sisik katurangan lainnya dan juga termasuk katurangan yang paling populer dan paling banyak dicari.
 
Untuk sekilas ciri-ciri katurangan sisik naga temurun adalah bisa dilihat pada bagian sisik ayam yang mengarah ke bawah yang dalam bahasa jawa disebut temurun dan seperti sisik seekor naga. Sisik yang mengarah ke bawah tersebut biasanya adalah sisik kaki bagian belakang, namun tidak jarang orang mengartikan apabila sisik kaki bagian depan ada yang mengarah kebawah bisa juga masuk ke kategori sisik naga temurun. Untuk lebih jelasnya bisa langsung dilihat pada contoh gambar di bawah ini:
katurangan sisik
 
Kelebihan katurangan sisik naga temurun di antaranya adalah ayam memiliki gaya tarung yang sangat agresif dan mampu melesatkan pukulan KO dengan cepat. Dipercaya bahwa ayam dengan sisik kaki naga temurun tidak butuh waktu lama untuk mengalahkan lawan-lawannya, kemudian ayam memiliki pukulan yang keras, pedas serta akurat dan tahan pukul. Alasan kenapa ayam dengan katurangan sisik naga temurun sangat menjadi incaran adalah dipercaya ayam dengan katurangan ini memiliki aurah tempur yang ganas dan tak kenal ampun serta dipercaya mendatangkan keberuntungan bagi pemiliknya karena diyakini katurangan naga temurun adalah ayam betuah. 
 
Kemudian apabila katurangan naga temurun di lengkapi dengan katuangan lainnya bisa saja ayam sangat sulit untuk dikalahkan. Misal ayam dengan katurangan sisik naga temurun juga memiliki katurangan suro watu atau yang lainnya maka ayam aduan akan lebih bagus. 
 
Sisik naga temurun juga memiliki beberapa jenis dan golongan layaknya jenis katurangan kaki ubet. Jika kaki ubet ada yang namanya ubet sebelah, ubet kiri-kanan dan ubet jalu, maka untuk katurangan naga temurun juga demikian. Naga temurun tembus, yaitu sisik temurun yang tembus dan tidak putus dari bagian atas kaki hingga bawah. Naga temurun setengah, yaitu ayam yang memiliki sisik menurun hanya setengah saja dan tidak tembus. Naga temurun kaki depan, yaitu ayam yang memiliki sisik menurun pada bagian kaki depan. 
 
Akan tetapi yang harus diingat oleh para botoh adalah tidak semua ayam dengan katurangan sisik naga temurun bagus, yang harus diperhatikan juga ialah faktor keturunan dan yang terpenting adalah perawatan. Biasanya ayam naga temurun yang bagus adalah yang berasal dari keturunan asli dari jago yang benar-benar memiliki sisik naga temurun. Penulis sudah mengalami sendiri yaitu keturunan dari induk dan jago yang tidak memiliki sisik naga temurun tapi menghasilkan anak yang kemiliki katurangan temurun. Setelah anak ayam besar dijajal dan ternyata memang faktor keturunan asli naga temurun sangat mempengaruhi. 
katurangan sisik
 
Selanjutnya hal yang paling penting yaitu jika memiliki ayam dengan katurangan yang bagus maka harus diimbangi dengan perawatan yang bagus pula supaya ayam aduan milik kita bisa menjadi jawarah gelanggang. Demikian lah sedikit tulisan dari saya, apabila terdapat kekurangan bisa dikoreksi bagi para botoh sekalian dan apabila terdapat kebenaran semoga menjadi ilmu yang berguna bagi kita semua. 

tag:
Komunitas Ayam Aduan Curup
Sisik Naga Temurun

Artikel Terkait

No Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *