Sikap Posesif Bisa Berdampak Buruk

Sikap Posesif Bisa Berdampak Buruk
Dalam hubungan asmara kata posesif pastinya sudah tidak asing lagi untuk didengar. Posesif merupakan wujud pengekspresian diri yang berlebihan kepada pasangan dalam sebuah hubungan. Posesif merupakan rasa takut kehilangan yang begitu berlebihan, biasanya seseorang yang posesif akan merasa tidak percaya, tidak nyaman dan terdapat rasa takut kehilangan yang begitu dalam. 

Dalam sebuah hubungan posesif bisa dibilang sebagai wujud penyampaian emosional. Posesif yang berlebihan akan berdampak negatif bagi diri sendiri dan orang lain terutama pasangan anda. Kemudian akan timpul rasa cemburu terhadap pacar, rasa curiga, rasa takut kehilangan yang bahkan bisa saja menyebabkan pasangan anda malah jadi tidak nyaman.

Dampak dari posesif diantaranya adalah akan membuat seorang yang mengalaminya menjadi tertekan, curiga dengan pasangan, cemburu berlebihan yang kemudian akan menyebabkan timbul aturan-aturan yang sebenarnya itu tidak harus dilakukan. Posesif juga tidak baik untuk kesehatan pisikologis dan dalam al-qur’an juga telah dijelaskan bahwa “Berburuk sangka adalah sifat yang tercela” dan faktanya posesif akan menyebabkan perasangka yang buruk.

Posesif adalah bukti bahwa kamu sayang sama pasanganmu? Tidak guys, anggapan seperti ini harus dibuang jauh-jauh. “Ingat!, sayang adalah pengertian”. Jika anda posesif berarti anda bukanlah orang yang pengertian. Yah, kemudian akan muncul hal-hal yang akan menyebabkan anda kehilangan wibawa. Terlebih lagi bagi cowok, seorang cewek sangat senang dengan cowok yang pengertian dan tidak banyak aturan. 

Posesif tidak ada gunanya! Iya memang benar guys. Posesif hanya akan menyusahkan diri sendiri dan orang lain terlebih lagi bisa saja kehilangan seseorang yang benar-benar kita sayangi karena tidak bisa mengendalikan rasa posesif yang berlebihan. Biasanya penyakit posesif akan dialami oleh orang yang baru saja terjun ke dunia percintaan.

Lalu bagaimana supaya kita tidak terkena virus posesif?

Berfikirlah Positif

Berfikir positif tentang pasanganmu dan percaya bahwa dia akan selalu baik-baik saja saat jauh darimu. Hormati privasinya dengan tidak mengeluarkan banyak aturan. Ingat tahap pacaran adalah tahap awal dan tidak perlu terlalu banyak aturan guys. Jalani aja hidup masing-masing dengan tetap berhubungan baik.
 

Berikan Pasanganmu Kebebasan

Stop mengatur dan biarkan pasanganmu melakukan hal yang dia inginkan asalkan masih dalam hal-hal yang positif. Dengan begitu pasangan anda akan merasa leluasa dan tidak tertekan, tentu dia akan sangat suka dengan rasa pengertian yang anda berikan. Dengan diberikan kebebasan pasanganmu akan merasa yakin bahwa kamu memang benar-benar mempercayai dia. 
 

Melakukan Sosialisasi dan Bergaul

Pergaulan sangatlah penting guys. Biasanya seorang yang posesif bisa disebabkan karena dia kurang bergaul. Dengan bergaul kamu akan lebih mengerti tentang kehidupan luar dan bertukar pikiran deng teman-teman serta meminta pendapat apabila memang itu perlu. 

Menjalin sebuah hubungan sangatlah indah apabila diikuti dengan rasa saling percaya. Seorang yang saling mempercayai akan merasa lebih aman dan nyaman. Sebaiknya anda harus demikian dan menghilangkan sikap posesif yang berlebihan. Sebagai manusia kita hanya bisa belajar dari kesalahan, mungkin ada dari kalian yang pernah ditinggalkan oleh orang yang disayangi karena terlalu posesif. Maka untuk sekarang sebaiknya anda berubah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *