Tips Menulis Posting Blog Agar Menarik Pembaca

Tips Menulis Posting Blog Agar Menarik Pembaca
 
Apa yang membuat posting menarik pembaca? Sebuah posting blog yang akurat, asli, berwibawa, dan ditulis dengan cara yang membuat pembaca ingin datang kembali untuk membaca  lebih. Maka akan lebih baik jika konten yang anda tulis dapat memotivasi dan bermanfaat bagi pembacanya dan kemungkinan pembaca akan berkomentar dan membagikan posting yang anda tulis. pastinya sebagai penulis blog terkadang selalu mengalami kendala dan masalah saat membuat tulisan di blog.
Langsung saja ke inti dari pembahasan kali ini. Anda ingin postingan yang anda buat dapat menarik pembaca? Ingin postingan yang anda buat dapat menduduki halaman pertama mesin pencari? Buatlah tulisan yang asli dan berwibawa?  Jika Anda ingin posting blog Anda untuk benar-benar disukai pembaca maka  anda bisa melakukan tips-tips di bawah ini:
 
Jadilah Orang berpendirian Dengan Sesuatu yang Asli
Seorang penulis akan terkesan berwibawa apabila membuat tulisan dengan gaya bahasanya sendiri dan yang pastinya dengan ciri khas yang unik. Tidak ada yang salah dengan menulis tentang topik yang sedang tren. Tidak masalah topic yang dibahas sudah banyak dibahas oleh orang lain. Jangan takut untuk mengeluarkan pendapat yang mungkin saja kontroversial. Jika Anda memiliki sesuatu pandangan yang berbeda dengan kebanyakan orang pastinya akan menyebabkan orang membaca tulisan anda. Semakin kontroversi maka makin banyak pula orang yang mungkin akan melihat apa yang anda katakana. Dimana anda telah siap  untuk menjadi kontroversial dan dogmatis yang akan membantu Anda untuk menghasilkan komentar dan pembaca. Akan tetapi tetap buat tulisan yang kredibel dan berdasarkan fakta serta memiliki pembeda dengan gaya tulisan orang kebanyakan.
 
Utamakan Kualitas Dan Authority tulisan sebelum melakukan SEO
Optimasi memang sangat penting. Ada ratusan bahkan ribuan artikel yang membahas mengenai Optimasi dengan banyak cara dan petunjuk cara optimasi, namun ketika anda memulai untuk menulis artikel blog sebaiknya lupakan dulu yang namanya SEO yang kemungkinan akan membuat anda tidak maksimal dalam pembuatan tulisan (artikel). Fokuslah kepada pembuatan tulisan yang kredibel, informative, menarik dan mencerminkan keahlian anda. Setelah tulisan yang dibuat sudah maksimal, barulah melakukan optimasi. Menggunakan strategi optimasi mungkin akan mendapatkan hasil yang baik di mata mesin pencari. Namun, yang paling diutamakan adalah kualitas konten yang memiliki nilai sehingga konten yang anda buat dianggap layak.
 
Koreksi Kembali Kelayakan Tulisan Anda
Sebelum anda mempublikasikan tulisan anda, setidaknya cobalah untuk mengkoreksi kembali kelayakan tulisan anda. Pastikan tulisan yang dibuat benar-benar akurat dan tajam, anda bisa menilai tulisan yang anda buat dengan cara bertanya kepada diri sendiri “apakah tulisan sudah benar-benar layak untuk dipublikasikan”. Selanjutnya periksa kembali apakah ada kesalahan dalam ejaan pada artikel yang dibuat, tujuannya adalah supaya bahasa yang di guanakan sudah benar dan tidak ada kesalahan, menghindari kesalahan kata, mengantisipasi kesalahan teknis yang memalikan dan terlebih lagi mesin pencari menginginkan tulisan yang tidak terdapat kesalahan pada pengejaannya. Selanjutnya melakukan branding dengan tulisan-tulisan yang dibuat dengan orang lain, branding di sini adalah mengoreksi topik dan gaya bahasa apakah sudah benar-benar telah dikuasai sepenuhnya oleh anda. Tujuannya untuk menghindari pertanyaan yang akan dilontarkan oleh pembaca. Misalnya mengapa, apa, bagaimana? Terus bagaimana jika anda tidak mampu menjawab pertanyaan tersebut.
 
Mengetahui Siapa dan Apa yang Mereka Inginkan
Posting blog yang anda buat pastinya akan diakses oleh orang yang berbeda, alasan yang berbeda, dengan waktu yang tentunya berbeda dan menggunakan berbagai perangkat yang mungkin berebeda. Beberapa dari mereka menginginkan tulisan yang relatif singkat dan sebagian lagi menginginkan tulisan yang panjang, rinci dan mengandung banyak informasi. Pembaca yang menginginkan konten yang menitik beratkan pada aspek visual, sementara yang lain menitik beratkan pada teks. Maka dari itu buatlah tulisan yang unik dan menarik pembaca. Pastikan juga anda tahu siapa pembaca dan apa yang pembaca inginkan. Kemudian tambahkan sesuatu pembeda pada konten yang anda buat.
 
Buat Konten yang Membuat Pembaca Dapat Melakukannya
Banyak sekali para pembaca yang datang ke sebuah blog dan kemudian langsung meninggalkan blog tersebut karena isi dari tulisan tidak sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Maka buatlah tulisan yang mungkin akan membantu mereka dalam memecahkan masalah, atau membuat tulisan yang membantu mereka untuk mendapatkan informasi terhadap topik tertentu dengan akurat dan jelas. Semakin berguna konten atau tulisan anda bagi mereka, maka semakin besar kemungkinan mereka untuk membagikan tulisan anda kepada orang lain. Hindari membuat tulisan yang tidak memberi informasi atau tidak bisa dilaksanakan, misalnya anda membuat tulisan tentang sebuah tutorial atau petunjuk, akan tetapi tidak bisa dilakukan atau tidak sesuai. Pastinya hal tersebut akan membuat pembaca kecewa. Inilah sebabnya mengapa posting blog yang populer dan menarik bisa anda buat.
 
Membuat Tulisan Dengan Gaya yang Lebih Unik
Perhatikan bahwa tulisan anda bukanlah tulisan akademik melainkan sebuah tulisan blog. Buatlah tulisan yang dapat menarik pembaca dan membuat mereka ingin lebih untuk membaca tulisan anda. Hindari menggunakan kata-kata yang berlebihan dan terkesan terminology layaknya pada buku pelajaran, jangan seolah-olah anda menggurui mereka layaknya guru pada kelas di sekolah. Sebaliknya, gunakanlah bahasa yang ringan seperti kita berbicara dengan orang yang setara dengan anda, luangkan waktu untuk membalas pertanyaan (komentar) mereka, berkomunikasi dengan mereka dengan bahasa yang membuat mereka betah dengan kata-kata yang sopan. Dengan begitu akan membantu anda dalam membangun hubungan positif dengan mereka.
 
Membuat Konten atau Tulisan Lebih Hidup
Gunakan aplikasi pendukung untuk membuat konten anda lebih hidup dan menakjubkan. Gunakan strategi tersebut untuk menarik pembaca dengan konten visual yang hebat seperti video, animasi, infografis, dan masih banyak lagi konten visual yang bisa memdukung tulisan menjadi lebih hidup dan menakjubkan. 
 
Membuat konten yang berkualitas memanglah bukan perkara yang mudah. Bagi seorang blogger menyajikan konten untuk pengunjung adalah sebuah keharusan agar website atau blog mendapatkan Page Rank yang tinggi. Akan tetapi yang bisa dilakukan hanyalah berusaha semaksimal mungkin supaya konten yang dibuat dapat disukai pembaca dan menjadi populer.
 

11 thoughts on “Tips Menulis Posting Blog Agar Menarik Pembaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *