Baca ini Sebelum Membuat Blog

Bagian Penting Dalam Membuat Blog
Membuat blog bukan hanya sekedar membuatnya saja. Dalam hidup pasti setiap orang selalu mempunyai motif dan tujuan dalam melakukan segala sesuatu, begitu juga terhadap blog. Dalam melakukan segala apapun sebaiknya kita melakukan yang namanya perencanaan, mengapa demikian? Karena segala sesuatu yang telah direncanakan dengan benar-benar akan mendapatkan hasil yang memuaskan. 
Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membuat dan memulai sebuah blog:

baca juga artikel: (Kendala ketika menulis).

1. Untuk apa kita membangun sebuah Blog? 
Yang dimaksud di sini adalah tujuan kita membuat blog. Tujuan membuat blog merupakan bagian utama atau nyawa dari segala tindakan. Jadi, kita sebaiknya menentukan tujuan dari blog yang ingin dibuat sebelum membuatnya. Misalkan membuat blog dengan tema kesehatan, pendidikan, teknologi dan sebagainya. Dengan menentukan tujuan akan lebih memudahkan pada nantinya dalam mengelolah blog yang dibuat.
 
2. Menentukan URL atau Alamat Blog
Alamat blog (URL) haruslah sesuai dengan tema dari blog yang akan dibuat. Mengapa demikian? Jawabannya karena harapan kita agar blog kita pada nantinya akan mudah dipahami dan dimengerti maksudnya oleh para pembaca atau pengunjung blog. Misalnya kita akan membuat blog tentang ayam hias, kita bisa memakai URL seperti www.ayamhias.com dan sebagainya. Usahakan alamat (URL) tidak terlalu panjang dan mudah diingat.
 
3. Membuat template Blog
Anda bisa membuat themes atau lebih familiyar dengan sebutan template blog berdasarkan keinginan anda, bisa mencari atau mendownload atau memodifikasi template sendiri. Sebaiknya buat atau pakailah template yang ringan agar loading tidak terlalu lama, serta hindari pemakaian widged yang terlalu berlebihan.
 
4. Mengubah dan memodifikasi struktur template
Dalam hal memodifikasi struktur template kita haruslah memahami tentang sistem pemrograman Web seperti Kode HTML, Javascript, CSS, PHP dan sebagainya. Apabila anda tidak begitu tahu dan mahir mengenai hal tersebut anda bisa merubah tampilan dasar dari template seperti tata letak widged agar menjadi rapid an enak dilihat. baca juga cara mengganti template blog
 
5. Menulis dan Memposting artikel yang asli
Yang dimaksud dengan artikel asli di sini adalah artikel yang benar-benar dibuat sendiri dan bukan merupakan artikel copy-paste. Dalam dunia bloger, artikel asli (original) lebih memiliki nilai lebih di bandingkan artikel copy-paste. Copy paste juga akan berdampak buruk bagi blog yang akan anda buat, menurunkan raiting di mata search engine. 
 
6. Menulis artikel yang sesuai dengan tema blog
Kenapa harus sesuai tema blog? Jawabannya itu wajib karena itu merupakan Niche blog anda. Misalnya tadi blog tentang ayam hias, maka anda harus menulis dan membuat artikel yang berhubungan dengan ayam hias. 
 
7. Memasukan katagori atau Label pada setiap postingan
Label atau kategori ini sangat berguna bagi para pengunjung blog. Dengan kategori pengunjung blog akan dengan mudah mencari artikel yang dia cari. Buatlah kategori seperlunya dan jangan terlalu berlebihan. Memang tidak ada batasan dalam kita membuat kategori, tetapi apabila terlalu banyak juaga akan menyulitkan pembaca, misalnya anda membuat kategori hingga lebih dari 100, pasti akan lebih menyushkan pembacanya dalam mencari artikel yang diinginkan.
 
8. Membuat Halaman
Halaman atau page juga berguna untuk memudahkan pembaca. Contoh dari halaman diantaranya adalah halaman kontak, halaman tentang (about), dan sebagainya. Halaman ini sangat penting, terlebih lagi halaman pendukung sebuah blog diantaranya yaitu halaman Privacy, Halaman Disclamer. Dan sebagainya. 
 
Setelah itu anda bisa mendaftarkan blog ke Search engine seperti “search Console” supaya dengan demikian, blog bisa terindeks dan muncul pada mesin pencarian. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *