Apa Pengertian Pasar Persaingan Sempurna dan Karakteristiknya?

Pasar Persaingan Sempurna
Apa Pengertian Pasar Persaingan Sempurna dan Karakteristiknya? Untuk mencapai laba yang maksimum, jumlah output yang diproduksi perusahaan adalah pada saat MR=MC. Akan tetapi, walau dua perusahaan (contohnya saja perusahaan A dan perusahaan B) memiliki struktur biaya yang identik (kurva biayanya sama), jumlah output yang dihasilkan masing-masing perusahaan pada kondisi laba maksimum belum tentu sama. Faktor yang menimbulkan perbedaan tersebut salah satunya adalah posisi perusahaan dalam pasar atau dikenal dengan struktur pasar.
Secara teori, terdapat dua kondisi ekstrim terhadap posisi perusahaan di dalam pasar. Pertama, perusahaan berada dalam pasar persaingan sempurna (perfect competition), yaitu dimana di dalam pasar terdapat perusahaan dalam jumlah yang banyak dan kemampuan setiap perusahaan sangat kecil untuk mempengaruhi harga pasar. Jadi tingkat persaingan pada pasar persaingan sempurna sangatlah ketat dan perusahaan hanya melakukan agar menyesuaikan output agar dapat mencapai laba yang maksimum. Kedua, yaitu perusahaan hanya menjadi produsen satu-satunya (monopoli). Dalam hal ini perusahaan (produsen) mampu mempengaruhi jumlah output dalam pasar.
Dapat disimpulkan bahwa pasar persaingan sempurna adalah dimana dalam sebuah pasar terdapat banyak sekali produsen dan juga konsumen. Sehingga tidak memungkinkan untuk mempengaruhi harga pasar. Sebagai contohnya seperti pasar tradisional yang dimana terdapat banyak sekali produsen yang kecenderungan menjual barang yang sama dengan tingkat persaingan yang ketat.

Karakteristik Pasar Persaingan Sempurna

a. Homogeneous Product (homogentitas produk)

Homogenitas produk adalah produk yang mampu memberikan utilitas (kepuasan) kepada konsumen. Konsumen tidak membeli merek barang melainkan kegunaan dari barang tersebut. Akibat dari hal itu konsumen dianggap mampu menciptakan atau memproduksi barang dan jasa sesuai dengan kualitas dan karakteristik yang sama. Contohnya pada pasar tradisional, misalnya penjual sayuran A menjual barang yang memiliki kualitas dan karakteristik yang sama dengan penjual sayur B, C dan yang lainnya.

b. Perfect Knowledge (Pengetahuan yang sempurna)

Pada pasar persaingan sempurna, para pelaku ekonomi baik konsumen atau produsen memiliki pengetahuan yang sempurna mengenai harga produk dan input yang dijual. Jadi tidak akan terjadi perbedaan yang berlebihan terhadap harga jual dari satu produsen dengan produsen lainnya.

c. Small Relatively Output (Output produsen relative kecil)

Jumlah output pada setiap perusahaan individu relative kecil dibandingkan dengan jumlah output perusahaan dalam industri. Jadi dengan demikian jumlah output produsen (perusahaan) pada pasar persaingan sempurna sangatlah kecil.

d. Price Taker (Harga yang ditentukan Pasar)

Pada pasar persaingan sempurna, produsen (perusahaan) menjual produknya harus sesuai dan berpatokan terhadap harga yang telah ditetapkan dalam pasar (price taker). Karena produsen secara individu tidak memiliki kekuatan untuk mempengaruhi harga pasar dan perusahaan hanya berusaha menyesuaikan jumlah output demi mendapatkan laba secara maksimum.

e. Free Entry and Exit (leluasa keluar masuk pasar)

Faktor produksi yang mobilitasnya tidak terbatas dan tidak ada biaya pada pasar persaingan sempurna. Yaitu faktor produksi seperti tenaga kerja dapat dipindahkan dengan mudah dari satu tempat ke tempat lain atau satu pekerjaan ke pekerjaan lain tanpa memerlukan biaya. Jadi dengan demikian, perusahaan atau produsen dapat leluasa keluar-masuk pasar. Apabila perusahaan tertarik pada sebuah industri, maka perusahaan akan dengan mudah untuk masuk. Apabila tidak tertarik, perusahaan bisa langsung keluar.
Dalam kehidupan sehari-hari pastinya kita tidak akan menjumpai struktur sebenarnya pasar persaingan sempurna, di mana perusahaan kecil menghasilkan barang-barang yang bersifat homogeny dan memiliki karakter seperti yang dijelaskan di atas.
Akan tetapi, melihat karakteristiknya, terdapat beberapa industry yang mendekati bentuk pasar persaingan sempurna, seperti industry tahu, industry tempe, dan industry-industri lainnya.

One thought on “Apa Pengertian Pasar Persaingan Sempurna dan Karakteristiknya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *