Cara SimpelMengetahui Jumlah Backlink pada Blog

Backlink adalah jumlah link yang mengarah ke situs/blog kita dan atau dikenal dengan “link masuk”. Backlink ini bisa berupa link aktif yang dapat langsung mengarah ke blog kita, atau juga berupa anchor teks dari blog lain yang menuju blog kita. 
baca juga: Apakah Backlink di dalam SEO dan Manfaatnya.
 
Semakin banyak jumlah backlink yank dimiliki sebuah blog, maka semakin besar pula kemungkinan blog tersebut memiliki page rank (PR) yang tinggi pada mesin pencari (Google, Yahoo, Bing dan mesin pencari lain). Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit mencelaskan mengenai Cara Mengetahui Jumlah Backlink pada Blog. Sebenarnya banyak sekali cara untuk melihat atau mengejek jumlah backlink blog, bisa lewat situs-situs penyedia tools pengukur backlink dan sejenisnya. 
 
akan tetapi pada kesempatan ini saya hanya akan membahas dua situs yang umum dipakai para blogger untuk melihat jumlah backlink. Oke langsung saja simak sob:
 
1. Mengetahui Jumlah Backlink Blog Lewat Search Console
Search Console atau Google Webmaster Tools pastinya sudah tidak asing lagi bagi para blogger. Dengan Search Console kita dapat mengetahui jumlah backlink blog kita, yang pastinya sangat relevan dan akurat.
Mengetahui Jumlah Backlink pada Blog
  1. Login Ke Search Console
  2. Klik Disini, Pastikan blog sobat sudah terdaftar di Search Console atau biasa disebut Google Webmaster Tools.
  3. Kemudian Pilih nama blog yang ingin dilihat jumlah Backlinknya. Dan setelah dipilih pastinya akan diarahka ke halaman dashboard Search Console.
  4. Kemudian Pilih Menu Search Traffic lalu Pilih Link To Your Site. Jika Search Console pada browser sobat berbahasa Indonesia silahkan pilih Lalu Lintas Penelusuran lalu pilih Tautan Ke Situs Anda.

 

Kemudian akan tampil jumlah Backlink pada Blog sobat seperti gambar di atas. Sayangnya blog ini belum banyak mendapatkan backlink karena masih baru dan belum berumur. 
2. Mengetahui Jumlah Backlink Lewat situs OpenLinkProfiler 
Situs ini adalah situs yang menyediakan tools gratis untuk mengecek backlink pada website atau blog dengan cara yang sangat simple dan cepat.
Langkah-langkahnya adalah:
Mengetahui Jumlah Backlink pada Blog
  1. Kunjungi Situs OpenLinkProfiler atau sobat bisa Klik Disini.
  2. Lalu sobat akan langsung diarahkan ke tools Freshest backlink
  3. Kemudian Isi dengan URL atau Alamat Blog sobat, kemudian klik Analyze Backlink.
  4. Kemudian akan muncul hasilnya, yaitu jumlah backlink blog sobat.

 

 
 
Begitulah lebih dan kurangnya cara mengetahui jumlah backlink pada blog. Semoga artikel ini bermanfaat.
 

2 thoughts on “Cara SimpelMengetahui Jumlah Backlink pada Blog

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *