Kendala Ketika Menulis Artikel Blog

Kendala Ketika Menulis Artikel Blog
Kemajuan dan semakin canggihnya teknologi komunikasi dan informasi di Indonesia semenjak tahun 2000an hingga saat ini mengalami perkembangan yang sangat cepat. Salah satu perkembangan itu adalah perkembangan di dalam bidang Internet, dan pengguna internet di Indonesia semakin meningkat dan sangat pesat dari tahun-ketahun. Dan pengguna internet di Indonesia yang paling banyak adalah pada usia 15-25 tahun. Dari survey pengguna internet yang paling banyak di Indonesia adalah kaum remaja terhadap akses media sosial.
 
Di dalam dunia blogger pun mengalami kemajuan yang sangat pesat dan selalu bermunculan blogger-blogger baru setiap jam nya. Tetapi, semakin banyaknya dari mereka hanya sedikit yang mampu bertahan dan tetap rajin dalam mengelolah blog atau situs yang mereka buat. Terlebih lagi sekarang dengan ngeblog kita bisa mendapatkan penghasilan, dank arena itu pastinya akan semakin banyak lagi orang-orang yang akan menekuni dunia blogger.
 
Tetapi patut kita sadari bahwa menjadi seorang blogger tidaklah mudah. Pastinya dalam kegiatan kita mengelolah blog atau situs akan sesalu di hadapkan kepada banyak kendala. Sebenarnya kendala-kendala itu bisa di atasi dengan niat dan motivasi pada diri sendiri untuk menjadi seorang admin blog yang professional.
 
Pada dasarnya kendala-kendala yang sering kita alami saat ngeblog diantaranya:

1. Kelemahan Kita Dalam Membuat Tulisan (Artikel)

Menulis adalah hal yang wajib dilakukan bagi seorang blogger. Dengan menulis sama halnya dengan kita menjadi fasilitator bagi para pembaca atau pengunjung blog kita. Seperti pernyataan yang sering di ungkapkan para blogger yang sudah professional “tidak semua orang bisa membuat tulisan yang baik dan enak di baca, dan menulis adalah hal yang paling susah”. Pada dasarnya pernyataan tersebut tidaklah sepenuhnya benar, memang kemampuan menulis setiap orang itu berbeda-beda, tetapi kita bisa melogikannya “sejak kapan mereka bisa menulis tulisan yang bagus?”. Maka, dengan demikian kita bisa menyimpulkan “mereka bisa menulis bagus karena sudah lama menggeluti bidang tulis-menulis” tentu saja berbeda dengan orang yang baru akan mulai membuat tulisan. Jadi pada dasarnya kita akan bisa membuat tulisan yang baik setelah kita melalui proses yang panjang dalam artian belajar membuat tulisan. Dengan kita membuat tulisan-tulisan walaupun itu bisa dikatakan kurang bagus, maka lama-kelamaan seiring kita sudah terbiasa akan memunculkan kemampuan menulis yang sesuai dengan ciri khas diri kita dan memiliki keunikan terhadap tulisan orang. 
 

2. Menurunnya Motivasi dan Hilangnya Kepercayaan Diri

Banyak sekali pemilik-pemilik blog (situs) yang berhenti di tengah-tengah atau bosan karena menurunya motivasi dan hilangnya kepercayaan terhadap diri sendiri. Dalam hal motivasi, memang motivasi manusia tidak selalu bagus dan bisa saja kehilangan motivasi karena faktor-faktor tertentu, misalnya jadi malas posting, tidak menemukan ide untuk menulis, kehabisan topic/kata-kata dan faktor lainnya. Sebaiknya dalam mengelola blog motivasi jangan terlalu menggebu-nggebu atau ingin hasil yang instan, tetapi cobalah untuk menjadikannya sebagai hobi bahkan sebuah rutinitas positif. Dengan demikian rasa bosan tidak akan menghantui. Dalam hal hilangnya kepercayaan diri, ini biasanya sering terjadi karena sudah kerja keras tetapi hanya sia-sia. Misalnya, sudah membuat banyak tulisan tetapi pengunjung masih tetap sepi. Sudah dibahas sebelumnya bahwa dalam ngeblog hasil tidak akan didapat secara instan, melainkan butuh waktu yang lumayan lama. Contohnya saya membuat tulisan, pastinya tulisan itu tidak akan langsung muncul di mesin pencari dan masih membutuhkan waktu untuk muncul atau terindeks mesin pencari.

3. Terlalu Sibuk dan Tidak Sempat Membuat Tulisan

Terlalu sibuk? Memang benar bahwa kita sebagai manusia pasti memiliki banyak kesibukan, misalnya kerja, sekolah, kuliah dan urusan-urusan lainnya. Menurut saya masalah waktu sebenarnya tidaklah menjdai masalah, coba kita bayangkan saja “tidak mungkin dalam 24 jam kita akan sepenuhnya sibuk” pastinya akan ada waktu setidaknya 2-3 jam yang digunakan untuk menganggur. Jadi manfaatkanlah waktu-waktu yang sedikit itu untuk menulis dan membuat artikel guna meningkatkan konten pada blog yang dikelolah. 
 
Tidak ada masalah yang tidak ada jalan keluarnya dan tidak ada kendala yang tidak bisa dilalui oleh seseorang dan itu semua tergantung faktor motivasi diri, dalam hidup apapun yang akan kita lakukan pasti di situ akan ada masalah dan kendala dan kita tidak bisa lari, maka hadapi dan lalui. 
Semoga tulisan saya bermanfaat untuk kalian yang membacanya !

One thought on “Kendala Ketika Menulis Artikel Blog

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *