Cara Melakukan Blogwalking Secara Benar dan Efektif

cara blogwalking blogger


Salam sobat brother, semoga masih tetap sehat dan sehat sentosa untuk selalu membaca artikel terbaru dari blog Destiku ini. Pada kesempatan sebelumnya saya sudah memposting tentang manfaat dari blogwalking. Untuk kali ini saya akan membuat artikel kelanjutan dari postingan sebelumnya yaitu “Cara Melakukan Blogwalking Secara Benar dan Efektif”. 

Blogwalking? Tidak heran sampai sekarang masih menjadi aktivitas yang menjadi alternatif untuk menunjang traffic pengunjung pada blog. Akan tetapi kebanyakan para newbie atau pemula melakukan blogwalking yang salah dan hal tersebut akan menjadi sia-sia dan bahkan akan berdamapak negative terhadap blog mereka. Tidak bisa dipungkiri saya juga pada awalnya masih sering melakukan kesalahan dalam melakukan blogwalking. 

Untuk itu saya akan berbagi pengetahuan kepada para brother mengenai masalah blogwalking ini. Kecenderungan kesalahan dalam blogwalking di antaranya adalah:

1. Melakukan SPAM
spam adalah komentar yang tidak diinginkan, baik tidak diinginkan oleh pemilik blog yang kita komentari atau komentar yang kita buat dianggap Spam terhadap Google. Demi mendapatkan Backlink yang banyak, tidak jarang para blogger membuat komentar yang tidak disukai dan bersifat bertubi-tubi. Perlu diketahui google juga bisa menganggap komentar kita sebagai spam. Misalnya kita berkomentar di blog orang dengan komentar yang sama dengan orang-orang yang sudak berkomentar sebelumnya, bukan tidak mungkin google menganggap komentar kita sebagai spam karena sama dengan komentar-komentar sebelumnya.
 
2. Komentar tidak relevan
Komentar yang kita pubikasikan tidak relevan. Maksudnya adalah komentar yang kita buat tidak seuai dengan isi artikel yang dibuat penulis blog yang kita komentari.

3. Komentar tidak diterbitkan
Akibat komentar yang tidak disukai seperti yang saya jelaskan di atas. Bukan tidak mungkin pemilik blog tidak menerbitkan komentar kita, bahkan bisa dihapus dan dimasukan ke dalam daftar spam komentar dan akan berdampak buruk terhadap blog kita.

Cara Melakukan Blogwalking Secara Benar dan Efektif dapat dilakukan dengan sebagai berikut:

1. Baca Artikel Yang Akan Dikomentari
Sebelum berkomentar usahakan membaca terlebih dahulu artikel yang akan dikomentari. Tujuannya adalah agar kita tahu maksud dan tujuan dari tulisan dan menghindari terjadinya komentar yang tidak sesuai topik (tidak relevan). Mungkin membaca akan menghabiskan banyak waktu brother, tapi usahakanlah untuk membaca terlebih dahulu walaupun cuma sekilas agar bisa menentukan kesimpulan dari artikel sebelum berkomentar.


2. Komentar Harus Relevan
Komentar Relevan adalah komentar yang dipublikasikan dan komentar tersebut sesuai denga topik artikel yang dikomentari. Setelah kita membaca artikel tersebut pastinya kita dapat menarik kesimpulan, lalu barulah kita bisa menuliskan komentar kita. Usahakan membuat komentar yang disukai oleh pemilik blog dan jangan asal-asalan komentar. Hal ini untuk menghindari komentar kita dianggap spam atau dihapus. 


3. Berkomentar Pada Blog yang Memiliki Tema yang Sama
Tujuan dari blogwalking terhadap blog yang memiliki Niche atau tema yang sama dengan blog kita adalah untuk mendapatkan backlink berkualitas dari blog yang bersangkutan dengan harapan pemilik blog merekomendasikan link yang menuju ke blog kita karena memiliki kesamaan Niche/tema. Semakin sering kita mendapatkan backlink tentunya akan membantu blog kita dalam mengejar SERP pada search engine.


4. Berkomentar Pada Blog yang Menyediakan Website Pada Kotak Komentarnya
Ada banyak blog yang pada kotak komentarnya menyuruh agar pengomentar menyertakan websitenya. Dengan kita memasukan website ke komentar otomatis apabila komentar tersebut diterbitkan bisa saja menjadi backlink menuju blog kita. 


5. Mencari Blogger yang Mau Bertukar Link
Dengan bertukar link kepada blogger lain akan membuat blog kita lebih dikenal. Misalnya ada sebuah pemilik blog yang memiliki tema sama dengan blog brother, maka kita bisa mengajaknya untuk saling merekomendasikan link yang menuju ke blog.  

Demikianlah artikel mengenai cara melakukan blogwalking secara benar dan efektif. Mungkin yang saya jelaskan di atas hanya sebatas tips dasar blogwalking, apabila terdapat kekurangan dalam penyampaian artikel ini brother bisa menambahkan kekurangan tersebut pada kotak komentar di bawah.

 

2 thoughts on “Cara Melakukan Blogwalking Secara Benar dan Efektif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *