Pengertian, Fungsi dan Jenis Processor Komputer

processor komputer

Pengertian Processor

Apakah yang dimaksud dengan processor (prosesor)? Prosesor merupakan bagian dari komponen (motherboard) komputer yang bekerja sebagai otak komputer dan menjalankan serangkaian proses dan pengendali kinerja komputer yang mendukung perangkat-perangkat lain di dalam komputer.

Pada processor mempunyai satuan kecepatan, di antaranya Mega Heartz (Mhz) atau Giga Heartz (Ghz), jadi apa bila pada processor komputer mempunyai kecepatan yang tinggi maka komputer akan semakin baik, karena saat melakukan proses kinerja komputer akan menjadi lebih cepat.  

Processor kerap diartikan sebagai Microprocessor yang dimana di dalamnya terdapat bagian-bagian penting seperti ALU (Aritlumatics Logical Unit) yang berfungsi untuk menjalankan secara matematis yang terjadi sesuai yang diperintahkan oleh suatu program, serta CU (Control Unit) yang mempunyai fungsi untik mengatur lalu lintas input dan output komputer, dan MU (Memory Unit) yang berfungsi sebagai alat penyimpanan dengan akses yang tinggi.
 

Fungsi Processor (Prosesor)

Bagian terpenting dari sebuah komponen komputer adalah prosesor. Karena performa dari sebuah komputer sangat dipengaruhi dari kualitas prosesornya. Lalu apa sebenarnya fungsi dari processor? Prosesor adalah bagian kompunen komputer yang memiliki fungsi untuk memproses sebuah data input (data masuk) yang kemudian akan diproses menjadi data output (data keluar). Processor bekerja pada komputer dengan cara terhubung dengan komponen-komponen komputer lainnya, seperti Hard disk Drive (HDD) dan RAM (Random Acess Memory). Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa prosessor merupakan otak dari sebuah komputer, yang dimana semua data masuk (input) akan diproses melewati proseseor sehingga akan menjadi data keluar (output) sesuai dengan yang diinginkan oleh orang yang menggunakan komputer.

Kebanyakan dari pengguna komputer sangat mengidam-idamkan komputer dengan prossesor yang bagus, terutama orang-orang yang sangat suka menggunkan aplikasi yang berat, misalnya seorang gamers, seorang designer grafis dan sebagainya. 
 

Jenis-jenis Processor

Processor mempunyai keberagaman jenis yang tentunya memiliki perbedaan masing-masing, setidaknya ada beberapa jenis processor yang dibuat oleh beberapa perusahaan di antaranya:

1. Processor Intel

Processor intel adalah sebuah produk yang dibuat oleh perusahaan Intel Corporation yaitu perusahaan multi-nasional yang berada di Amerika (USA). Perusahaan ini sangat terkenal karena rancangan microprocessor yang sangat bagus, serta bergerak dalam bidang usaha kartu jaringan, produksi alat Chip dan lain-lain. Produk-produk prossesor buatan Intel Corporation merupakan prossesor kualitas tinggi.
Produk Processor Intel
Processor Pentium
processor komputer
Processor Intel Core i3
processor komputer
Processor Intel Core i5
processor komputer
Processor Intel Core i7
processor komputer
 

2. Processor AMD

AMD adalah salah satu perusahaan yang membuat processor (integrated circuit). AMD adalah singkatan dari Avanced Micro Device, yaitu sebuah perusahaan Microprocessor yang berada di California, Amerika. AMD adalah pesaing utama dari perusahaan Intel yang dimana AMD memiliki tujuan menciptakan harga yang lebih murah untuk sebuah sistem komputer. AMD juga memiliki produk processor yang sangat banyak dan selalu berkembang dari tahun ke tahun. Produk buatan AMD juga kualitasnya tidak kalah dengan produk Buatan Intel, dan keunggulan utama dari AMD adalah dari segi harga. Perusahaan AMD menawarkan harga yang lebih murah.
Produk Processor AMD
Prosesor AMD APU, Liano, Trinity, A4, A6, A8, A10 – Soket FM1, FM2, Athlon
processor komputer
Prosesor AMD : Zambezi, Vishera, Phenom II, Athlon X2,X3,X4 – Soket AM3/AM3+
processor komputer

3. Processor Apple

Apple adalah salah satu perusahaan industry perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software) dan distribusi digital. Perusahaan Apple berdiri sejak 1 april 1976 dan mulai beroperasi 3 januari 1977 yang memiliki kantor pusat di daerah Cupertino, California, Amerika Serikat. Sebenarnya perusahan Apple bergerak pada banyak bidang industry, di antaranya industry komputer, industry telepon pintar (Smart pone) dan Tablet. Yang luar biasa dari Apple belakangan ini adalah produk processor buatan apple mampu bersaing di pasaran dunia dan bahkan mampu mengalahkan pesaingnya. Processor Apple A7 pada Ipone 5S masih menduduki peringkat teratas  dan membuat pesaingnya menjadi panik. 
Produk Processor Apple
processor komputer

4. Processor Cyrix VIA

Cyrix merupakan salah satu perusahaan pembuat microprocessor yang ternama. Perusahaan Cyrix berdiri sejak tahun 1998 dan perusahaan ini bertempat di kota Richardson, Texas. Setelah itu perusahaan Cyrix di akuisisi oleh VIA dan menjadi Cyrix VIA pada tahun 1999. Perusahaan Microprocessor ini juga telah banyak menciptakan produk, diantaranya Cyrix Fasmath, Cyrix 5×86 hingga sampai Processor VIA Nano X2. 
Produk Processor Cyrix VIA 
processor computer
 

5. Processor IBM

IBM adalah kependekan dari International Business Machine yaitu perusahaan yang bergerak pada industry perngkat keras dan perangkat lunak komputer. Persusahaan IMB berkantor pusat di Armonk, New York, Amerika Serikat. Processor buatan IMB di antaranya adalah Processor 8008, Processor 8080 dan masih banyak lagi hingga saat ini produk ke tiga belas buatan IMB adalah Processor IMB Power7. 
Produk Processor IMB (international business machine)
processor komputer
 

6.    Processor IDT

IDC adalah kependekan dari (integrated device Teknology) yaitu adalah perusahaan penghasil CPU dengan harga yang sangat fantastis dan murah. IDT berdiri sejak tahun 1980 di San Jose, Calofornia, Amerika Serikat. Perusahaan ini menciptakan produk processor dengan harga yang sangat murah.
Produk Processor IDT (integrated device tegnology)
processor komputer

untuk pembahasan mengenai prosesor pada artikel ini pastinya sudah sangat lengkap, anda bisa membacanya dan juga bisa melihat gambar-gambar di atas. saya berharap artikel ini bisa berguna dan memiliki manfaat, demikian artikel ini saya buat.
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *