Peluang Budidaya Sayuran Yang Menjanjikan

Peluang Budidaya Sayuran
Sumber Gambar: pusat.baznas.go.id
Prospek Agribisnis Sayuran – Jika kita melihat prospek dan peluang agribisnis sayuran memang sangatlah menjanjikan. Agribisnis adalah suatu usaha bisnis yang bergerang di bidang pertanian dan bidang-bidang yang mendukung pertanian.

 

 
Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan begitu pentingnya sayuran terhadap kehidupan manusia menyepabkan pergerakan pertanian di Indonesia menuju ke arah yang lebih baik. Indonesia adalah Negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia yaitu dengan 250 juta orang dan mayoritas penduduknya bermata pencaharian petani. Dimana kondusi yang demikian ini akan membuka peluang yang sangat besar bagi keberhasilan kegiatan usaha sayur (palawija).
 
Kebanyakan penduduk Indonesia yang menjalankan pertanian di bidang sayur kebanyakan adalah yang berada di daerah dataran tinggi, karena faktor iklim dan cuaca di dataran tinggi lebih mendukung untuk bercocok tanam sayuran. Akan tetapi, hal yang demikian tidak menuntut kemungkinan untuk mengembangkan agribisnis/tani sayuran di dataran rendah, justru faktanya harga jual sayuran di dataran rendah lebih tinggi di bandingkan di dataran tinggi. Maka itu dapat dijadikan sebagai peluang yang menjanjikan untuk mengembangkan budidaya sayuran di dataran rendah. 
 
Biasanya wilayah yang berada di dataran rendah akan mengimpor sayuran dari daerah dataran tinggi, dan permintaan pasar yang selalu meningkat akan kebutuhan sayur. Misalnya harga sawi di wilayah A yang berlokasi di dataran tinggi adalah Rp.2000 dan kemudian Permintaan Sauran jenis sawi di kota B yang berada di dataran rendah Rp.4000, dengan begitu sudah jelas selisih harga pada kedua wilayah yang berbeda. Pertanyaannya adalah? Bagaimana jika anda bisa mengembangkan budidaya sayuran dan bisa menambah stok untuk memenuhi permintaan? Tentunya peluang itu akan sangat terbuja lebar. 
 
Sebagai manusia sayuran merupakan kebutuhan yang sangat dibutuhkan. Setiap orang butuh sayuran untuk memenuhi nutrisi pada tubuhnya. Tidak hanya itu, para pelaku usaha kuliner sangatlah membutuhkan sayuran, supermarket dan sebagainya. Jadi dengan begitu sasaran pemasaran sayuran sudah bisa dilihat dengan jelas bahwa peluang budidaya sayuran sangatlah menjanjikan.
 
Lalu bagaimana langkah untuk menjalankan bisnis tani sayuran? Sebelum anda memulainya sebaiknya anda memperhayikan hal-hal berikut:

 

Jenis sayuran yang akan ditanam
Pertama anda harus menentukan sayuran jenis apa yang akan dibudidayakan, yang harus diperhatikan adalah apakah sayuran memiliki nilai jual yang bisa bersaing, apakah sayuran bisa dikembang-biakan di daerah anda?
Memilih lahan
Selanjutnya adalah lahan, kegiatan usaha tani harus didukung dengan adanya lahan. Lahan bisa berupa lahan lapang atau lahan tani organic dengan menggunakan polybag atau pot.
Memperhatikan waktu penanaman
Waktu penanaman diantaranya adalah memperhatikan iklim dan musim. Karena tidak semua jenis tanaman bisa ditanam pada iklim dan cuaca yang sama.

 

 
Contoh dari usaha budidaya sayur yang bisa dikembangkan misalnya menanam sayur sawi dengan menggunakan pot/polybag. Anda memiliki keterbatasan lahan? Jadi anda bisa mengembangkan pertanian melalui polybag/pot. Seperti Negara-negara maju telah menjalankan teknik pertanian tersebut, dengan lahan yang terbatas bisa mendapatkan hasil yang luar biasa. 
 
Misalnya di Negara Jerman, pertanian di jerman sudah menggunakan teknologi yang canggih seperti home industry dan ternyata orang yang bekerja sebagai seorang petani di Jerman sangatlah di hormati, berbeda sekali dengan Negara kita.

 

Begitulah gambaran peluang bisnis sayuran yang bisa saya jelaskan, anda bisa mencobanya dan anda juga bisa mencari informasi tentang cara perawatan dan pengendalian tanaman untuk menambah pengetahuan. Semoga tulisan ini berguna dan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *