Mengenal Motherboard Pada Komputer

Motherboard Komputer

Bagian nyata dari komputer yang bisa dilihat secara langsung adalah perangkat keras atau juga yang disebut dengan sebutan motherboard. Motherboard merupakan bagian penting yang harus ada pada komputer, yang dimana motherboard adalah perangkat keras yang paling utama dan vital. 

Apa pengertian motherboard? Secara garis besar motherboard dapat diartikan sebagai hardware (perangkat keras). Anda pasti tahu maksudnya, Perangkat keras adalah bagian-bagian komputer yang bisa dilihat secara nyata, dengan motherboard yang dapat mengatur masalah-masalah teknis, misalnya Basic input output system (BIOS), mengatur koneksi input dan output komputer, sebagai memori penyimpanan data sementara (RAM), sebagai memori penyimpanan data grafis (VGA), Prosesor dan card additional dan sebagainya.
  

lalu apa sebenarnya Fungsi Motherboard? 
Motherboard memiliki fungsi utama sebagai pusat penghubung dari satu perangkat keras dengan perangkat keras lain. Dengan kata lain, motherboard berfungsi menggabungkan dan menghubungkan bahasa kode hardware (perangkat keras) untuk disatukan dengan perangkat keras lainnya sehingga bisa dibilang sebagai aktivitas kerja perangkat komputer

Khusus untuk teknisi komputer (orang yang merakit komputer, memperhatikan kelengkapan motherboard sebelum melakukan pembelian. Mengapa harus memperhatikan sebelum membeli? Alasannya karena supaya motherboard yang akan dibeli sesuai dengan standar yang dibutuhkan dan tidak memiliki kekurangan. Yang harus diperhatikan saat melakukan pembelian diantaranya haruslah mencakup hal-hal sebagai berikut: jenis sorket pada prosesor, jumlah frekuensi BUS, Sorket SATA dan PCI, Sorket RAM (Random Acces Memory), dan memperhatikan merek yang tentunya sangat mempengaruhi kualitas motherboard. 


Mengenal Interface  Motherboard pada komputer
1. Socket Processor
Socket merupakan perangkat keras komputer yang menjadi tempat dudukan atau tempat meletakan prosesor pda bagian motherboard. Pada umumnya socket. Pada umumnya socketprosesor  pada motherboard memiliki bentuk segi empat denga memiliki beberapa lubang kecil untuk menyambungkan pin-pin (kaki) prosesor. 

 

2. 4/8 pin power Processor
Yaitu Bagian motherboard yang memiliki fungsi untuk menyalurkan daya pada prosesor. 4/8 pin dapat digunakan  tergantung dari jenis motherboard itu sendiri dan daya yang dibutuhkan oleh prosesor 

3. kipas headsing processor (CPU Fan Connection)
CPU Fan Conection berfungsi untuk menghidupkan kipas pendingin pada processor. 

4. Slot RAM
Yaitu perangkat keras pada Bagian motherboard yang berfungsi untuk meletakan RAM. Terdapat beberapa jenis slot RAM diantaranya SDRAM, DDR, DDR2 , slot DDR3 dan memiliki kapasitas yang berbeda-beda dari setiap Slot RAM.

5. Antarmuka IDE Primer dan Sekunder
Yaitu berfungsi mendukung perangkat IDE, misalnya Hard disk dan CD/DVD drive. 

6. 24 Pin Power connector
Perangkat ini Berfungsi untuk menyalurkan listrik dari power supply ke seluruh bagian motherboard (mengatur arus listrik).

7. Konektor SATA
Serial advanced technology attachment (SATA) merupakan perangkat komputer yang memiliki fungsi mentranfer data dari motherboard serta perangkat penyimpanan data yang sejenis hard disc serta optical drive pada komputer.


8. Sistem Panel Connector
Yaitu berfungsi sebagai connector yang menyambungkan fungsi tombol pada casing, misalnya tombol restar, tombol power, dan lain-lain.

 9. Serial Port connection
Yaitu berfungsi sebagai dudukan atau tempat meletakan pin untuk port usb pada bagian casing (kabel usb).

10. Slot PCI Express
Memiliki fungsi  sebagai alat penambah port usb dan/atau komponen tambahan lainnya.  

11. Slot PCI
Slot PCI merupakan bagian slot tambahan atau bagian external (bagian luar) pada komputer

12. Slot VGA
Slot VGA atau disebut Slot AGP (Accelerated Graphics Port) memiliki fungsi untuk memasang atau meletakan sebuah kartu grafis (VGA Card) yang memungkinkan untuk menjalankan game 3D atau melakukan desain, dengan kata lain slot VGA akan meningkatkan kualitas grafis pada komputer.

13. Baterai CMOS
Baterai CMOS memiliki fungsi menyimpan pengaturan data & waktu. Saat komputer sedang dimatikan (off), maka daya listrik pada komputer akan terhenti. Jadi dengan Baterai CMOS akan membantu memulihkan pengaturan data dan waktu saat komputer dihidupkan kembali. 


Demikianlah pembahasan singkat mengenai pengertian Motherboard, fungsi motherboard dan interface dari motherboard. Semoga bermanfaat. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *