Inilah Peluang Kerja Teknisi Komputer

Teknisi Komputer

Pengertian Teknisi Komputer

Apa itu teknisi? Jika dipahami dari kata-katanya, teknisi diangkat dari kata teknik, yaitu seseorang yang memiliki teknik atau keahlian yang berbeda dengan orang lain dan bisa dibilang adalah professional atau juga ahli teknik komputer.

Lalu apa yang dimaksud dengan teknisi komputer? Secara mudahnya kita bisa mengartikan teknisi komputer adalah seseorang yang ahli di bidang komputer. Keahlian seorang teknisi komputer di antaranya adalah, memahami secara dalam tentang komputer, pemeliharaan komputer, instalasi komputer dan serta paham dengan segala peralatan komputer.

Setidaknya ada empat hal penting yang harus dimiliki seorang teknisi komputer, yaitu bisa memperbaiki komputer, memahami jaringan komputer, infrastruktur dalam komputer dan server komputer. Keempat hal tersebut adalah hal penting yang harus dimiliki seseorang yang bisa dikatakan sebagai teknisi komputer. Keahlian-keahlian (skill) tersebut tentunya memerlukan pembelajaran dan pelatihan sehingga akan menjadi seseorang teknisi menjadi lebih berpengalaman.

apa saja yang harus dikuasai teknisi komputer?

Perbaikan komputer

Seorang teknisi komputer harus bisa memperbaiki komputer! Ini adalah syarat wajib. Untuk bisa memperbaiki komputer tentunya teknisi dituntut paham dan mengerti tentang memperbaiki komputer yang bermasalah atau bisa service komputer.


Memahami jaringan komputer

Jaringan komputer yaitu menghubungkan satu komputer dengan komputer lain dengan bantuan media transmisi atau media komunikasi yang memungkinkan dapat berbagi data antara satu dengan yang lainnya. Jadi, seorang teknisi komputer harus memiliki keahlian dalam mengeloalah dan memasang jaringan. 

Bisa melakukan instalasi komputer

Instalasi komputer adalah memasukan program-program kedalam unit komputer, yang dimana program-program tersebut berupa perangkat lunak. Dengan melakukan instalasi program maka komputer baru akan bisa digunakan dan bisa dimanfaatkan. Jadi seorang teknisi haruslah bisa 

Paham dengan semua peralatan komputer

Seorang teknisi komputer haruslah paham dan mengerti mengenai peralatan komputer. Tidak hanya itu, seorang teknisi komputer harus bisa memasang dan memperbaiki peralatan komputer. 

Memahami ilmu-ilmu lain dalam bidang komputer

Seorang teknisi haruslah memiliki ilmu-ilmu yang dapat mendukung pekerjaannya sebagai teknisi komputer. Misalnya memiliki wawasan yang luas terhadap perkembangan teknologi yang mungkin saja akan membantu pekerjaannya, update dengan teknologi baru, dan ilmu-ilmu lainnya. 

Lalu, Bagaimana Cara Untuk Menjadi Teknisi Komputer?

Belajar Komputer

Seorang teknisi haruslah memiliki keahlian. Skill (keahlian) akan didapat dengan cara belajar secara bersungguh-sungguh. Belajar sendiri secara rutin, mengikuti kursus komputer dan menggali rasa ingin tahu anda tentang komputer. Dengan giat dan sungguh pasti akan memberikan manfaat positif bagi diri anda.

Menambah pengalaman

Dengan pengalaman pasti akan membuat seseorang menjadi lebih mantap, pengalaman bisa didapat dengan cara menghabiskan banyak waktu dalam menggunakan komputer, melakukan sosialisasi dengan cara mengikuti kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan komputer dan melakukan hal yang nyata.

Pendidikan formal komputer

Pendidikan formal komputer diantaranya adalah sekolah, kursus/bimbingan dan universitas. Jadi dengan mengikuti pendidikan formal tentunya akan sangat berguna bagi anda, apa lagi jika anda memang benar-benar serius untuk menekuni bidang teknisi komputer pendidikian formal yang paling baik adalah universitas. Dengan berkuliah pasti anda dapat lebih mendalami dan mendapatkan sertifikat gelar yang tentunya bisa digunakan untuk mendaftar kerja.


Mendapatkan sertifikasi

Sertifikasi adalah hasil dari pendidikian formal yang menyatakan bahwa anda telah memenuhi syarat untuk sebuah tugas anda. Sertifikasi sangatlah berguna bagi anda dan adalah bukti tertulis yang bisa dipertanggung jawabkan.

Lowongan Teknisi Komputer

Peluang kerja teknisi komputer sangatlah luas dan beragam. Jika anda menyenangi komputer terlebih dalam bidang perangkat kerasnya (hardware), anda bisa menjadikan keahlian tersebut untuk mendapatkan penghasilan. Apalagi saat ini kebanyakan orang telah menggunakan komputer dan juga semakin banyak akan permintaan perbaikan, penginstalan, dan pemrograman yang tentunya hanya bisa dilakukan oleh seorang teknisi komputer. 

Tidak hanya itu, semakin berkembangnya teknologi komunikasi dan informasai, saat ini banyak sekali lowongan pekerjaan yang membutuhkan tenaga seorang teknisi komputer, di antaranya:

  1. Perusahan yang dalam operasinya menggunakan komputer, pasti mereka akan selalu membutuhkan yang namanya teknisi komputer.
  2. Instansi pemerintah.
  3. Sekolah dan pendidikan.
  4. Technical Support System (TSS).
  5. Internet Service Provider. 
  6. Perusahaan penginstal jaringan komputer.
  7. Perentalan komputer/warnet.
  8. Dan masih banyak lagi.

 

Berikut Adalah Pekerjaan Teknisi Komputer Dengan Gaji Tertinggi

1. Junior Programmer

Junior programmer adalah orang-orang yang ahli dalam pemrograman dan yang paling dibutuhkan adalah programmer khusus di bidang Java C++ dan Basic visual, untuk programmer web yang sering dibutuhkan diantaranya adalah mereka yang ahli dalam bidang HTML/XML, ASP, PHP, dan lain-lain.

2. System Analyst

system analyst merupakan orang memiliki tugas menganalisis serta mendesain sistem dalam suatu organisasi. Dimana seorang System analyst haruslah menguasai dan ahli dalam bidang system definition, system implementation, hingga ahli dalam menentukan anggaran proyek yang dikerjakannya.

3. Manager Ilmu Teknologi

Seorang teknisi komputer juga bisa menjadi seorang IT manager. Manager ilmu teknologi adalah pekerjaan yang menuntut seseorang ahli komputer untuk menguasai segala sesuatu mengenai system dan aplikasi. 

4. Menjadi Seorang Designer Web dan Designer Graphic

Seorang teknisi komputer bisa bekerja sama denga seorang programmer web. Dimana seorang programmer bisa melakukan rancangan sebuah situs web dari segi desain grafis, dan untuk seorang teknisi komputer bisa membatu perannya.


5. System Administrator/Network Administrator

Seorang system administrator memiliki tugas menjaga keamanan & kontinuitas system jaringan yang digunakan, termasuk hal-hal seperti mengeset komputer agar terhubung ke internet, mengeset e-mail server. Network administrator merupakan orang yang sering ditanyai bila terjadi masalah dalam jaringan.

6. Lainnya

Sebenarnya peluang untuk seorang teknisi komputer sangatlah banyak. Di samping bisa menjadi tenaga kerja di dalam sebuah organisasi, seorang teknisi komputer juga bisa membuat lapangan pekerjaan sendiri. Misal: membuka service komputer, rental komputer, install ulang komputer dan jasa-jasa lainnya. 

4 thoughts on “Inilah Peluang Kerja Teknisi Komputer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *