Cara Membuat Fanspage Di Facebook Terlengkap

Asalamualaikum pengunjung Jouhome Web. . .
Cara Membuat Fanspage Di Facebook Terlengkap – Pada kesempatan sebelumnya saya sudah berbagi artikel tentang bagaimana cara daftar facebook, dan pastinya kalian sudah membaca dan mencobanya. Di hari yang bahagia ini saya akan berbagi artikel tentang cara membuat fanspage di facebook dan juga akan menjelaskan mengenai dasar-dasar fanspage di facebook. Dalam facebook fanspage sering disingkat dengan sebuatan FP dan kata itu lebih terdengar familiar di kalangan pengguna facebook.

Apa itu fanspage?

Fanspage berasal dari karta “fans dan page” yang artinya halaman fans (penggemar). Yaitu adalah sebuah halaman yang dibuat oleh pengguna facebook untuk dapat terhubung dengan pengguna facebook yang lebih banyak. dengan demikian, fanspage memungkinkan pengguna facebook bisa terhubung dengan lebih banyak orang dan tidak terbatas jumlahnya.

Perbedaan Akun Facebook dengan Fanspage?

Jika ditanya apa perbedaan antara facebook dengan fanspage tentulah memiliki banyak sekali perbedaan, Diantaranya:

  • Akun facebook adalah akun pribadi untuk pengguna facebook sedangkan fanspage adalah halaman penggemar untuk pengguna facebook,
  • Facebook terhubung dengan orang lain dengan menjadikannya teman sedangkan fanspage terhubung dengan orang lain apabila orang lain menyukai (like) fanspage tersebut.
  • Facebook berfungsi untuk mengelolah sedangkan fanspage dikelolah oleh facebook,
  • Facebook maksimal hanya bisa menjangkau 5000 orang sedangkan jangkauan fanspage tidak terbatas.
  • Facebook tidak perlu ketelatenan sedangkan fanspage butuh ketelatenan untuk mendapatkan banyak jangkauan.
  • Facebook tidak perlu promosi sedangkan fanspage membutuhkan promosi untuk mendapat banyak likers.

 

Fungsi dari Fanspage

Fanspage (FP) atau halaman facebook memiliki banyak sekali fungsi, diatanya adalah:

Mendapatkan Likers (fans)

Alasan orang membuat fanspage salah satunya adalah untuk mendapatkan likers atau fans. Kasus seperti ini sering sekali terjadi, biasanya pengguna facebook membuat fanspage agar terlihat lebih populer layaknya seorang artis, dan memiliki banyak likers adalah sebuah kebanggan tersendiri bagi pengguna facebook. Contohnya seperti fanspage artis, penyanyi, penulis, tokoh politik dan lain-lain yang mempunyai like hingga jutaan orang.

Membangun sebuah komunitas

Biasanya orang yang memiliki hobi akan membuat fanspage untuk menarik orang-orang yang memiliki hobi yang sama untuk menyukai fanspage. Membangun komunitas untuk dapat terhubung dengan orang-orang yang memiliki hobi yang sama merupakan hal yang menarik, anda bisa dengan mudah mendapatkan teman sehobi dan bisa bertukar pikiran dengan mereka seputar hobi yang anda gemari. Contohnya fanspage komunitas bola, komunitas balap dan lain-lain.

Untuk berbagi informasi

Anda adalah orang yang suka berbagi informasi? Jika iya, anda bisa menggunakan fanspage untuk berbagi informasi dengan pengguna facebook lainnya. Kebanyakan fanspage digunakan oleh para publisher atau blogger untuk membagikan artikel-artikel yang mereka tulis agar lebih banyak dibaca oleh orang.  Contohnya fanspage berita islam, informasi teknologi dan lain-lain.

Untuk membangun bisnis

Fanspage juga bisa digunakan untuk berbinis dan mendapatkan penghasilan. Misal anda memiliki produk yang anda jual kemudian anda bisa memgiklankan (promosi) produk anda dengan menggunakan fanspage. dan juga selain itu fanspage terbukti menjadi tempat paling produktif untuk mempromosikan bisnis jasa atau barang. Contohnya fanspage jual baju online, jual hewan peliharaan online, jasa online dan lain-lain.
Begitulah sekilas mengenai penjelasan singkat tentang fanspage dan pastinya anda sudah lebih paham tentang fanspage setelah membacanya. Selanjutnya adalah tahap pembuatan fanspage, anda bisa mengikuti panduan di bawah ini.

Bagaimana Cara membuat Fanspage?

1. Memiliki akun facebook

Syarat wajib untuk membuat fanspage adalah anda harus memiliki akun facebook terlebi dahulu. Jika anda belum memiliki akun facebook anda bisa membaca panduan tentang Cara Mendaftar Facebook.

2. Membuat fanspage

Kemudian klik buat halaman atau anda bisa langsung mengunjungi link  https://www.facebook.com/pages/create.php

3. Memilih tipe/jenis fanspage

Membuat Fanspage Facebook

 

  • Tempat atau bisnis: adalah fanspage khusus untuk membuat tempat atau sebuah bisnis, misal fanpage hotel, toko buku, layanan dan masih banyak kategori lainnya.
  • Perusahaan, organisasi atau institusi: adalah halaman yang berkaitan tentang perusahan, komunitas, gerakan dan lain-lain.
  • Merek atau produk: adalah jenis fanspage yang akan menjelaskan merek atau sebuah produk.
  • Artis, grup atau tokoh masyarakat, adalah jenis fanspage yang menjelaskan tentang personal dan katekori sejenis.
  • Hiburan: adalah fanspage yang menjelaskan tentang hiburan, misal acara Tv, album, buku dan lain-lain.
  • Gerakan atau komunitas: adalah halaman yang dibuat dengan kategori sesuai keinginan yang membuat, jadi anda bisa membuat kategori sesuai keinginan anda.
  • Setelah anda memilih jenis fanspage sesuai dengan yang diinginkan selanjutnya anda harus mengisi kolom yang keterangan. Misal nama fanspage, alamat, kode pos sesuai dengan kolom yang disediakan lalu klik Memulai.

4. Mengatur pengaturan fanspage

Membuat Fanspage Facebook
  • Mengisi deskripsi fanspage: isi deskripsi sesuai dengan penjelasan tentang halaman yang anda buat, penjelasan bisa berupa profil, visi, misi, peraturan dan sebagainya.
  • Menambahkan alamat web: anda bisa mengisinya dengan URL blog atau sejenisnya, jika tidak ada dikosongkan saja.
  • Mengatur nama pengguna: nama pengguna/url sebaiknya dibuat sesuai dengan nama fanspage agar lebih mudah dicari. jika tidak bisa, tambahkan karakter khusus seperti angka (1,2,3…). dalam membuat nama pengguna/url memang gampang-gampang susah karena mungkin nama pengguna sudah dipakai ileh fanspage lain.

5. Menambahkan Foto Profil

 

Membuat Fanspage Facebook

 

  •  Anda bisa menambahkan foto profil dengan mengunggahnya lewat komputer atau mengimpor foto dari situs web.
  • Jika dari komputer anda bisa klik “unggah dari komputer” kemudian pilih foto pada berkas komputer anda kemudian pilih unggah.
  • Jika import dari situs web anda tinggal memasukan link foto pada sebuah halaman web.
  • Setelah foto diunggah kemudian pilih simpan foto.

6. Menambahkan ke favorit

Membuat Fanspage Facebook

 

  •  Jika fanspage ditambahkan ke favorit, maka fanspage akan terlihat pada bagian beranda facebook anda dan memungkinkan anda dapat masuk ke fanspage dengan cepat.
  • Jika tidak, anda bisa pilih Lewati.

7. Pengaturan Pemirsa

 

Membuat Fanspage Facebook
  • Pemirsa adalah siapa saja yang bisa melihat fanspage anda.
  • Anda bisa mengatur pemirsa fanspage anda sesuai keinginan anda.
  • Jika tidak, pilih Lewati

8. Tahap Akhir pembuatan Fanspage

Membuat Fanspage Facebook
Setelah anda sudah mengikuti langkah-langkah di atas berarti fanspage anda sudah selesai dibuat dan langkah selanjutnya adalah pengembangan fanspage anda.
  • Tambahkan foto sampul: anda bisa menambahkan foto sampul pada halaman fanspage anda agar lebih terlihat menarik.
  • anda bisa memulai membuat postingan.
  • anda bisa mulai mengundang teman untuk menyukai halaman anda.
  • anda bisa memulai mempromosikan halaman anda agar lebih dijanggau oleh banyak orang.

 

Begitulah Cara Membuat Fanspage Di Facebook Terlengkap, anda bisa mengikuti panduan di atas. mungkinhanya ini yang dapat saya sampaikan pada artikel kali ini, apabila terdapat kesalahan dalam kata-kata ataupun penulisan kata-kata yang kurang pas saya mohon maaf sebesar-besarnya.
semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi pembaca.
Asalamualaikum

2 thoughts on “Cara Membuat Fanspage Di Facebook Terlengkap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *