Pentingnya Melakukan Riset Keywords (Kata kunci) dalam SEO

Kata kunci dalam SEO
Dengan menentukan kata kunci yang tepat anda akan lebih banyak mendapatkan lebih banyak pengunjung atau lalu lintas pada mesin pencari dan optimasi website/blog dengan kata kunci (keywords) akan membantu menaikan peringkat blog anda lebih cepat. Ketika seseorang blogger dihadapkan untuk melakukan SEO, kata kunci adalah hal yang paling utama untuk dipelajari.
Pastinya terkadang muncul pertanyaan “mengapa sangat sulit sekali untuk berada pada halaman pertama mesin pencari”. Alasan yang paling masuk akal karena beberapa posting yang anda buat tidak atau kurang memiliki kata kunci yang mendukung. Karena pada dasarnya postingan yang berada pada halaman depan mesin pencari adalah postingan dengan kata kunci yang sangat dicari oleh pengguna secara global atau kata kunci yang umun dan paling banyak dicari oleh user. Akan tetapi hal yang harus anda pikirkan adalah bahwa saat ini akibat Algoritma mesin pencari yang berubah telah merubah cara pandang para blogger dalam melakukan Optimasi mesin pencari.
Kata kunci sangatlah menentukan peringkat konten, apa yang saya maksud dengan peringkat? Dalam konteks ini, itu berarti peringkat untuk kata kunci tertentu. Jadi sebagai penulis blog anda sebaiknya harus memahami bagaimana cara menargetkan kata kunci untuk postingan yang anda buat dan juga tidak lupa untuk memahami bagian yang paling mendasar dalam melakukan SEO. Anda harus mengetahui istilah-istilah berikut sebelum menentukan kata kunci. Pertama, Short Tail Keywords: kata kunci singkat yang terdiri dari 1-3 kata. misalnya: Cara membuat email, email professional. Kedua, Long Tail Keywords: Kata kunci yang lebih spesifik yang bisa terdiri dari tiga kata atau atau lebih. misalnya: Bagaimana  Cara membuat email, Cara mendapatkan email professional. Kata-kata yang memenuhi syarat sebagai kata kunci ketika memiliki sejumlah besar pencarian (volume Search) atau paling sering dicari dalam waktu satu bulan.
Long Tail Keywords  (kata kunci ekor panjang) lebih menguntungkan karena akan lebih memiliki kesempatan besar untuk diklik oleh pengunjung. Misalnya saja kata kunci yang pendek “membuat email” dengan kata kunci berekor panjang “cara membuat email terbaru”. Pastinya para pengunjung akan lebih memilih untuk mengklik kata kunci yang lebih panjang karena alas an lebih spesifik dan detail.

Apakah Kata Kunci Penting Dalam SEO?

Ketika kita melakuakan optimasi SEO pada posting atau halaman web, tentu kita memiliki pilihan yang bebas untuk menentukan kata kunci yang tertarget. Pada tahun 2012 menentukan kata kunci dengan meta keywords merupakan cara yang paling ampuh untuk memenangkan persaingan kata kunci. Akan tetapi saat ini 2016 meta keyword sudah hampir tidak dipakai lagi atau sudah tidak berguna. Akibat pembaruan algoritma, mesin pencari telah berubah menjadi lebih pintar untuk mendeteksi kata kunci dan peringkat halaman web secara otomatis.
Saat ini google sudah tidak menganggap meta keywords ketika memilih kata kunci, mungkin hal ini terjadi karena banyak sekali blogger-blogger yang menulis artikel atau posting dan kemudian menambahkan meta keywords yang berlebihan. Jadi kesimpulannya saat ini mesin pencari jauh lebih pintar dalam mendeteksi kata kunci.

Bagaimana Melakukan riset kata kunci?

Riset kata kunci adalah proses menemukan kata kunci yang tepat dalam niche Anda. Langkah ini penting jika Anda ingin lebih membangun blog anda dengan lebih cepat. Banyak sekali cara yang bisa digunakan untuk melakukan riset kata kunci. Cara yang paling sederhana dan paling mudah untuk menentukan kata kunci adalah dengan  menggunakan Google pencarian, Bing Webmaster, Google Adwords Keywors Planner dan masih banyak cara lain.
Riset kata kunci dengan Google Search
  • Kunjungi Google Pencarian.
  • Kemudian tuliskan kata kunci yang ingin anda cari.
  • Kemudian Google akan menyarankan kata kunci dalam pencarian seperti gambar di bawah ini.
    Kata kunci dalam SEO

 

Selanjutnya anda bisa memilih dan mengombinasikan kata kunci yang anda inginkan.
Selanjutnya setelah itu mengatur kepadatan kata kunci dan penempatan kata kunci. Kepadatan kata kunci adalah topik yang kompleks. Tergantung pada kata kunci target, (ekor panjang atau ekor pendek), Anda mempertahankan persentase tertentu kepadatan kata kunci. Ketika bots merayapi halaman Anda, mereka dapat menentukan dari kepadatan kata kunci.
Kesimpulannya bahwa kata kunci memiliki peran penting dalam SEO, dimana dengan kata kunci sebuah postingan akan dapat bersaing pada mesin pencari. Pada postingan ini saya hanya sedikit menjelaskan mengenai cara menentukan dan melakukan riset kata kunci. Fokus saya pada artikel kali ini adalah bagaimana anda memahami tentang kata kunci dalam seo. Sebenarnya banyak sekali cara untuk riset kata kunci di antaranya adalah riset kata kunci dengan BING webmaster, Riset kata kunci dengan Google Adwords Keywords Planner dan Banyak Sekali Tools-tools yang bisa digunakan untuk itu.
Oke demikian artikel ini saya tulis, apabila anda menyukai artikel ini anda boleh membagikannya dan juga jangan lupa di Like. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *