Mengupas Secara Mendalam Mengenai Backlink Terhadap Blog

backlink
 Apa Backlink? Backlink secara bahasa terdiri dari dua kata yaitu “Back” yang artinya “Kembali” dan “Link” yang artinya “tautan yang apabila diklik akan membawa user (pengguna internet) menuju ke sebuah halaman web lain”. Sednangkan secara istilah backlink adalah berupa link (tautan) yang diberikan sebuah website/situs/blog dan link tersebut mengarah ke halaman web lain. Sebagai contoh, misalnya anda mempunyai sebuah website dan anda memiliki teman yang memiliki sebuah website pula, lalu teman anda tersebut memasang link di websitenya yang kemudian link tersebut apabila diklik akan mengarah ke website anda. Dan kemudian itulah yang dinamakan backlink atau link kembali ke website anda.
 
Sebuah website dianggap memiliki popularitas apabila memiliki jumlah backlink dalam jumlah yang banyak. Setiap website professional tentunya website/blog yang sudah mempunyai banyak backlink akan dengan mudah menduduki peringkat teratas pada pencarian mesin pencari (search engine). Akan tetapi mendapatkan backlink bukanlah perkara yang mudah, perlu dengan kesabaran dan usaha keras demi mendapatkannya. Tidak jarang dari para blogger yang berusaha mendapatkan backlink secara instan/cepat malah berdampak buruk dan fatal terhadap perkembangan website/blog. Jadi pada dasarnya backlink sangat berguna untuk mempertahankan eksistensi (keberadaan) sebuah blog/web pada search engine. Istilah Search Engine Optimization (SEO) adalah sebuah teknik yang digunakan para pengeloalah web untuk lebih dikenal oleh mesin pencari. SEO sangat bertalian erat dengan backlink, bahwa sudah dijelaskan di atas semakin banyak jumlah backlink maka akan semakin baik di mata mesin pencari.
 
Manfaat dari backlink adalah dapat meningkatkan Page Rank blog/website, situs yang memiliki banyak backlink akan lebih populer dan terkesan professional dan tentunya akan dapat bersaing pada mesin pencari. Dengan begitu, manfaat dari backlink akan mendapatkan hasil yang menakjubkan untuk meningkatkan traffic pengunjung yang dimana tujuan utama dari sebuah website adalah untuk mendapatkan banyak pengunjung.
 

Berikut Adalah Macam-macam Backlink

  1. DoFollow Backlink, adalah backlink yang berasal dari website atau blog yang mengijinkan orang berkomentar Link aktif yang kemungkinan akan menjadi backlink. Cara mendapatkan backling dofollow tidak begitu sulit, tapi anda harus berhati-hati dan sabar dalam membangung backlink dofollow.
  2. One Way Backlink atau dikenal dengan backlink satu arah, yaitu backlink yang diperoleh dari sesama blogger yang saling bertukar link satu sama lain.
  3. Social Bookmark, yaitu sebuah situs yang bisa menghasilkan backlink yang sangat berkualitas. Dimana merupakan tempat paling baik untuk menanam link yang nantinya akan menjadi backlink ke situs anda. jika anda ingin mencobacanya anda bisa melihat daftar situs social bookmark.
  4. Website Hight PR, yaitu backlink yang berasal dari website yang memiliki Page Rank tinggi atau website populer. Dengan adanya backlink dari website ber PR tinggi pastinya akan mendongkrak blog yang terkait.
  5. Web Directory backlink, yaitu adalah web yang memiliki PR tinggi seperti yang dijelaskan pada nomor 4.
  6. Blog Comment, yaitu backlink yang didapat dari aktivitas berkomentar dengan sesama blogger. 
  7. Link Profile, yaitu backlink yang berasal dari sebuah profil akun. Misalnya anda memasang alamat website pada profil media sosial seperti facebook, twitter, google plus dan sebagainya.
  8. Contextual Backlink, yaitu backlink yang penempatan linknya terdapat dalam bentuk artikel atau postingan yang biasanya terdapat dihalam body dari kode HTML. 
  9. Footer Backlink, yaitu backlink yang dipasang pada bagian footer template. Tentunya backlink dalam jenis ini sudah sering anda lihat, misalnya apabila anda mendownload sebuah template akan terdapat credit link di bagian footer yang akan mengarah ke situs si pembuat template. 
  10. Guestpost Backlink, yaitu link yang ditanam pada sebuah website atas fasilitas yang ada pada website tersebut agar pengunjung melakukan post sebuah artikel. Jadi backlink yang diperoleh berasal dari posting yang dibuat pengunjung pada guestpost website tersebut.
  11. Social Media Backlink, yaitu backlink yang berasal dari media sosial, misalnya anda membagikan artikel ke sosial media yang dimana akan bisa dilihat oleh pengguna media sosial lainnya.
  12. Image Sharing Backlink, yaitu backlink yang berasal dari sebuah gambar. Kasus ini pastinya sering anda jumpai. Misalnya anda sedang melakukan pencarian gambar di google dan kemudian anda membuka gambar yang bisa membawa anda menuju halaman web yang memosting gambar tersebut.

 

 
Oke, pastinya setelah anda membaca artikel ini tentunya anda sudah paham mengenai pengertian dari backlink, manfaat dari backlink dan macam-macam backlink. Sekian dulu artikel dari saya, semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *