Mengganti Template Blog Dengan File Download

Sebelum anda memulai mengganti template pada blog anda, sebaiknya terlebih dahulu anda memahami tujuan dari mengganti template blog itu sendiri. Kenapa harus mengganti template? Tujuan dari mengganti template adalah supaya blog lebih terlihat rapi dan terlihat professional. Akan tetapi, perlu anda ketahui bahwa tujuan yang paling utama mengganti template adalah untuk optimasi SEO agar blog lebih responsive. Blog yang responsive tentunya akan lebih disukai mesin pencari dan tentunya juga akan memudahkan pengunjung yang datang ke blog anda. Template yang responsive adalah template yang mendukung untuk dibuka melalui apapun, yaitu bisa dibuka lewat desktop, tablet, handpone dan sebagainya.
Sebelum anda mengganti template blog setidaknya anda harus sedikit memahami mengenai kode-kode HTML, karena hal ini sangat penting dan wajib anda kuasai agar bisa memodifikasi template sesuai dengan yang diinginkan. Oke langsung saja kita bahas bagaimana cara mengganti template blog.

Cara mengganti template blog

  1. Pastikan anda sudah memiliki file template yang ingin anda pasang, biasanya file template memiliki format .xml.
  2. Jika anda belum memiliki file template, anda bisa mencari dan mendownloadnya di google dengan menuliskan kata kunci “download template blog” atau anda bisa mendownloadnya di situs Btemplates.com atau Arlina Design.
  3. Kemudian Login ke Blogger.
  4. Setelah itu masuk ke Dashboard blog lalu pilih Template.
    Mengganti Template Blog
  5. Biasakan lakukan Backup template anda sebelum menggantinya. caranya: klik Cadangkan/pulihkan lalu unduh template anda.
    Mengganti Template BlogMengganti Template Blog
  6. Setelah itu untuk mengganti template Pilih File lalu pilih Upload.
    Mengganti Template Blog
  7. Setelah proses Upload selesai. Berarti template sudah berhasil diganti.

 

Perhatian:
  • Biasakan membackup template anda sebelum menggantinya, karena untuk berjaga-jaga apabila template yang baru tidak sesuai dan kemudian anda masih bisa menggantinya kembali dengan template yang telah di backup.
  • Setelah mengganti template sebaiknya anda mengatur HTML pada template dan disesuaikan agar template lebih optimal.

 

Mengganti template blog memanglah tidak sulit. Akan tetapi saya sarankan bagi anda agar lebih memahami pemrograman terutama HTML, Script, CSS dan sejenisnya agar anda dapat dengan mudah mengatur template blog anda.

Artikel Terkait

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *