Cara Backup Artikel dan Komentar Pada Blog

Cara Backup Artikel dan Komentar Pada Blog – Blogspot atau yang biasa dikenal Blogger merupakan salah satu platform blogging gratis, akan tetapi Blogspot memiliki banyak keterbatasan yang tentunya memiliki fasilitas yang berbeda dibandingkan dengan platform blogging yang berbayar. Salah satu keterbatasan tersebuat adalah dimana blogger dikendalikan oleh google dan google memiliki hak terhadap blog-blog yang berflatform blogger. Kemungkinan Google bisa memblokir atau menghapus blog anda, hal ini biasanya terjadi ketika blog digunakan untuk Spamming atau kegiatan-kegiatan yang melanggar peraturan google (Blogspot TOS).
Salah satu yang dapat anda lakukan untuk mengantisipasi hal yang dikawatirkan terjadi adalah dengan mengambil cadangan atau backup Blog anda secara periodik. Dengan membackup blog anda, apabila pada suatu saat terjadi sesuatu yang tidak beres atau hingga blog anda dihapus, anda masih memiliki data posting dan komentar pada blog anda.
Perlu diingat bahwa tujuan membackup data blog memiliki dua tujuan utama, pertama,  jika kemungkinan blog anda dihapus maka anda masih masih memiliki kemungkinan untuk memulihkan blog anda. Kedua, apabila anda dalam mengelolah blog anda lalu membuat kesalahan maka anda dapat dengan mudah memulihkannya dengan mengupload file backup blog anda.

Berikut adalah cara Backup Data Blog Anda:

Backup Artikel dan Komentar
  1. Login ke Blogger.com
  2. Pilih Blog yang akan anda Bacakup atau Cadangkan.
  3. Kemudian Pilih Setelan lalu pilih Lainnya.
  4. Kemudian Pilih Cadangkan (Backup) konten Blog.
  5. Lalu file Backup berupa format Xml akan didownload dan tersimpan.
Proses Backup data blog telah selesai. Selanjutnya apabila anda ingin mengembalikan data tersebut anda tinggal mengimportnya kembali ke blog dengan cara yang tidak jauh berbeda. Caranya dengan klik impor konten, kemudian pilih file yang sudah tersimpan sebelumnya lalu klik Upload.
Sebaiknya anda menyimpan file backup blog anda di Google Drive atau di Dpropbox sehingga anda dapat dengan mudah mengaksesnya kapanpun. Dan juga agar data/ file lebih aman, karena apabila anda menyimpannya dalam PC/laptop bukan tidak mungkin file/data backup bisa saja terhapus.

2 thoughts on “Cara Backup Artikel dan Komentar Pada Blog

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *