16 Teknik SEO Dasar (SEO On Page)

SEO on Page

 

Anda adalah seorang blogger? Anda ingin tulisan di blog anda banyak di baca oleh pengunjung?

Sudah pasti sebagai penulis blog anda ingin agar blog anda populer dan memiliki banyak pengunjung.

Tapi sudahkah anda melakukan optimasi SEO? Jika belum anda wajib membaca artikel ini. Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan tentang teknik SEO dasar bagi seorang blogger dan teknik seo dasar ini biasa dikenal dengan istilah SEO On Page, yaitu teknik SEO yang dilakukan di dalam blog itu sendiri, terutama pada saat membuat konten atau tulisan.

Apakah anda belum tahu apa itu SEO? SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization, yaitu dimana seorang blogger melakukan optimasi demi mendapatkan peringkat tertinggi pada mesin pencari (SERP). Secara umum SEO di bagi menjadi dua, yaitu SEO On Page dan SEO off Page.

Akan tetapi pada artikel ini saya hanya akan menjelaskan mengenai SEO On Page (teknik SEO dari dalam blog) karena teknik ini sangat wajib dikuasai oleh setiap blogger atau disebut dengan teknik dasar. Seperti layaknya sekolah, dalam memajukan sebuah blog haruslah melalui tahapan atau kelas-kelas sesuai tingkatan dan tidak mungkin seseorang belajar langsung dari tingkat tertinggi. untuk itu, setiap blogger memiliki tujuan mendapatkan page rank yang tinggi di mata google.

Cara Melakukan Teknik SEO dasar (SEO On Page)

Teknik Seo On page dilakukan pada dua bagian penting di dalam blog. Bagian pertama adalah pada pengaturan setelan, template dan bagian lainnya. Bagian kedua adalah dilakukan pada saat membuat postingan.

Tahap Pertama, Menyesuaikan struktur pembantu pada blog:

1. Memasang Meta Tag
Meta Tag adalah kumpulan dari kode HTML. Untuk itu anda sebaiknya mempelajari terlebih dahulu tentang coding yang digunakan pada blog. Anda bisa mengatur meta tag dengan mengklik menu Template => lalu pilih mode HTML.
Meta tag biasanya diletakan di kepala halaman yaitu tepat di bawah kode <head> dan sebelum kode </head> .
Meta Tag berguna untuk memberikan informasi tentang blog anda kepada mesin pencari.
pemasangan meta tag setidaknya seperti gambar di bawah

meta tag

2. Mengaktifkan Deskripsi Penelusuran (Meta Deskripsi)
Deskripsi penelururan ini berguna untuk menjelaskan mengenai konten yang dimuat pada blog anda. Cara mengaturnya adalah Masuk ke Dashboard blogger => pilih Setelan => pilih Preferensi Penelusuran => lalu buat deskripsi blog anda secara ringkas dan akurat.
Perlu diingat bahwa deskripsi penelusuran berbeda dengan deskripsi blog pada pengaturan Setelan umum. Jika deskripsi blog pada setelan umum belum tentu terindeks mesin pencari, sedangkan deskripsi pada mesin pencari akan diindeks mesin pencari.

meta deskripsi

3. Menggunakan Meta Keywords dan meta description
Meta keyword adalah bagaimana anda meletakan kata kunci yang ditargetkan blog anda  sedangkan meta description adalah deskripsi yang akan memjelaskan gambaran blog secara singkat. Kode meta bisa di letakan pada HTML template, Tepat di bawah kode <Body> dan juga merupakan bagian dari meta tag. Meta keyword dan deskripsi ini penempatannya sama dengan Meta tag, karena bagian dari meta tag itu sendiri.

4. Mengaktifkan Robot tag
Yaitu tag robot berguna untuk memberitahu mesin pencari mengenai halaman yang diblohkan untuk diindeks dan memberitahu halaman yang tidak boleh diindek. Dengan kata lain, menggunaka tag robot akan mencegah terjadinya duplikat konten pada blog anda.  Duplikat konten sangatlah berpengaruh terhadap peringkat blog pada mesin pencari, jadi semakin sedikit persentase duplikat konten pada blog maka akan lebih baik dan sebaliknya.
Lalu bagaimana cara mengetahui duplicate konten pada blog? Anda bisa mengetahuinya dengan menggunakan tools siteliner.

tag robot

5. Kecepatan loading blog
Kecepatan loading sebuah blog kemungkinan akan mempengaruhi SEO on page. Google telah menyebutkan kecepatan blog sangatlah berpengaruh terhadap SEO. Akan tetapi tidak hanya demikian, dengan kecepatan loading blog yang bagus tentunya akan lebih memudahkan pengunjung untuk lebih menjelahi blog anda. anda bisa mempercepat loading blog dengan mengcompress gambar pada postingan.
Dari segi penggunaan data juga akan lebih diuntungkan karena membuka blog yang proses loadingnya cepat tidak akan terlalu banyak menghabiskan data internet.
Akan tetapi kenapa ada blog dengan loading yang lambat bisa berada pada peringkat tertinggi mesin pencari? Mungkin alas an yang masuk akal adalah kualitas konten itu sendiri, tidak peduli seberapa lama proses loading blog jika kontennya berkualitas pasti akan ramai didatangi pengunjung. Jadi kesimpulannya adalah content is the king.

loading blog


6. Domain Blog
Domain adalah sebuah nama yang memiliki fungsi unik yang berguna untuk mengidentifikasi nama server baik nama server computer, web, jaringan dan internet. Search engine akan menganggap sebuah nama domain sebagai alat ukur untuk mengkatagorikan sebuah blog atau website. Google mengelompokan domain ke dalam banyak bagian, contohnya .com (untuk komersil), .org (untuk sebuah organisasi), .id (domain berdasarkan Negara) dan masih banyak lagi.
Dengan domain mesin pencari akan lebih mudah mengkategorikan blog, dengan begitu blog akan mendapatkan label di mata search engine.
Lalu apa pengaruh domain terhadap SEO? Pengaruhnya sudah jelas, apabila anda menggunakan nama domain maka mesin pencari akan dengan mudah mengidentifikasi blog anda serta blog akan lebih memiliki nilai tambah dari segi Niche.

Tahap Kedua, Optimasi pada Artikel

1. Optomasi Pada Judul Posting
Faktor SEO  On page yang paling penting dan benar-benar memiliki peran besar dalam menentukan apakah posting yang dibuat mampu bersaing dan memiliki peringkat tertinggi pada mesin pencari, dengan kata lain optimasi judul supaya postingan bisa berada pada halaman pertama mesin pencari.
Bagaimana membuat judul posting yang baik? Judul yang paling baik adalah judul yang memiliki keyword atau kata kunci yang paling dicari dan panjang judul kurang dari 65 karakter. Yang terpenting dalam pemberian judul posting adalah anda harus memastikan bahwa kata kunci yang anda targetkan sudah benar-benar sesuai, hal ini akan berdampak baik pada mesin pencari google, yahoo dan Bing.

2. Optimasi  pada URL
URL adalah alamat yang akan mengarah pada artikel atau konten yang dibuat. Pada saat anda membuat artikel di blog tentu anda akan diminta untuk memasukan URL yang akan mengarah pada artikel anda. Di dalam blogspot biasanya URL di atur secara otomatis berdasarkan judul artikel yang dibuat. Lalu bagaimana cara melakukan optimasi pada URL? Caranya dengan melakukan penyetelan URL secara manual dengan memilih atur secara manual. Usahakan URL jangan terlalu panjang  dan URL yang digunakan sebaiknya adalah kata kunci dari artikel anda. Contohnya pada artikel ini yang berjudul “16 Teknik SEO Dasar (SEO On Page) Adalah Wajib”, jadi anda bisa membuat URL seperti “teknik-dasar-seo-on-page”. Kesimpulannya adalah gunakan alamat (URL) yang ringkas dan mengandung kata kunci.

3. Menggunakan Heading pada tulisan anda
Heading adalah kepala (head), maksudnya adalah menentukan kepala pada tulisan anda. Pada saat membuat konten/tulisan heading terdiri atas empat tingkatan, yaitu heading (H1), sub-heading(H2), minor heading(H3 dan normal. Jika anda bingung anda bisa melogikakan heading layaknya sebuah tulisan pada buku. Pada buku tentunya ada Judul besar (anggap Saja Heading), Sub Judul (subheading) dan judul pelengkap (minor heading). Nah pasti anda sudah paham kan? Lalu bagaimana cara menggunakannya, cara menggunakannya anda tinggal memilih judul-judul pada artikel anda untuk di jadikan judul besar dan sub-judul sesuai dengan tingkatan yang dijelaskan di atas. Perlu di ingat, biasanya heading secara otomatis adalah judul postingan yang dibuat, jadi anda tinggal memasang sub-heading dan minor heading saja.

4. Penempatan Keyword
Anda harus menjaga kepadatan kata kunci untuk mencapai 1,5% persen dengan campuran kata kunci yang sudah anda kumpulkan. Gunakan kata kunci turunan dari kata kunci yang anda targetkan atau biasa dikenal dengan LSI (Latent Sematic Index). Perlu digaris bawahi bahwa sebaiknya anda mencari terlebih dahulu kata kunci yang paling dicari tentang posting yang akan anda tulis, baru kemudian mulai membuat tulisan. Anda bisa menggunakan adwords keyword planner untuk mencari kata kunci anda atau bisa menggunakan Bing Webmaster.
Anda harus menggunakan kata kunci utama Anda sekali dalam paragraf pertama dan kemudian di paragraf terakhir terpisah dari penggunaan biasa dalam isi posting blog. Anda harus menggunakan bold, italic dan underline untuk menyorot kata kunci dan kata-kata yang dianggap penting dalam posting blog Anda. Baca Pentingnya Melakukan Riset Keywords .

5. Optimasi SEO Gambar
Optimasi pada gambar akan membantu dalam mengarahkan lalu lintas ke blog anda melalui pencarian gambar. Optimasi gambar bisa dilakukan dengan menambahkan Alt teks dan Alt judul pada gambar postingan yang dibuat dan anda perlu menambahkannya dengan kata kunci. Kata kunci pada alt teks dalam gambar dan judul gambar akan membuat postingan anda lebih fokus dan terarah. Cobalah untuk menambah beberapa gambar pada posting anda, serta anda harus menyertakan kata kunci yang ditargetkan pada nama gambar. Logikanya kata kunci yang tertarget akan membuat gambar anda berada paling atas pada mesin pencarian dengan kata kunci tersebut, jadi dengan demikian akan memungkinkan orang untuk mengunjungi blog anda.

6. Internal Link (Interlinking)
Anda bisa menambahkan beberapa link postin terkait ke dalam postingan yang anda buat untuk membantu dan memudahkan pembaca. Dengan internal link akan memungkinkan pembaca atau pengunjung untuk menghabiskan waktu yang lama di dalam blog yang akan memperkecil tingkat bouncing blog anda.  Tapi Anda tidak harus berlebihan dalam memasukan internal link ke posting, masukan link yang memang benar-benar relevan dan terkait dengan posting yang anda buat. Sementara menghubungkan ke halaman blog Anda sendiri, Anda harus menggunakan kata kunci kaya jangkar teks sebagai yang akan membantu dapat tampil lebih baik di Google dan mesin pencari lainnya untuk jangkar teks yang ditargetkan mereka

7. Eksternal Link (Outbound Link)
Terlepas dari menghubungkan ke posting blog Anda sendiri, anda juga bisa memasukan link-link eksternal (outbound link) dari blog atau situs lain dengan tujuan akan memudahkan pembaca blog anda menemukan informasi lebih lanjut dan relevan tentang topic yang sedang anda sampaikan. Sementara anda menghubungkan postingan ke situs lain, sebaiknya anda juga harus memperhatikan bahwa situs-situs yang anda rekomendasikan benar-benar terpercaya dan relevan.
Dengan begitu laba-laba mesin pencari akan mencrawl blog anda dan situs yang anda cantumkan pada posting anda yang mungkin akan meningkatkan peringkat blog anda.
Untuk lebih rinci dan lengkap anda bisa membaca artikel tentang Outbound Link (link Eksternal)

8. Optimasi Label
Memberikan Label atau kategori pada posting yang dibuat adalah salah satu cara SEO yang jitu. Dengan meletakan label maka mesin pencari akan dengan mudah memahami tentang navigasi pada blog anda. Artikel anda juga akan dikelompokan berdasarkan label yang anda buat.
Dari segi pembaca, label akan membantu pembaca untuk mencari artikel yang dibutuhkan di blog anda dengan lebih mudah, serta artikel atau posting yang anda buat akan ditampilkan berdasarkan label pada bagian Related Post (artikel terkait).

9. Kata kunci Berekor Panajang
Kata kunci berekor panjang atau Long Tail Keyword merupakan kata kunci turunan dari Short Tail Keyword (kata kunci ekor pendek).
Pada saat membuat posting, kata kunci yang anda targetkan bisa dibilang adalah kata kunci berekor pendek (Short Tail Keyword), jadi yang dimaksut kata kunci ekor panjang adalah sebuah bentuk dari pengembangan kata kunci ekor pendek itu sendiri.
Kenapa hal ini perlu? Alasannya dengan menggunakan Long Tail Keyword konten yang anda buat akan mampu bersaing dengan blog yang sudah lebih dulu populer dengan kata lain anda berusaha untuk menciptakan kata kunci baru dan mempopulerkannya.
Contohnya: saya membuat posting tentang “SEO on page
Dengan kata kunci di atas memang sudah bagus, tapi pasti posting yang saya buat akan kalah telak dengan blog-blog yang lebih berumur.
Jadi saya menambahkan kata kunci berekor pada postingan saya menjadi “16 Teknik SEO Dasar (SEO On Page) Adalah Wajib”.
Jadi kesimpulannya adalah bagaimana cara anda untuk melakukan kombinasi dengan kata kunci yang anda targetkan.

10. Bahasa Konten
Usahakan saat membuat postingan anda menggunakan bahasa yang baik dan disukai oleh pembaca. Anda juga harus menulis konten menarik dalam posting Anda dan harus membimping pembaca menuju  kata kunci yang ditargetkan posting itu. Bahasa yang baik akan membuat pembaca lebih mudah untuk memahami apa yang disampaikan.
Sedikit tips bagi anda, berbahasa lah seolah-olah anda tidak menggurui mereka dan buatlah mereka benar-benar nyaman dan yakin dengan apa yang anda sampaikan dengan membuat konten yang dibahas secara rinci dan detail. Menurut Ryan Bidullph “fokuskan pada tulisan panjang tulisan 1.000 kata atau lebih dalam sehari. Ngelog dari hati dan dapatkan yang benar-benar nyata”.
Ungkapan tersebut adalah bagaimana dia menyarankan agar seorang blogger membuat konten yang benar-benar berasal dari hati.

Catatan Penting Ketika Melakukan SEO On Page Pada Postingan

  • Kata Kunci di Judul
  • Kata kunci URL (alamat)
  • Kata kunci di paragraf pertama
  • Kata kunci dalam Gambar tag Alt
  • Gunakan Keyword di H2 atau H3
  • Bold Kata Kunci Penting dan kata kunci yang terkait
  • Gunakan Teks Miring untuk kata kunci yang dianggap penting
  • Gunakan eksternal link  ke situs  yang relevan
  • Internal link ke artikel terkait
  • Tambahkan multi-media (Video, Slides, Inforgraphic)
  • Lagi panjang konten yaik baik adalah Minimum: 700 kata
  • Optimalkan gambar sebelum medigunakan dengan di Compress.
  • waktu loading halaman
  • sebaiknay gunakan  LSI Keywords

 

Hal-hal Lain Yang Perlu Dilakukan Pada SEO On Page:

 

  • Gunakan Meta judul  kurang dari 65 karakter
  • Gunakan Meta deskripsi kurang dari 150 karakter.
  • Pastikan untuk memiliki tombol sosial share di akhir posting atau mengambang tombol sosial share.

 

Kesalahan Fatal Dalam SEO On Page

  • Tag  H1 lebih dari satu (H1 adalah judul posting)
  • Jangan ulangi H2 dan H3 Tag
  • Tidak meningkatkan Keyword lebih dari 1,25%

 

Cobalah Untuk Fokus Pada Hal Berikut:

  • Cobalah untuk menggunakan Kata Kunci di Judul Posting di awal
  • Gunakan kata kunci ekor panjang (long tail keyword)
  • Konten Panjang: Semakin panjang isi konten, maka lebih baik.

4 thoughts on “16 Teknik SEO Dasar (SEO On Page)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *