Tips Mengobati Penyakit Bubul Pada Ayam

Tips Mengobati Penyakit Bubul Pada Ayam – Penyakit Bubul adalah penyakit yang berdampak buruk terhadap ayam aduan kesayangan kita. Penghobi atau peternak ayam aduan pastinya tidak akan mengharapkan ayamnya terkena penyakit. Maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan sedikit menulis artikel yang menjelaskan mengenai penyakit bubul pada ayam. 
penyakit bubul
 
Penyakit bubul merupakan penyakit yang diakibatkan oleh mikro-organisme atau bakteri yang menyebabkan pembengkakan pada kaki ayam. Biasanya kaki ayam yang terluka lebih mudah terkena bulbul dikarenakan bakteri akan masuk melalu luka dan menyebabkan pembengkakan.  Kaki ayam yang terluka bisa saja akibat terkena lantai kandang, pecahan kaca, atau terluka setelah di adu.
 
Penyakit bubul ini akan sangat berpengaruh terhadap ayam aduan karena akan membuat kaki ayam sakit untuk digerakan dan bahkan bila bubul sudah terlalu parah bisa menyebabkan ayam pincang. Bubul juga akan membuat kaki ayam menjadi lemah dan tidak kuat. Saya memiliki ayam yang kedua kakinya terkena penyakit bubul, ayam ini dulunya sebelum sakit bubul bisa bertarung tahan hingga 4 air.  Akan tetapi setelah terkena penyakit bubul ayam menjadi loyo dan hanya mampu bertahan kira-kira sepuluh menit dan sudah tidak sanggup lagi untuk memukul. 
 

Penyakit bubul bisa diobati dengan cara-cara sebagai berikut

  1. untuk tahap awal apabila penyakit bubul belum terlalu parah. Pada tahap pertama ini pengobatannya tidak terlalu sulit karena bubul pada ayam masih stadium awal dan belum membengkak. Kita bisa mengobatinya dengan membersihkannya secara teratur dengan air hangat dan setelah itu di balut agar kotoran tidak mengenai kaki yang bubulan itu. Lakukan hal ini secara rutin hingga bubul hilang. Pengobatan ini hanya dilakukan untuk penyakit bubul yang belum parah.
  2. Tahap kedua apabila penyakit bubul sudah lumayan parah atau sudah memasuki stadium menengah. Pada tahap ini bubul pada kaki ayam sudah mulai membesar dan membengkak akan tetapi belum memberikan pengaruh negatif yang signifikan terhadap kaki ayam. Dengan demikian pengobatan bisa dilakukan dengan memberikan obat yang bisa dibeli pada took hewan. Misalnya saja obat Anti Bubul. Lalu Kemudian oleskan pada kaki yang bubulan 3x sehari secara teratur, pastinya bubul akan mengelupas dan menipis. Atau bisa menggunakan cara yang tradisional dengan cara ayam diumbar pada tempat yang becek. Akan tetapi saya lebih menyarankan menggunakan obat, karena  penyebuhan akan lebih cepat dibandingkan di umbar di lumpur.

    salep anti bubul

     

  3. Tahap ketiga apabila penyakit bubul sudah parah (kronis) atau sudah memasuki stadium akhir. Pada tahap ini bubul sudah terlalu besar dan membengkak dan menyebabkan ayam menjadi pincang hingga lumpuh. Pada tahap ini adalah bagian tersulit dari penyembuhan dan akan membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk proses penyembuhannya. Langkah satu-satunya yang digunakan adalah dengan melakukan operasi pada kaki ayam. Karena sudah tidak akan sembuh apabila hanya dengan obat diakibatkan bubul yang sudah terlalu besar dan tebal. Langkah-langkah penyembuhannya yaitu:
  • Bersihkan bagian kaki ayam yang terkena penyakit bubul dengan menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam.
  • Kemudian ambil silet dan belah kaki ayam tepat di bagian bubul.
  • Kemudian gunakan gunting untuk mengeluarkan gumpalan bubul dari kaki hingga bersih.
  • Setelah bubul berhasil di angkat. Kemudian bersihkan darah yang keluar hingga bersih.
  • Selanjutnya ambil kapas dan kemudian kasih betadin dan tempelkan pada kaki yang selesai di operasi tadi.
  • Selanjutnya balut dengan kain hingga rapat. 

 

Catatan yang harus diperhatikan adalah harus rajin mengganti perban hingga luka benar-benar kering dan sembuh, dan usahakan kandang bersih dari kotoran. Karena ditakutkan apabila kandang tidak bersih akan menyebabkan kotoran masuk ke dalam kaki yang bisa saja menyebabkan infeksi. Apabila hal  ini dilakukan dengan telaten pastinya bubul akan sebuh dan ayam akan kembali normal.
 

Tips untuk mencegah penyakit bubul:

  • Usahakan kondisi kandang ayam selalu bersih agar bakteri tidak akan menempel pada kaki ayam.
  • Bersihkanlah kaki ayam setelah di adu atau di abar. 
  • Usahakan kandang ayam tidak terdapat benda tajam, misalnya paku yang menculak.
  • Umbarlah ayam di tempat yang bersih dan tidak menuntut kemungkinan ayam bisa terluka. 

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *