Sabung ayam atau Gamecock di Thailand

 

Sabung ayam atau Gamecock di Thailand

Sabung ayam atau Gamecock Berjuang masih merupakan hobi yang sangat populer di Thailand, terutama di pedesaan Thailand Utara-timur. Adu ayam atau biasa disebut oleh masyarakat Thailand dengan istilah “Gai Chon” disimpan untuk tujuan tunggal ayam pertempuran. Dalam hal warisan budaya Thailand, ayam pertempuran sering ditempatkan bersama Muay Thai, Anda hampir bisa mengatakan itu adalah cara hidup di Thailand, diperkirakan 200.000 orang berkumpul setiap akhir pekan di cockpits untuk memasukan ayam aduan mereka sendiri ke dalam pertempuran arena. Sementara banyak dari pandangan dunia sabung ayam sebagai olahraga barbar dan kejam, dan dengan demikian telah dilarang itu, sabung ayam masih legal di Thailand dan banyak negara Asia Tenggara lainnya. Tapi Thailand telah diatur ayam pertempuran di beberapa tahun terakhir, penggunaan taji buatan dipersenjatai dengan pisau dan paku tidak lagi diperkenankan dan ayam aduan tidak diharuskan untuk bertempur sampai mati. Meskipun kebrutalan jelas pertempuran, Gamecocks biasanya sangat baik tampak setelah, terus dimanjakan dan rapi, dan selama istirahat dalam perkelahian mereka diperlakukan seperti seorang petinju adalah dengan nya pelatih dan sudut manusia. Di Thailand sabung ayam sudah tidak lagi menggunakan taji, pada dasarnya gamecook ini sudah dianggap seperti layaknya sebuah olahraga. 

 
Sabung ayam atau Gamecock di Thailand
Akankah hal ini bisa diterapkan di Indonesia?. Iya, itu merupakan pertanyaan yang secara spontan akan muncul di benak kita. Berbedanya di indonesia, taji atau jalu malah di anggap sebagai senjata untuk mendapatkan kemenangan. Tidak jarang saya lihat di gelanggang banyak ayam yang mati akibat di adu dan walaupun hidup pasti mendapatkan luka yang sangat serius. Saya sudah sering bertanya kepada sahabat-sahabat bobotoh “kenapa harus pakai taji ?” tidak sedikit pula dari mereka yang menjawab “itulah seni dari sabung ayam”, hal itu membuat saya berfikir “apakah membuat ayam cedera atau mati adalah seni ?”. Di mata masyarakat indonesia, sabung ayam di anggap merupakan sebuah hal yang buruk atau tidak baik. Mungkin dikarenakan Negara indonesia termasuk Negara islam, yah itu wajar saja. Tetapi akankah kita bisa mengubah rule atau aturan permainan adu ayam yang mengguanakan taji agar di hapuskan. Tujuannya tidaklah lain supaya adu ayam di indonesia di anggap seperti layaknya kompetisi olahraga. 
 
Sementara itu hanya harapan dari saya, mungkin imajinasi penulis ini saja yang terlalu berlebihan dan mungkin anda tidak setuju. Demikian artikel dari saya, apabilah terdapat kesalahan atau kekurangan di dalam tulisan ini saya minta maaf yang sedalam-dalamnya. Karena ini artekel real dari situs Thailand dan sedikit saya tambahkan analisa penulis..
 
Salam Damai.. . . . . .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *