Penjelasan Menu Dashboard Blogger

Penjelasan Menu Dashboard BloggerSebelum terjun lebih mendalami blogger sebaiknya hendaklah memahami menu-menu yang ada pada halaman blogger atau disebut dengan menu dashboard

Bagi yang sudah biasa keluar masuk blogger pastinya sudah paham dan tau akan fungsi dari menu-menu yang ada pada dashboard blogger. Akan tetapi hal yang dirasakan oleh orang yang baru pertama kali melihat menu-menu tersebut pasti banyak yang belum mengetahui fungsinya. 


maka beranjak dari hal itu penulis ingin sedikit berbagi pengetahuan kepada rekan-rekan sekalian, karena saya juga dulu pas pertama melihatnya juga tidak tahu akan fungsi dan kegunaannya.
Oke lansung saja masuk kepada topic bahasan kita tentang menu-menu dashboard pada blogger.
 
pada saat masuk ke dashboard pastinya akan ada menu-menu seperti yang ada pada gambar di bawah, untuk itu saya akan mencoba menjelaskannya satu demi satu.
 
Menu Dashboard Blogger
Menu Dashboard Blogger

 

a. Entri Baru: 

Menu tersebut berfungsi untuk membuat entri baru atau artikel baru untuk dipublikasikan atau artikel yang kita simpan pada draft posting. Jadi apabila sobat ingin menulis dan membuat postingan bisa melalui menu ini dan akan diarahkan ke halaman penulisan yang tidak lebih tampilannya mirip dengan Microsoft word.
 

b. Ikhtisar:

yaitu Menu ini berfungsi  untuk memantau atau melihat seberapa banyak pengunjung (pageview) pada blog kita, berapa banyak jumlah posting ( artikel ), berapa banyak jumlah komentar yang ada di blog, statistic pengunjung blog dan masih banyak lagi yang lain. Menu ini menampilkan gambaran statistic blog secara umum dan ringkas.
 

c. Pos: 

menu pos atau (posting) yaitu berfungsi untuk menampilkan jumlah posting yang ada pada blog, dan juga berapa jumlah draft posting (postingan yang belum dipublikasikan). Pada menu ini juga bisa membuat postingan baru, mengedit dan melihat postingan.
 

d. Laman: 

laman atau hamalan yaitu menu yang berguna untuk membuat halaman, halaman yang dimaksudkan di sini berbeda dengan posting. Pada menu halaman bisa kita gunakan untuk membuat halaman pendukung blog misalnya, profil, kontak, privacy dan halam-halaman yang dibutuhkan sebagai pelengkap blog.
 

e. Komentar: 

yaitu berfungsi untuk menampilkan komentar yang ada pada blog. Misalnya artikel yang sobat tulis ada yang mengomentari maka akan otomatis muncul pada menu komentar ini, dan juga bisa langsung ditanggapi.
 

f. Google+: 

ini merupakan menu yang berkaitan dengan akun google, dimana dari menu ini sobat bisa mengatur keterkaitan blog terhadap google plus, misalnya postingan blog akan secara otomatis dibagikan ke google plus, atau harus dengan persetujuan. Jadi sobat bisa mengatur hal tersebut melalui menu ini.
 

g. Statistik: 

menu ini berfungsi untuk menampilkan statistic blog secara lengkap. Yaitu berupa penayangan, traffic dan juga menampilkan artikel yang paling dicari oleh pembaca.
 

h. Tata Letak: 

yaitu berfungsi untuk mengatur posisi-posisi pada blog. Misalnya posisi widged, posisi iklan, posisi judul blog, dan widged-widged lain.
 

i. Template: 

yaitu menu yang berfungsi untuk mendesain dan memodifikasi template atau tema blog. Pada menu ini sobat bisa memodifikasi template melalui dua cara, yaitu yang pertama dengan cara customize biasa, yang kedua menggunakan HTML. Menu ini wajib sekaali untuk dipahami dimana sobat harus mengusai yang namanya HTML yang bisa dibilang lumayan rumit.
 

j. Setelan: 

menu ini berfungsi untuk mennyetel blog.  Pada bagian ini banyak sekali yang bisa sobat lakukan, di antaranya merubah nama,deskripsi,url blog  dan masih bayak lagi. Untuk lebih lengkapnya sobat bisa langsung membaca (menu setelan pada blog)
 
 
Tidak terlalu banyak kan menu dasbhboard yang ada pada blog. Tetapi yang terpenting adalah bagaimana mengetahui dan menjalankannya secara benar, apabila salah dalam menjalankannya jua akan berdampak buruk terhadap blog. Mungkin hanya itu saja sedikit artikel dari saya mengenai fungsi menu dashboard blogger. Wasallam…
 
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *