Pakan Ayam Aduan Sesuai Usia

Bagi ayam aduan pakan adalah bagian yang paling penting yang harus diperhatikan dengan benar. pakan yang bagus yaitu pakan yang disesuaikan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh ayam adauan, misalnya ayam tipe pukul, tipe jalu dan faktor usia sangat mempengaruhi pakan apa yang sebaiknya diberikan.

Pada kesempatan ini penulis akan berbagi tulisan mengenai pakan ayam aduan sesuai dengan usia. Pada dasarnya pertumuhan ayam terbagi ke dalam tiga fase, yaitu anak-anak, lancur dan dewasa. Untuk itu pakan yang diberikan haruslah berbeda sesuai dengan nutrisi yang dibutuhkan oleh ayam.

Pakan Ayam Bangkok Usia 0 Sampai 3 Bulan 

Pada usia ayam 0 sampai 3 bulan, ayam Bangkok tentunya membutuhkan pakan yang dapat membuat tulang-tulangnya kokoh agar nantinya tidak memiliki cacat fisik maupun mental dalam bertanding. Makanan yang pas untuk ayam Bangkok usia 0 sampai 3 bulan adalah voor 592. Cara memberi makan dengan voor, Anda bisa  memberi ayam Bangkok dalam bentuk voor kering. Atau, Anda juga bisa mencampurkannya dengan air.


Namun, saat Anda mencampurkan voor dengan air saya sarankan agar anda rajin mengawasi dan membersikan sisa dari kerak voor yang dicampur dengan air.  Karena dengan mencampur voor dengan air kemungkinnan timbulnya jamur dan bakteri sangat tinggi. Saya sarankan untuk memberi pakan voor kering, tetapi air minum harus selalu disediakan.

Pakan Ayam Aduan Sesuai Usia



Pakan Ayam Bangkok Usia 3 Sampai 6 Bulan

Menginjak usia 3 bulan, Anda pun wajib mengganti makanan untuk ayam Bangkok. Anda bisa mengganti pakan dengan voor 594 yang dicampur dengan nasi dalam jumlah yang sedikit. Kenapa harus diganti voornya ? alasannya karena ukuran butiran voor 594 lebih besar dari voor 592 dan memang di anjurkan seperti itu dalam petunjuk kemasan voornya.   Pada usia ini ayam Bangkok masih dalam masa pertumbuhan, jadi Anda juga harus memberikannya asupan vitamin dan kalsium agar ia tumbuh besar. Usahakan Anda memberi ayam Bangkok makan secara teratur, 3 kali sehari. Tetapi jika anda sibuk, dua kali pemberian pakan juga tidak masalah, asal porsi pakan agak diperbanyak.
Pakan Ayam Aduan Sesuai Usia



Pakan Ayam Bangkok 6 Bulan ke Atas

Pada saat usia ayam Bangkok lebih dari 6 bulan, sudah saatnya Anda mengganti makanan voor dengan makanan ayam dengan tekstur yang lebih kasar. Makanan mirip dengan makanan ayam yang biasa, seperti bekatul, jagung, kedelai, beras merah, dan masih banyak lagi. Pada usia ini ayam sudah siap untuk proses pembentuakan tubuh dan otot, juga ayam Bangkok sudah bisa kita berikan jamu untuk membantuk stamina ayam aduan kita serta latihan-latihan secara rutin.
Mungkin hanya itu saja dari saya, semoga bermanfaat.
Pakan Ayam Aduan Sesuai Usia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *