Hobi berternak yang menguntungkan

Asalamualaikum wr. Wb
Hobi berternak yang menguntungkan. Dalam hidup setiap manusia pasti memiliki kegemaran atau sesuatu yang hobi. Hobi adalah kegiatan rekreasi yang dilakukan pada waktu luang untuk menenangkan pikiran seseorang. kata Hobi merupakan sebuah kata serapan dari Bahasa Inggris “Hobby”. Secara umum tujuan dari hobbi itu sendiri adalah untuk memenuhi keinginan dan mendapatkan kesenangan . Terdapat berbagai macam jenis hobi seperti mengumpulan sesuatu (Koleksi), membuat, memperbaiki, bermain dan pendidikan dewasa. Benar bukan ?. di sini saya akan membahas hewan ternak sebagai hobi. Hobi terhadap hewan/ binatang ternak bisa saja memiliki dua fungsi yaitu kesenangan dan juga bisa menambah penghasilan. Sungguh menguntungkan bukan ?. maka mulailah belajar hobi terhadap binatang ternak. hehe
Ternak dapat berupa binatang apa pun (termasuk serangga dan vertebrata tingkat rendah seperti ikan dan katak). Namun, dalam percakapan sehari-hari orang biasanya merujuk kepada unggas dan mamalia domestik, seperti ayam, angsa, kalkun, atau itik untuk unggas, serta babi, sapi, kambing, domba, kuda, atau keledai untuk mamalia. Sebagai tambahan, di beberapa daerah di dunia juga dikenal hewan ternak yang khas seperti unta, llama, bison, burung unta, dan tikus belanda mungkin sengaja dipelihara sebagai ternak. Jenis ternak bervariasi di seluruh dunia dan tergantung pada sejumlah faktor seperti iklim, permintaan konsumen, daerah asal, budaya lokal, dan topografi.
Kelompok hewan selain unggas dan mamalia yang dipelihara manusia juga disebut (hewan) ternak, khususnya apabila dipelihara di tempat khusus dan tidak dibiarkan berkelana di alam terbuka. Penyebutan “ternak” biasanya dianggap “tepat” apabila hewan yang dipelihara sedikit banyak telah mengalami domestikasi, tidak sekedar diambil dari alam liar kemudian dipelihara. Ke dalam kelompok ini termasuk ngengat sutera, berbagai jenis ikan air tawar (seperti ikan mas, gurami, mujair, nila, atau lele), beberapa jenis katak (terutama bullfrog), buaya, dan beberapa jenis ular. Usaha pemeliharaan ikan umumnya disebut sebagai perikanan atau, lebih spesifik, budidaya ikan.
Langsung saja di sini saya memiliki tips untuk memilih binatang ternak yang bisa anda jadikan hobi yang menyenangkan dan bisa mendapat keuntungan.
 

    1. AYAM
Hobi berternak yang menguntungkan 
Ayam peliharaan (Gallus gallus domesticus) adalah unggas yang biasa dipelihara orang untuk dimanfaatkan untuk keperluan hidup pemeliharanya. Ayam peliharaan (selanjutnya disingkat “ayam” saja) merupakan keturunan langsung dari salah satu subspesies ayam hutan yang dikenal sebagai ayam hutan merah (Gallus gallus) atau ayam bangkiwa (bankiva fowl). Kawin silang antarras ayam telah menghasilkan ratusan galur unggul atau galur murni dengan bermacam-macam fungsi; yang paling umum adalah ayam potong (untuk dipotong) dan ayam petelur (untuk diambil telurnya). Ayam biasa dapat pula dikawin silang dengan kerabat dekatnya, ayam hutan hijau, yang menghasilkan hibrida mandul yang jantannya dikenal sebagai ayam bekisar. Tapi kebanyakan dari orang lebih mengutamakan memilih ayam yang memiliki daya jual yang tinggi untuk di jadikan sebagai hobi yang menguntungkan. Contohnya saja ayam ketawa, ayam ketawa selain indah suaranya, ayam ini memiliki nilai jual yang sangat tinggi sanpai puluhan juta rupiah. Selain itu ada juga ayam cemani, ayam serama, ayam Bangkok (aduan) yang nilai jualnya sangat tinggi. Untuk itu tinggal tergantung penghobi memilih ayam apa yang akan mereka pelihara.

2. BURUNG

Hobi berternak yang menguntungkan

Burung adalah vertebrata berdarah panas dengan bulu. Mereka diduga telah berevolusi lebih dari 150 juta tahun yang lalu dari nenek moyang reptil Mesozoikum. Memang, mereka berbagi banyak karakteristik dengan reptil, termasuk sel-sel darah merah berinti, perempuan sebagai heterogamet seks (memiliki dua kromosom seks yang berbeda), berbagai fitur tulang, dan telur yang sama. Namun, burung telah berevolusi banyak karakteristik yang unik. Kita ketahui bahwa ukuran burung memang tidak besar. Tapi jangan salah, tidak sedikit orang yang menjadikan binatang ini sebagai hobi mereka. Untuk hal yang paling pertama bagi penghobi untuk terjun dalam dunia perburungan tidaklah menjadi hal yang mudah. Burung sangat berbeda dengan ayam, baik cara perawatan dan daya tahan tubuh burung lebih lemah di bandingkan ayam. Untuk itu saya sarankan agar calon penghobi ternak burung lebih memahami secara garis besar dalam ternak burung sebelum mereka memelihara burung.

3. KUCING

Hobi berternak yang menguntungkan

kucing adalah salah satu hewan peliharaan terpopuler di dunia. Kucing yang garis keturunannya tercatat secara resmi sebagai kucing trah atau galur murni (pure breed), seperti persia, siam, manx, dan sphinx. Kucing seperti ini biasanya dibiakkan di tempat pemeliharaan hewan resmi. Jumlah kucing ras hanyalah 1% dari seluruh kucing di dunia, sisanya adalah kucing dengan keturunan campuran seperti kucing liar atau kucing kampung. Sebelumnya kucing memiliki banyak trah, misalnya Persia, siam, manx dan sping. Maka dari itu tidak sembarang jenis kucing yang memiliki nilai jual tinggi. Tapi jangan berkecil hati dengan kata-kata yang barusan. Anda juga bisa memelihara kucing local untuk di jual, di sini anda bisa memilih bentuk, ukuran dan warna kucing yang baik (bagus) supaya memiliki nilai jual. Seperti contohnya dapat kita lihat orang-orang yang berjualan online di internet menawarkan hewan peliharaan local. Itu bisa anda jadikan sebagai pedoman bahwa kucing localpun tidak kalah nilai jualnya dengan kucing domestic.

4. ANJING

Hobi berternak yang menguntungkan

Di samping dijadikan hobi, saat ini banyak pula yang telah menernakkan anjing ras mereka untuk diperjualbelikan. Jika dilihat dari segi bisnis sangat menguntungkan.
saat ini ada dua tipe peternak anjing, pertama tipe peternak yang memang hobi memelihara anjing dan tipe peternak yang memang mencari rezeki dengan beternak anjing. Sementara, mereka yang sekadar hobi, motivasi menernakkan anjing mungkin sedikit.
Ditambahkan, saat ini khusus untuk anjing ras pembiakan anjing golden retriever yang dilihat paling menjanjikan. Hal itu dikarenakan harga jualnya yang tetap tinggi serta sangat gampang untuk dipelihara.
Lebih jauh ditambahkan, untuk menjadi peternak pemula peliharalah beberapa jenis betina anjing tersebut. Kemudian, kawinkan dengan anjing jantan berjenis sama milik peternak lain atau menggunakan sistem bagi anak. “Biaya yang dikenakan untuk kawin putus kira-kira Rp 750 ribu sampai jutaan rupiah sedangkan sistem bagi anak juga banyak dilakukan peternak,” ujarnya.
Lebih jauh ditambahkan, jika sudah berumur dua bulan, anakan anjing tersebut sudah dapat dijual dengan harga minimal Rp 1 juta per ekor. “Bila satu anjing golden retriever betina melahirkan anakan enam ekor, maka peternak akan meraup minimal Rp 6 juta dari penjualan anakannya dan anjing betina tersebut melahirkan tiap enam bulan sekali.

5. TERNAK REPTIL

Hobi berternak yang menguntungkan

Budidaya hewan reptil termasuk masih jarang dilakoni oleh masyarakat Indonesia. Apalagi dijadikan bisnis budidaya hewan reptil sungguhan. Namun dikatakan masih jarang bukan berarti tidak bagus, justru jika benar-benar dilakoni dengan sungguh-sungguh dan sabar maka akan mendatangkan keuntungan yang besar.
Hewan reptil merupakan golongan hewan yang bisa dipelihara dan hanya orang tertentu saja yang memeliharanya alias pehobi hewan tersebut saja. Hewan reptil dipandang sebagai hewan yang buas dan kurang bagus jika dijadikan peliharaan. Namun itu adalah persepsi umum masyarakat, nah bagaimana jika dilihat dari persepsi para pecintanya? para pecinta hewan rerptil? tentu jawabnya akan berkebalikan. Nahh maka dari itu ternak hewan jenis reptile memiliki keunikan dan prospeknya jauh lebih baik di bandingkan dengan binatang lain karena ternak hewan jenis reptile masih sangat langka.

Mungkin hanya itulah yang dapat saya sampaikan, apabilah terdapat kesalahan atau kekurangan dalam tulisan ini saya mohon maaf dan semoga artikel ini bermanfaat untuk pembacanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *