Pengertian dan Tujuan Blog

 

Pengertian dan Tujuan Blog

 

Pengertian Blog

Blog muncul pertama kali pada Desember tahun 1997. Istilah blog pertama kali dikenal dengan sebutan Weblog. yang dimaksud dengan Weblog yaitu berupa sekelompok website pribadi yang selalu di perbarui dan berisikan sekumpulan link-link yang akan membawa penggunanya menuju website lain yang dianggap memiliki informasi-informasi menarik. 
 
Pada awalnya Weblog tidak begitu memiliki banyak isi, yaitu hanya sebuah situs yang bersifat lebih pribadi (personal), yang lebih berfokus kepada penggambaran dari pemembuat blog itu sendiri yang hanya berisi tulisan (artikel), link, gambar, dan file-file dokumen yang dibagikan oleh para blogger.

Beranjak dari hal itu, hingga saat ini perkembangan blog di dunia sangat mengejutkan dengan didorong dengan perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi. Tidak hanya itu, saat ini semakin banyaknya minat terhadap dunia blog yang kemudian berdampak dengan munculnya  para blogger-blogger baru di dunia yang pastinya mendorong perkembangan yang sangat pesat. dengan semakin banyaknya blogger di dunia membuat berbagai macam informasi dapat diakses dengan mudah secara online.

 

Sejarah Blog

Halaman “What’s New” yang dimuat dalam browser Mosaic oleh Marc Andersen pada tahun 1993 kemungkinan besar adalah blog yang pertama kali ada. Mosaic merupakan browser pertama sebelum diluncurkannya browser Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape.


Akan tetapi, perkembangan blog yang sebenarnya baru di mulai pada akhir tahun 2002 dengan munculnya platform blogger yang dimiliki oleh Pyra Labs yang merupakan perusahaan yang mencetuskan istilah blogger dan memopulerkannya yang akhirnya diakuisisi Google. Mulai saat itu blog memiliki banyak fungsi,  selain sebagai media tulisan blog juga telah menjadi bagian penting di dalam hidup, misalnya penyedia informasi, tempat promosi, tempat bekerja dan banyak fungsi lain dari blog.


Tujuan Seseorang Membuat Blog

Berbagi Ilmu

Ilmu adalah anugerah dan dengan berilmu maka derajat manusia akan lebih tinggi. Berbagi ilmu adalah salah satu tujuan seseorang membuat blog yang didasari dengan rasa ikhlas berbagi dan selalu berharap agar tulisan yang dia buat bisa berguna bagi para pembaca. Kebanyakan dari blogger yang awalnya hanya memiliki tujuan untuk berbagi ilmu malah hal tersebut bisa merubah hidupnya menjadi lebih sukses. Karena rasa ikhlas dan tindakan yang konsistem bukan tidak mungkin membuat blog malah menjadi bersinar dan bisa menjadi lading penghasilan.
 

Hobi 

seseorang akan memulai membuat blog akibat dilatarbelakangi dengan hobi. Hobi ini bisa muncul karena adanya perasaan bangga dari seorang penulis terhadap hasil karya tulis yang mereka buat. Pastinya semakin banyak pengunjung blog yang dibuat akan memicu semangat untuk lebih menganggap kegiatan ngeblog sebagai hobi yang menarik. Biasanya blog yang memiliki tema tentang perhobian akan lebih ramai dikunjungi oleh pengunjung yang memiliki hobi yang sama dengan sang penulis.
 

Penghasilan

penghasilan menjadi faktor yang paling banyak membuat para blogger tergiur. Mendapatkan uang hanya dengan duduk di depan computer adalah yang didambakan oleh semua blogger. Akan tetapi tidak semua para publisher blogger bisa mendapatkan penghasilan. 
 

Promosi

Sebagian besar tujuan dari blogger adalah untuk promosi, menjual produk, dan bisnis. Seiring perkembangan internet juga membuat semakin banyaknya internet marketing.
 

Artikel Terkait

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *