Langkah Utama Berwirausaha

Langkah Utama Berwirausaha
langkah utama dalam berwirausaha

Wirausaha merupakan kemampuan untuk berdiri sendiri, berdaulat, merdeka lahir dan batin, sumber peningkatan keperibadian, suatu proses dimana seseorang mengejar peluang, merupakan sikap mental dan sikap jiwa yang selalu aktif, dituntut untuk mampu mengelola, menguasai, dan mengetahui dan berpengalaman untuk memacu kreatifitas.

Kunci keberhasilan seseorang dalam berwirausaha adalah memiliki kemauan yang keras, seseorang yang tidak mengenal kata menyerah, orang yang bersedia dan sanggup menghadapi segala kemungkinan yang akan dating, selalu berpola pikir positif, telaten, ulet, memiliki jiwa besar, sabar dan pantang menyerah. Perlu kita ingat bahwa dengan berwira usaha kita bisa memajukan ekonomi keluarga, masyarakat bahkan Negara.

Lima Kriteria Langkah Utama Berwirausaha

Dalam wirausaha mandiri terdapat 5 faktor utama agar kita tidak mudah gagal dan bisa melawati segala hambatan, yaitu: 

KETERAMPILAN

Keterampilan adalah factor mutlak yang harus dipenuhi sebelum kita berusaha maka kita harus sudah terampil membuatnya apa yang akan kita usahakan. Misalnya, sebelum kita merencanakan menjadi pengusaha sabun atau pengusaha keterampilan lainnya, maka kita dituntut harus bisa membuatnya. Jika kita tidak mempunya keterampilan untuk membuatnya, kesempetan untuk berwira usaha menjadi tidak meyakinkan. Bisa saja mengalami hambatan di kemudian hari. OBSERVASI/PEMASARAN


Setelah kita bisa menguasai keterampilan langkah selanjutnya adalah kita harus bisa mengobservasi (penelitian pasar) yaitu pada daerah pasar tertentu sudah layaklah untuk diproduksi, misalnya pada daerah ini seandanya kita ingin memproduksi barang tersebut apakah akan laku keras atau tidak. Maka observasi atau penelitian pasar perlu dilakukan, lalu diamati secara seksama agar barang yang diproduksi akan laku di pasaran daerah tersebut

MANAJEMEN DAN PELATIHAN

Langkah selanjutnya adalah menata, menjalankan manajemen dan peralatan apa saja yang akan diperlukan. Misalnya, modal, tenaga kerja, peralatan yang akan digunakan sebaiknya dipersiapkan seperlunya dan tidak usah terlalu mahal-mahal dulu, cukuplah yang sederhana asal bisa memenuhi kebutuhan.

PERIJINAN

Langkah selanjutnya adalah kita harus memiliki izin tempat usaha, izin perdagangan dan izin departemen kesehatan dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan lain-lain. Persyaratan lainnya oleh pemerintah, yang terpenting jangan menyamai atau meniru merk dagang pihak lain, kita harus punya merk tersendiri yang didaftarkan ke direktorat hak cipta dan telah sah disetujui.

ETIKAD YANG POSITIF DAN DISIPLIN

Pengusaha (wirausaha) yang positif segala tindak laku, bicara, supaya disegani atau dihormati langganan atau relasi dan harus selalu positif dan disiplin selama memegang janji kepada langganan atau pihak Bank atau relasi lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *