Cara Budidaya Ikan Mas

Cara Budidaya Ikan Mas
gambar budidaya ikan mas

Bagaimana Cara Budidaya Ikan Mas? Sebelum dipijahkan/dikawinkan ikan mas perlu diberok (dipisahkan antara betina dan jantan) selama 3 hari. Kolam untuk pemijahan dikeringkan selama 5-7 hari agar bakteri maupun parasit dapat mati. Setelah dasar kolam benar-benar kering, air dialirkan ke dalam kolam setinggi 65 cm. Pada kolam tersebut dilengkapi dengan tempat untuk bertelur yaitu berupa ijuk atau sabut yang tengahnya dijepit dengan dua bilah bambu yang disebut dengan kakaban. Kakaban tersebut diletakan 10 cm di bawah permukaan air. Kemudian induk jantan dan betina dimasukan ke dalam kolam dan diberi makanan yang cukup hingga terjadi pemijahan/perkawinan. Telur yang dihasilkan akan menempel pada kakaban tadi. Kakaban yang berisi telur segera dipindahkan ke kolam penetasan yaitu kolam segi empat yang keadaan airnya cukup jernih dan dasar kolam dapat terkena sinar matahari. Setelah telur menetas kakaban dapat diambil dan benih dipindahkan ke kolam pemeliharaan.
 

1. Pemeliharaan.

Kolam yang berbentuk segi empat dan kolam sebaiknya dipermanenkan, air dapat mengalir sepanjang waktu dalam jumlah yang cukup besar. Pada saluran pemasukan dan pembuangan dilengkapi dengan saringan dan pada dasar kolam dibuat miring kearah saluran pembuangan air.

2. Pengairan.

Air yang jernih dan segar dapat merangsang nafsu makan bagi anakan ikan mas pada kolam pemeliharaan. Oleh karena itu, kolam haruslah dijaga kesegarannya, yaitu berasal dari sumber air yang jernih. Kejernihan air dapat dilihat dari dalamnya sinar matahari yang dapat masuk ke lapisan air. Semakin dalam lapisan air yang dapat ditembus sinar matahari berarti air tersebut bisa dikatakan jernih.

3. Penebaran.

Benih ikan mas ditebarkan di kolam pada saat pagi hari atau sore hari yaitu dimana suhu air rendah. Padat penebaran bibit ikan mas yaitu sekitar 1-2 kilogram tiap meter kubik air kolam. Jadi kesimpulannya semakin besar kolam benih yang ditaburkan semakin banyak dan sebaliknya.


4. Makanan. 

Makanan ikan mas sebaiknya diberikan dalam bentuk pelet yang mengandung unsur-unsur yang diperlukan untuk pertumbuhan ikan mas. Pemberian makanan dilakukan tiga kali sehari dengan jumlah yang sama setiap kali pemberiannya. Tempat yang baik untuk pemberian makanan dilakukan dengan cara menebarkan pada populasi ikan yaitu dimana tembat yang banyak ikan berkumpul dan bergerombol. Setiap pemberian makanan diusahakan agar ikan tidak terlalu kenyang.pada dasarnya 25% ikan yang mengerumuni makanan telah meninggalkan tempat makan, maka maka sebaiknya pemberian makanan dihentikan. Catatan: jangan terlalu berlebihan dalam pemberian makanan ikan mas, karena apabila terlalu banyak nantinya makanan tidak habis dan dibiarkan oleh ikan, terlebih akan membusuk dan bisa menyebabkan bakteri yang akan membahayakan ikan.

5. Pemanenan Hasil.

Waktu pemeliharaan ikan mas biasanya membutuhkan waktu kurang lebih 6 bulan. Ikan mas dapat dipanen hasilnya dengan cara penangkapan atau dengan cara pengeringan kolam.

baca juga:Cara Budidaya Lebah Madu dan cara budaya ikan Lele

One thought on “Cara Budidaya Ikan Mas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *