Perawatan Ayam Aduan Saat Menetas

Perawatan Ayam Aduan Saat Menetas

Perawatan Ayam Aduan Saat Menetas –  Ayam betina yang bertelur selanjutnya akan mengerami telurnya. Waktu yang dibutuhkan dalam proses pengeraman telur biasanya 21 hari. Anakan ayam yang baru menetas sangatlah rentang terhadap kematian. Untuk itu saya akan membahas mengenai perawatan ayam ketika baru menetas, diantaranya:

  • Mengingat tanggal kapan ayam mulai mengeram
  • Menyiapkan kandang Box
  • Memberikan penerangan
  • Memberikan pakan dan minum

Sebagai pemelihara ayam anda haruslah teliti, sehingga anda harus benar-benar mengingat kapan indukan ayam mulai mengeram. Supaya nantinya anda tidak teledor.Karena ayam yang mengeram itu pada dasarnya jarang di perhatikan karena dia jarang sekali meninggalkan tarangan kecuali waktu-waktu tertentu. Hal itu yang biasanya sering membuat kita lupa dan memperlambat proses perawatan. “Apakah hal ini begitu penting ?” iya, tentu sangat penting. Karena ayam yang baru menetas bila dibiarkan berkeliaran sembarangan bisa membuatnya terkena penyakit karena daya tahan tubuhnya masih sangat lemah.

Langkah selanjutnya setelah telur menetas, anakan ayam segera dimasukan kedalam Box. Yang dimaksud dengan box adalah kandang ayam yang berbentuk kotak rapat agar anak ayam tidak kedinginan. Anda bisa mempersiapkan box jauh hari sebelum telur menetas. Jika memang tidak ada kandang box anda bisa menggunakan kotak kardus yang rapat. Contohnya, kardus indomie, tetapi ukurannya harus disesuaikan dengan jumlah anak ayam. Semakin banyak anak ayam maka ukuran box yang digunakan haruslah besar. Dan sebaliknya. Box sebaiknya diletakan di tempat yang tidak dingin.

Baca juga:

Pakan Ayam aduan Sesuai Usia

Aternatif Membuat Racikan Pakan Ayam Bangkok Paling Hemat

Penerangan di sini bisa menggunakan lampu pijar 5 watt. Lampu juga memiliki dua fungsi, yaitu sebagai penerangan dan penghangat. Juga membantu ayam dalam proses makan di malam hari. Dengan pencahayaan, anak ayam yang lapar bisa langsung makan dan tidak peduli pada malam hari. Hal ini dapat mempercepat  pertumbuhan ayam.

Ayam yang baru menetas sebaiknya diberikan pakan dengan tekstur yang tidak keras. Misalnya voor dan dedak secara teratur dan jangan telat pemberian pakan dan minum. Untuk minum anda bisa memberikan campuran obat atau vitamin. Misalnya vitaplex, vaksin dan sebagainya. Mungkin hanya itu saja yang terpenting dan wajib dilakukan.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *