Cara Mengobati Penyakit ngorok Pada ayam

Penyakit Ngorok dan Pengobatannya

Cara Mengobati Penyakit Ngorok Ayam – Penyakit ngorok pada ayam aduan atau biasa dikenal dengan sebutan Chronic Respiratory Disease (CRD) adalah penyakit yang diakibatkan oleh bakteri. Apabila ayam sudah terkena penyakit ngorok maka dengan cepat akan menular ke ayam yang lainnya. Tentu sebagai seorang peternak terkadang kita bingung dalam mengatasi dan mengobati penyakit ini. Penanganan dan obat yang digunakan haruslah benar untuk mengatasi dan menyembukan penyakit ngorok pada unggas. Penyakit ini tidak begitu berbahaya bagi ayam dewasa, tetapi sebaiknya di obati karena penyakit ini menular dan mengganggu fisik dan mental ayam.

Penyakit ngorok ini disebabkan oleh bakteri Microplasma Galisepticum. Penyakit ini juga bisa menular kepada unggas-unggas lain melalui kontak langsung terhadap unggas yang sakit. Ngorok pada ayam bisa disebabkan oleh agen infeksius (penyakit, red) maupun non infeksius, seperti udara yang berdebu, amonia, perubahan cuaca, dll. Beberapa penyakit infeksius yang mempunyai manifestasi klinis gangguan pernapasan, dan selalu menduduki 10 besar ranking penyakit di ayam pedaging dan petelur, diantaranya adalah CRD, colibacillosis, korisa, ILT, ND, IB dan AI. Namun penyakit yang secara spesifik memiliki target utama di organ pernapasan adalah CRD, colibacillosis, korisa dan ILT. Sedangkan ND, IB dan AI, selain menyerang organ pernapasan juga menyerang bagian organ tubuh ayam lainnya.

Faktor non-infeksius Ayam komersial modern secara genetik mempunyai kemampuan tumbuh dan berproduksi lebih cepat dibanding ayam tipe lain. Namun pertumbuhan badan yang cepat ini tidak sebanding dengan perkembangan organ vital dalam ayam yaitu jantung dan paru-parunya. Sehingga kedua organ ini sangat rentan terhadap gangguan baik dari dalam maupun luar tubuh.

Untuk menunjang pertumbuhan badan ayam, paru-paru dipaksa bekerja keras menyuplai O2 untuk metabolisme tubuh. Karena pentingnya suplai O2 tersebut, maka udara bebas yang terdapat di dalam kandang haruslah berkualitas.

Dan bukan tidak mungkin, saluran pernapasan atas pun akan mengalami kerusakan/luka akibat tingginya debu dalam udara dalam kandang. a) Suhu dan kelembaban Kondisi suhu dan kelembaban yang tidak sesuai bisa mengakibatkan gangguan fungsi sinus dan organ pernapasan lainnya. Suhu yang nyaman bagi ayam ialah 25-28ºC dengan kelembaban 60-70%. Saat kelembaban udara. Saran saya sebaiknya unggas yang ngorok dipisahkan dengan unggas yang sehat dengan tujuan agar unggas yang sehat tidak tertular. Lebih parahnya apabila penyakit ini tidak diobati bisa menyebabkan ayam kurus dan mengeluarkan cairan bernanah dari hidung yang bisa mengakibatkan ayam mati.

Baca Juga:

Untuk pengobatan berikan Baytrit 10% Peroral, mycomas dengan Dosis 0,5 ml/L air minun. Tetracolin secara oral atau bacytracyn yang diberikan pada air minum. Obat ini bisa anda dapatkan di tempat penjualan pakan hewan ternak. Dan yang pastinya membutuhkan biaya. Jika anda ingin yang lebih murah, saya mempumpunyai sedikit tips yang bisa anda gunakan. Berilah bawang merah sebagai pakan, tidak usah banyak-banyak, cukup satu hari satu siung bawang merah di sore hari, lalu oleskan bawang merah pada tenggorokan ayam yang ngorok. Hal ini sudah sering saya lakukan kepada ayam saya dan hasilnya bisa sembuh. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *