Cara Ternak Ikan Lele yang menguntungkan

Cara Ternak Ikan Lele yang menguntungkan
Bagaimana Cara Ternak Ikan Lele

Apa kabar para tutorest dan salam sejaterah untuk para tutorest. Pada kesempatan kali ini saya Admin, iya Admin di blog ini  memiliki topic bahasan tentang Cara Budaya Ikan Lele yang menjanjikan dan menghasilkan”. Artikel ini berisi tentang gambaran dasar tentang budaya atau berternak lele. Berbagi pengalaman saya pernah berternak lele, memang lebih mudah dibandingkan dengan ikan-ikan jenis lain. Ikan lele jauh lebih tahan terhadap keadaan cuaca dan yang jelas tahan lapar. Hehe (bercanda). Saya pernah budadaya ikan mujair, ikan patin, ikan emas dan keong emas, yang terakhir ikan lele ini sebelum kolam saya di bongkar dan di bangun rumah bedeng. 🙂 memang kalau tidak mau rugi budidaya lele memiliki risiko yang lebih tendah. Oke langsung saja simak pembahasan dari saya gan !

Baca juga:

Cara Budidaya Ikan Mas

Cara Budidaya Lebah Madu

 

Cara Ternak Ikan Lele yang Menguntungkan

Persiapan Ternak Ikan Lele

Sebelum memulai budidaya Ikan Lele, yang harus kita persiapkan terlebih dahulu adalah Kolam yang ukurannya minimal 7×5 Meter dan Kedalaman 1 Meter lebih. Tetapi ukuran kolam bisa disesuaikan sesuai dengan keadaan lokasi, kita bisa membuatnya lebih luas ataupun lebih kecil, dengan memperhitungkan jumlah bibit Lele yang akan di masukan.
 

Langkah-langkah persiapan kolam ternak ikan lele

  • Pertama, kolam yang telah dibuat dikeringkan selama lebih kurang 3 hari.
  • Kedua, pada hari ke 4 taburkan kapur 1 gram per meter persegi, berikan pupuk kandang kiranya seberat 700 gram per meter persegi. Selanjutnya biarkan lagi selama 3 hari tanpa air.
  • Ketiga, setelah kita menunggu lebih kurang 3 hari, pada hari berikutnya kolam kita isi dengan air setinggi setengah meter (30 cm) dan di diamkan selama 1 minggu. 
  • Untuk proses selanjutnya adalah kita menambahkan air hingga kolam terisi penuh. 
Pada dasarnya proses ini memang agak memakan waktu cukup banyak, hal ini dilakukan agar kadar kandungan mineral di dalam kolam menjadi netral. Kolam yang baru di buat langsung ditaburi bibit pun tidak bagus, bisa saja bibit yang ditebar mati diakibatkan keadaan mineral yang tidak sesuai terhadap ikan.
 

Tahap ketiga yaitu Penebaran Bibit ikan lele

Penebaran bibit lele sebaiknya dilakukan pada pagi hari atau di sore hari dengan padat 40 ekor pada setiap 1 meter persegi untuk bibit lele yang berumur 1 bulan. 
 

Tahap keempat adalah pakan ikan lele

Untuk pakan kita bisa menggunakan voor (konsentrat), pelet. Tetapi ikan lele lebih istimewa karena perawatannya paling mudah dibandingkan dengan ikan jenis lain. Kita bisa memberikan makanan tambahan seperti ikan basah, sisa-sisa industry.

Penyakit pada ikan lele

Keadaan lingkungan dan cuaca bisa memicu timbulnya penyakit terhadap ikan lele yang disebabkan oleh bakteri yang memiliki nama latin “tuut sensor” (lupa namanya) , dengan tanda-tanda sebagai berikut:
  • Pada tubuh lele muncul jamur-jamur yang menyebabkan pembusukan.’
  • Hati dan limpa rusak

Hal ini bisa kita tangani dengan cara:

  • Kolam dikapur dengan dosis 100 gram per meter.
  • Air kolam harus segera diganti secepat mungkin.
  • Pemberian pakan bisa kita tambahkan antibiotic di dalamnya dan dosis yang disesuaikan.
  • Pisahkan lele yang terserang penyakit, bisa di obati dengan memberikan air garam.
 

Tahap pemanenan tenak ikan lele

Ikan lele bisa dipanen pada umur tiga bulan sejak waktu penebaran bibit di kolam. Berat bada yang awalnya 10 gram akan tumbuh menjadi 100-300 gram. 

Keterangan tambahan

Kita bisa memberi makanan lele dengan bangkai, sisah-sisah makanan kita, dan kotoran ayam. Tetapi saya sarankan tidak melakukan hal ini, memang pada dasarnya banyak orang yang membudidayakan lele dengan memberikan pakan berupa kotoran ayam. Alasannya membuat kandang ayam di atas kolam lele agar tidak terlalu banyak menghabiskan biaya pakan lele. Kita bisa membayangkan jika nantinya kita akan memakan ikan tersebut, ya mungkin ada yang sanggup dan menolak. Saya berbicara seperti ini karena mungkin hal itu bisa mempengaruhi kesehatan kita. 
 
Itulah sedikit pembahasan mengenai cara budidaya lele yang sederhana, apabila ada kekurangan saya minta maaf kepada para pembaca. Dan apabila ada yang lebih pakar dalam hal ini mungkin tulisan ini di anggap sudah basi, hehe . . wasalam 

One thought on “Cara Ternak Ikan Lele yang menguntungkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *