Cara Menulis Makalah Dengan Benar

cara menulis makalah dengan benar
 
Cara membuat makalah yang benar Sebagai pelajar kemampuan menulis makalah adalah sebuah hal yang di wajibkan, sejak mulai dari SMP, SMA dan Perguruan Tinggi. pelajar sudah mulai dibimbing untuk membuat Makalah sebagai tugas dan karya. Terlebih lagi bagi seorang mahasiswa, makalah dijadikan sebagai jantung dari pembelajaran perkuliahan. Pada dasarnya tujuan penulisan makalah adalah embuat tulisan resmi tentang sebuah pokok-pokok permasalah atau teori (baik bersumber dari buku, majalah, karya ilmia lain, internet dan sebagainya) yang nantinya untuk dibacakan kepada publik atau sebuah forum diskusi dan untuk di terbitkan. Dalam hal ini, penulisan makalah memiliki ketentuan kerangka atau kaedah.  Makalah merupakan bentuk paling dasar dari sebuah karya ilmiah, tetapi, dalam hal ini kita harus tetap menggunakan pedoman kerangka makalah yang baik. elemen-elemen karya ilmiah pada makalah itu sendiri, tanpa itu karya tulis kita tidak bisa disebut Makalah.

 
Kali ini saya akan sedikit membuat tulisan tentang penulisan makalah, semoga bermanfaat dan berguna. Untuk selanjutnya langsung saja disimak ya.
Penulisan makalah secara umum harus memenuhi hal-hal sebagai berikut:
 
A.    Cover
B.    Judul Makalah
C.    Kata Pengantar
D.    Daftar Isi
E.    Bab I Pendahuluan
F.     Bab II Isi
G.    Bab III Penutup
H.    Daftar Pustaka
 
 Setelah kita memahami dasar dari penulisan makalah atau kerangkanya, selanjutnya saya akan sedikit menjelaskan bagian-bagiannya.

A.    Cover (sampul)

Cover makalah yang baik haruslah berisi:
Nama/ Judul Makalah
Tujuan dibuatnya makalah tersebut (tujuan bisa di buat di cover atau latar belakang)
Logo Lembaga/ Institusi
Penulis/ pemakalah yang mengajukan makalah tersebut
Nama Lembaga
Tahun Akademik.

B.    Judul Makalah

•    Pada bagian ini, penulisan judul makalah hanya disertai nama penulis (pemakalah) atau beserta dosen/guru mata pelajaran tersebut. 

C.    Kata Pengantar

 Kata pengantar yaitu prakata penulis (pemakalah) untuk menyuguhkan karya tulisnya kehadapan pembaca. KATA PENGANTAR haruslah memenuhi hal-hal sebagai berikut:
•    Salam pembuka
•    Mukadimmah/ pembuka
•    Sekilas proses pembuatan makalah
•   Ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang dianggap membantu dalam pembuatan makalah tersebut
•    Penutup mukadimmah
•    Salam penutup
•    Dan terakhir, nama penulis/ pemakalah

D.     Daftar Isi

Daftar isi bertujuan untuk memudahkan pembaca dalam pencarian materi, daftar isi menjelaskan kandungan atau isi yang terdapat dalam makalah. Pastinya anda pernah membaca buku kan, dan setiap buku pasti mempunyai daftar isi. Kira-kiranya seperti yang terdapat dalam buku pada umumnya.

E.    Bab I Pendahuluan

Pada bagian ini, kita mulai memasuki bab-bab makalah. Di dalam bab ini  berisikan LATAR BELAKANG yaitu membahas konsep, rencana, gagasan, seputar permasalahan dan tujuan yang termuat dalam makalah kita. Menjelaskan gambaran tentang topic makalah kita secara umum.
Selanjutnya, membuat RUMUSAN MASALAH, yaitu masalah-masalah yang kita temukan pada materi makalah yang kita angkat tersebut.
Selanjutnya TUJUAN PENULISAN, yaitu di angkat dari rumusan masalah. Jika rumusan masalah adalah pertanyaan maka Tujuan penulisan adalah jawabannya. Contoh, di dalam Rumusan masalah “Pengertian Ekonomi”. Maka pada tujuan penulisan kita tulis “Mahasiswa Bisa Mengetahui dan Memahami Pengertian Ekonomi Secara Umum”.

F.    Bab II Isi (Pembahasan)

•    Dalam bab ini, kita mulai menguraikan isi/ materi makalah, mulai dari:
•    Pengertian/ definisi
•    Ulasan materi
•    Adanya alur perbandingan dari referensi atau sumber lain
•    dan Penyelesaikan masalah, berikut solusi dan kontribusi kita terhadap permasalahan yang ada pada materi makalah yang kita angkat tersebut.

G.    Bab III Penutup

Pada bagian penutup yang harus di tulis yaitu:
•    Kesimpulan, 
•    Kritik dan saran

H.    Daftar Pustaka

Daftar pustaka berisi nama-nama literature yang kita jadikan referensi dalam pembuatan makalah tersebut. Literature dapat bersumber dari , buku, majalah, surat kabar, media elektronik, jurnal ilmiah,  interview juga bias dari website internet. Tetapi, referensi dari internet masih dianggab kuarang kuat.
Saran dari saya dalam membuat makalah sebaiknya anda membuat catatan kaki (footnote) atau kutipan dari mana kata-kata dalam makalah berasal. Hal ini bertujuan untuk membuat makalah lebih abash dan mempunyai landasan referensi yang kuat.
Lebih dan kurangnya begitulah cara penulisan makalah yang benar, apabila terdapat kesalahan atau kata-kata saya kurang tepat saya mohon maaf kepada tuhan saya mohon ampun. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.
 baca juga:
 

3 thoughts on “Cara Menulis Makalah Dengan Benar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *